Skip to main content

Safe Distance dari Hydrocarbon Pipe Rack


Setiap perusahaan besar memiliki standard jarak aman yang tersendiri, Total misalnya memiliki klasifikasi jarak aman yang harus dihitung berdasarkan consequence analysis nya (banyak kriterianya)

Tanya - Hendra Messa

Rekan2 sekalian, 

Saya ada pertanyaan mengenai jarak aman dari hydrocarbon piperack,  di tempat kerja ( petrochemical plant) akan ada penambahan workshop building ( konstruksi baja) yg lokasi nya dekat dg piperack ( hydrocarbon ),menjadi pertanyaan seberapa jauh jarak aman dari pipe rack, bisa dibuat bangunan yg ada hunian nya ( man occupied) spt utk workshop. Kalau jarak aman dari tank semua kita tahu, tapi kalau dari pipe rack, saya coba cari, belum ketemu standard nya,  mungkin rekan semua ada yg bisa share mengenai hal tsb sebagai informasi hydocarbon piperack nya, terdiri dari bbrp pipa mulai dari ukuran sedang sampai paling besar sekitar diameter 42 inch  ( pipa utk hydrocarbon flare ), ketinggian pipe rack sekitar 15 meter dari permukaan tanah. Terima kasih banyak sebelum nya.

Tanggapan 1 - Alfiansyah (Moderator KMI KBK HSE)

Kang Hendra, 

Jikalau mau merujuk ke layout and spacing table baik yg memakai referensi IRI, CCPS Guidelines spacing table atau beberapa internal company specification di USA untuk process piping (main pipe rack) ke occupied building semacam warehouse adalah 30 m, 61 m dan 91 m.  For easy reference ada yg mengklasifikasikan dengan piping condition high pressure (>500 psig) vs low pressure (<500 psig). 

Hazards yg diperhitungkan dalam spacing table tersebut hanyalah berlaku untuk fire dan security needs, untuk toxic dan explosion memerlukan perhitungan dan bisa lebih besar, ini disclaimernya dengan catatan fire/blast wall dan fire/blast proof building memang tidak disediakan. 

Nah tinggal engineering judgement dan layer protection lainnya yg harus dipikirkan dari sisi operational, maintenance, surveillance jika spacing table yg mau dipakai sebagai rujukan decision tersebut. 

Confidential and limited references : 

1. IRI IM 2.5.2 Oil and Chemical Plant Layout and Spacing 

2. Appendix A Typical Spacing Table CCPS Guideline for Layout and Spacing 

3. Beberapa company specification 

Tanggapan 2 - DAM

Kang Hendra

Terus terang cukup sulit untuk menjawab pertanyaan Kang Hendra jika yang diinginkan adalah perhitungan risk based calculation karena keterbatasan data dan informasi yang diberikan. Namun berikut yang bisa saya sampaikan :

- Jika diasumsikan pipa yang dirujuk adalah Flare Header dengan ukuran 42 inches, maka jarang yang terjauh untuk LEL dengan ukuran bocor 150 mm adalah sekitar 19 m (dari diameter luar pipa) lebih sedikit (angin sepoi sepoi 1.5 m/s dengan klasifikasi cuaca kelas D, asumsi gas 70% methane, dan tekanan flare header 3 barg, asumsi bocor di ketinggian 15 meter mengarah ke sudut 45 derajat ke arah bawah dari horizontal)

- Setiap perusahaan besar memiliki standard jarak aman yang tersendiri, Total misalnya memiliki klasifikasi jarak aman yang harus dihitung berdasarkan consequence analysis nya (banyak kriterianya) - saya ngga tahu kenapa Borouge tidak memilikinya yah?

- Jika mau cepat dan aman ikuti apa kata Rudy, eits salah, Alvin ... dia sudah meluangkan waktu di padang tandus timur tengah untuk mengetikkan beberapa reference yang bisa dirujuk... percayalah apa yang dikatakan Rudy... eits, Alvin... silahkan simak dan maknai sumber referensi tersebut

- Jika ingin memberikan clue mbok yah jangan semata mata dilihat dari ukuran pipanya mas melainkan berikan process parameternya. sepanjang saya bergelut di dunia process safety, pipa berisi hydrocarbon bertekanan tinggi lebih memiliki high risk dibanding pipa berisi hydrocarbon bertekanan rendah.. jadi jangan dilihat dari kebongsoran ukurannya lantas menuduh dengan semena mena pipa flare 42 inches sebagai paling bullying dalam hal risk. Semoga tidak semakin pusing dan bingung di padang tandus sana.

