Skip to main content

HDD (Horizontal Directional Drilling)


Secara umum HDD digunakan untuk mengatasi hambatan-hambatan seperti jalan, sungai dalam instalasi utilitas antara lain kabel listrik tegangan tinggi atau menengah, fiber optic maupun pipa gas.

Tanya - Febrian Surya Perkasa

Saya mau mengajukan suatu diskusi mengenai suatu terobosan teknologi perihal HDD (Horizontal Directional Drilling).

Apakah teman teman dari Migas online ada yang pernah melaksanakan project HDD di field kerja dari rekan rekan ? Karena saya kebetulan ada rencana untuk melakukan pekerjaan HDD dan saya sangat berterima kasih jika teman teman ada yang mau sharing mengenai project HDD.

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih sebelumnya.


Tanggapan 1 - Rahmat Rejeki

Pak Febrian

Yang mau disharing apanya pak febri.


Tanggapan 2 - Febrian Surya Perkasa

Pak Rahmat, saya membutuhkan informasi kontraktor yang sudah berpengalaman dalam hal HDD .

Jika ada referensi mengenai hak itu, bisa dibantu untk menginformasikan kepada saya pak (via japri).

Terima kasih sebelumnya.


Tanggapan 3 - Dirman Artib

Ini HDD untuk apa dulu ya?

 

Kalau saya sih cuma bisa kasih info untuk HDD on-shore pipe yg akan menyeberang jalan raya atau fasilitas infrastructure & civil lainnya (taman, sungai/wadi, bangunan).

  
Tanggapan 4 - Jerry Saputra

Boleh juga di share pak kl ada hdd untuk road crossing, terima kasih pak


Tanggapan 5 - Andi Yan Febrika

Pak Febrian,

Coba contact NACAP pak, dl di perusahaan sy yg lama kami pakai NACAP utk pekerjaan HDD di Tangguh


Tanggapan 6 - Dirman Artib

AFAQ AL MUSANA TRADING LLC

P. O. Box 789, Wadi Kabir

Postal Code 117

Sultanate of Oman

www.afaqoman.org

Tel:  +968 244 84601/244 84609

Fax: +968 244 84603

GSM: +968 94288141

Contact Person :

Mr.Rhodora

AMT Drilling Division


Tanggapan 7 -

Yang lokal indonesia gak ada pak?

He..he..
Tanggapan 8 - Putera Ardian

Mas Febri,

Banyak sekali alasan kenapa harus dilakukan horizontal directional drilling, dan yang paling penting adalah untuk meningkatkan produksi, karena dengan  sumur yang horizontal maka reservoir yang ter"expose" juga lebih banyak. Belum lagi jika reservoir tersebut memiliki vertical permeability yang lebih bagus.

Untuk kontraktor HDD sendiri,umumnya semua directional drilling company menyediakan service ini, seperti baker inteq, halliburton sperry, schumberger anadrill, weatherford, cougar, parama dll.

 

Biasanya HDD akan di barengi dengan geosteering service, yang tugasnya memastikan sumur tersebut landing pada spot yang tepat sebelum lanjut ke lateral section di reservoir dari Real time geological data ( dari LWD ), biasanya berpatokan pada marker-marker lithology, dan nanti pada lateral section geosteering juga berfungsi untuk memastikan borehole tetap di dalam reservoir atau tidak terlalu dekat dengan water contact.

Ada banyak pertimbangan sebelum memulai HDD, misalnya cutting removal, mud properties dan hydraulic untuk memastikan hole cleaning yang baik,belum lagi drilling equipment yang lain.

Selain di dunia migas, yg paling banyak di lakukan directional drilling company adalah aplikasi river crossing. Semoga membantu.


Tanggapan 9 - Febrianta

Mas Febri dan mas Jerry,

Seperti yang telah disebutkan Uda D'Art, Secara umum HDD digunakan untuk mengatasi hambatan-hambatan seperti jalan, sungai dalam instalasi utilitas antara lain kabel listrik tegangan tinggi atau menengah, fiber optic maupun pipa gas.

Seperti Rig untuk pengeboran, kemampuan dari Rig HDD juga bervariasi, tergantung dari jarak dan besar pipa/casing yang akan dipasangkan, sehingga perlu diketahui tentang apa yang akan dipasang. Secara umum, HDD di Indonesia banyak menggunakan pipa / selubung dari HDPE namun dibeberapa proyek ada yang menggunakan Pipa besi dan rentan antara satu pit dengan pit yang lain adalah 150-250 meter.

Faktor lain yang mempengaruhi pekerjaan HDD, adalah kondisi dari tanah (Subsurface) dimana akan melintas pipa selubung tersebut. Walaupun tidak komplek seperti di pemboran minyak dan gas, namun kondisi subsurface sampai kedalaman di selubung akan di pasang. Tidak semua jenis tanah dapat dikerjakan dengan HDD.

Demikian sekilas hal yang dapat saya sampaikan berdasarkan pengalaman mengerjakan HDD di Thamrin beberapa tahun yang lalu.