Tanggapan 3 - Dirman Artib

Borough itu subsidiary Shell bukan?Kl benar, malu dong sama Cak Garong dibilang nggak punya standard/specification. Tinggal minta sama boss akses ke Shell DEP. Secara umum saya mau refresh sekali lagi, bahwa bekerja sbg Engineer itu lebih bnyak hanya merujuk kpd prosedur dan spesifikasi perusahaan atau klien anda dulu, kl nggak ada baru dicari di international codes spt ASME, ISO, API, NACE dll. Lain halnya jika anda sdg melakukan riset akademik, maka dimungkinkan mengembangkan fenomena baru dan model matematika baru, pastilah penemuan baru belum boleh dikonstruksi, krn hrs lewat uji validasi teknologi dulu.

Tanggapan 4 - Yoga Pratama

Mas Hendra,

API RP 752 menjelaskan methodology bahwa penentuan "minimum separation distance" antara process area dan "building" dapat menggunakan dua pendekatan:

1. Risk based approach

2. Spacing Table Approach. Di perusahaan tempat saya bekerja mengharuskan melakukan consequence analysis untuk penentuan minimum separation distance dengan kriteria tertentu. (Tidak fully risk based approach juga karena metode perhitungan dan kriterianya sudah ditentukan). Saya tertarik dengan spacing table approach yang ditanyakan mas hendra. Mohon rekan2 dapat disharing/bersedekah ilmu (via japri) Guidelines for Facility Siting and Layout CCPS ed 2003. terima kasih.

Tanggapan 5 - Akh. Munawir

Mas Hendra,Coba cek di Tabelnya IRI (Industrial Risk Insurer), di dokumennya ada Jarak Aman Minimum dalam Matrik.

Tanggapan 6 - Hendra Messa

Terima kasih banyak,  Kang Alvin, pak Munawir, mas Yoga atas sharing informasi nya. Bermanfaat sekali masukan nya.


Comments

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

Apa itu HSE ?

HSE adalah singkatan dari Health, Safety, Environment. HSE merupakan salah satu bagian dari manajemen sebuah perusahaan. Ada manejemen keuangan, manajemen sdm, dan juga ada Manajemen HSE. Di perusahaan, manajemen HSE biasanya dipimpin oleh seorang manajer HSE, yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan seluruh program HSE. Program  HSE disesuaikan dengan tingkat resiko dari masing-masing bidang pekerjaan. Misal HSE Konstruksi akan beda dengan HSE Pertambangan dan akan beda pula dengan HSE Migas . Pembahasan - Administrator Migas Bermula dari pertanyaan Sdr. Andri Jaswin (non-member) kepada Administrator Milis mengenai HSE. Saya jawab secara singkat kemudian di-cc-kan ke Moderator KBK HSE dan QMS untuk penjelasan yang lebih detail. Karena yang menjawab via japri adalah Moderator KBK, maka tentu sayang kalau dilewatkan oleh anggota milis semuanya. Untuk itu saya forward ke Milis Migas Indonesia. Selain itu, keanggotaan Sdr. Andry telah saya setujui sehingga disk

Penggunaan Hydrostatic Test & Pneumatic Test

Pneumatic test dengan udara (compressed air) bukan jaminan bahwa setelah test nggak ada uap air di internal pipa, kecuali dipasang air dryer dulu sebelum compressed air dipake untuk ngetest.. Supaya hasilnya lebih "kering", kami lebih memilih menggunakan N2 untuk pneumatic test.. Tanya - Cak Ipin  Yth rekan-rekan milis Saat ini saya bekerja di power plant project, ditempat saya bekerja ada kasus tentang pemilihan pressure test yang akan digunakan pada pipa Instrument, Pihak kontraktor hanya melakukan hydrostatic test sedangkan fluida yg akan digunakan saat beroperasi adalah udara dimana udara tersebut harus kering atau tidak boleh terkontaminasi dengan air, pertanyaan saya : 1. Apakah boleh dilakukan hydrostatic test pada Instrument air pipe?? 2. Jika memang pneumatic test berbahaya, berapa batasan pressure untuk pneumatic test yg diijinkan?? Mohon pencerahan dari para senior, terima kasih. Tanggapan 1 - Apriadi Bunga Cak Ipin, Sepanjang yang saya tahu, pneum