Tanggapan 10 - Muhammad Ade Irfan

Ini HDD utk crossing pipeline yg di onshore atau offshore ? Itu banyak sekali, bahkan perusahaan dalam negeri saja sudah ada.


Tanggapan 11 - Andi Yan Febrika

Pak Febrian,

Coba contact NACAP pak, dl di perusahaan sy yg lama kami pakai NACAP utk pekerjaan HDD di Tangguh


Tanggapan 12 - Budi

Hi Pak Febri,

Teknologi HDD sudah sangat lama dan sudah banyak sekali diterapkan. Banyak sumur yang di bor lebih dari 10km horizontal.

Bapak bisa kontak dengan Directional Drilling service company dan mereka akan sangat senang membicarakan ini.


Tanggapan 13 - Muhammad Walfajri

Salam pak Febrian,

Horizontal drilling di East Borneo khususnya Kutai Basin sangat challenging, baik dr sisi Geology maupun Drilling. Ketebalan reservoir target, Landing Point dan marker sebelum entry point sangat penting. Dari sisi operation geology, real time monitoring sangat vital. Tool apa yg dipakai utk horizontal drain jg sgt menentukan bgm spy kita tdk keluar dr zone target.

  

Sedikit sharing mengenai pengalaman kami ketika bekerja di Total Indonesie. Pd thn 2006-2007, ada bbrp horizontal well di Tambora field, marker sebelum entry point adalah coal layer, utk di horizontal sectionnya memakai Near bit GR azimuthal tool. Boleh tahu apa terobosan teknologi HDD yg mau dipakai di project anda?

Sedangkan pengalaman kami dewasa ini di Abu Dhabi, adakalanya Drilling Team dengan 'terpaksa' meng-approve permintaan Operation Geology Team utk memakai tool dgn radioactive source pada horizontal drain. Rekor horizontal drain disini adalah ~ 12,000 feet. Monitoring dilakukan memakai RTOC (Real Time Operating Center).

  

Comments

  1. Pak Febri,

    Kalau untuk penyedia HDD untuk Crossing saja dan lokal kontraktor Indonesia coba ke Ardhinusa Mitratel, dan kalau kami sendiri penyedia crossing dengan Tunnel/Microtunnel Boring Machine di Jakarta (www.ptdtsb.com).

    ReplyDelete
  2. Pak Febri

    Silahkan kontak via email ke kami. heriyanto@ardhinusa.com atau di heriyanto@tune.co.id

    Salam,

    Hery

    ReplyDelete
  3. pak Febri

    Untuk masalah HDD bisa email ke kami : indhotama_persada@yahoo.com

    salam

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

Apa itu HSE ?

HSE adalah singkatan dari Health, Safety, Environment. HSE merupakan salah satu bagian dari manajemen sebuah perusahaan. Ada manejemen keuangan, manajemen sdm, dan juga ada Manajemen HSE. Di perusahaan, manajemen HSE biasanya dipimpin oleh seorang manajer HSE, yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan seluruh program HSE. Program  HSE disesuaikan dengan tingkat resiko dari masing-masing bidang pekerjaan. Misal HSE Konstruksi akan beda dengan HSE Pertambangan dan akan beda pula dengan HSE Migas . Pembahasan - Administrator Migas Bermula dari pertanyaan Sdr. Andri Jaswin (non-member) kepada Administrator Milis mengenai HSE. Saya jawab secara singkat kemudian di-cc-kan ke Moderator KBK HSE dan QMS untuk penjelasan yang lebih detail. Karena yang menjawab via japri adalah Moderator KBK, maka tentu sayang kalau dilewatkan oleh anggota milis semuanya. Untuk itu saya forward ke Milis Migas Indonesia. Selain itu, keanggotaan Sdr. Andry telah saya setujui sehingga disk

Penggunaan Hydrostatic Test & Pneumatic Test

Pneumatic test dengan udara (compressed air) bukan jaminan bahwa setelah test nggak ada uap air di internal pipa, kecuali dipasang air dryer dulu sebelum compressed air dipake untuk ngetest.. Supaya hasilnya lebih "kering", kami lebih memilih menggunakan N2 untuk pneumatic test.. Tanya - Cak Ipin  Yth rekan-rekan milis Saat ini saya bekerja di power plant project, ditempat saya bekerja ada kasus tentang pemilihan pressure test yang akan digunakan pada pipa Instrument, Pihak kontraktor hanya melakukan hydrostatic test sedangkan fluida yg akan digunakan saat beroperasi adalah udara dimana udara tersebut harus kering atau tidak boleh terkontaminasi dengan air, pertanyaan saya : 1. Apakah boleh dilakukan hydrostatic test pada Instrument air pipe?? 2. Jika memang pneumatic test berbahaya, berapa batasan pressure untuk pneumatic test yg diijinkan?? Mohon pencerahan dari para senior, terima kasih. Tanggapan 1 - Apriadi Bunga Cak Ipin, Sepanjang yang saya tahu, pneum