Apa itu HSE ?

HSE adalah singkatan dari Health, Safety, Environment.
HSE merupakan salah satu bagian dari manajemen sebuah perusahaan.
Ada manejemen keuangan, manajemen sdm, dan juga ada Manajemen HSE.
Di perusahaan, manajemen HSE biasanya dipimpin oleh seorang manajer HSE, yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan seluruh program HSE.
Program  HSE disesuaikan dengan tingkat resiko dari masing-masing bidang pekerjaan.
Misal HSE Konstruksi akan beda dengan HSE Pertambangan dan akan beda pula dengan HSE Migas .


Pembahasan - Administrator Migas


Bermula dari pertanyaan Sdr. Andri Jaswin (non-member) kepada Administrator Milis mengenai HSE. Saya jawab secara singkat kemudian di-cc-kan ke Moderator KBK HSE dan QMS untuk penjelasan yang lebih detail. Karena yang menjawab via japri adalah Moderator KBK, maka tentu sayang kalau dilewatkan oleh anggota milis semuanya. Untuk itu saya forward ke Milis Migas Indonesia. Selain itu, keanggotaan Sdr. Andry telah saya setujui sehingga diskusi bisa berlanjut di Milis Migas Indonesia, tidak melalui email pribadi lagi.

Happy discussion.



Tanggapan 1 - Nanang Jamil

Pak Andry,

Ijin kan saya menjelaskan pelan pelan.


1. Apa yang dimaksud dengan HSE dalm istilah migas?
jawab :
HSE adalah singkatan dari Health, Safety, Environment.
HSE merupakan salah satu bagian dari manajemen sebuah perusahaan.
Ada manejemen keuangan, manajemen sdm, dan juga ada Manajemen HSE.
Di perusahaan, manajemen HSE biasanya dipimpin oleh seorang manajer HSE, yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan seluruh program HSE.
Program  HSE disesuaikan dengan tingkat resiko dari masing-masing bidang pekerjaan.
Misal HSE Konstruksi akan beda dengan HSE Pertambangan dan akan beda pula dengan HSE Migas .

Apa ini salah satu standart dlm migas atau apa?
jawab :
HSE bukan merupakan suatu standard. Namun dalam menerapkan HSE kita perlu mengadopsi beberapa standard.
Untuk MIGAS, beberapa standard tentang HSE yang dapat dipakai adalah :

API RP 750, tentang Process Safety Management
OSHA CPR 119.10. 110, tentang Process Safety Management
OHSAS 18001, tentang Occupational Health and Safety
Kepmenaker tentang SMK3
NFPA, National Fire Protection Association
NEC, National Electrical Code
LSC, Life Safety Code
dan lain lain masih banyak lagi standard yang berkaitan dengan masing masing jenis bahaya.
2. Apa pak moderator punya training module untuk ini? Bisa diforwardkan ke saya pak? via japri aja.
Saya punya banyak bahan tentang HSE ini.
Sebelum saya kirim, saya pingin tahu dulu, bidang pekerjaan mas ANDRY ?
Nanti saya kirim bahan-bahan sesuai dengan bidang pekerjaan mas andry tersebut. Soalnya kalau semua saya kirim, ndak bakalan muat.

Apa yang disampaikan mas Budhi benar sekarang HSE , di beberapa perusahaan telah berkembang, menjadi HSES (dengan S=security) dan ada juga yang menjadi QHSE (dengan Q=quality) dan ada juga yang QHSES (dengan Q=quality dan S=security).


Tanggapan 2 - Dirman Artib

HSE : Health Safety and Environment.


HSE distrukturkan secara sistematis sebagai sebuah sistem manajemen sebuah organisasi untuk mencapai tujuan, sasaran dan visinya dalam aspek Keselamatan dan Kesehatan kerja serta Lingkungan. Sebagai sebuah sistem, maka ini adalah panduan dan aturan main bagi semua jajaran baik team manajemen maupun pekerja dan sub lini organisasi yang ada dalam organisasi/perusahaan.


Beberapa perusahaan mengintegrasikan sistem manajemen HSE ini dengan Sistem Manajemen Sekuriti (Security) dan/atau Mutu (Quality). Bahkan ada yang mengintegrasikan dengan semua aspek, spt. HR, Finance, Marketing dll, sehingga terkadang nama sebuah sistem tidak lah terlalu penting, karena yang essential adalah refleksi dari sistem itu sendiri dalam implementasinya.


Sebagai sebuah sistem manajemen modern, maka dokumentasi untuk panduan dan pengimplementasian harus disusun dan disahkan untuk digunakan. Jenis dan tipe dokumen-dokumen tersebut tergantung dari ukuran organisasi, jenis usaha, kompleksitas proses yg terlibat dalam organisasi tersebut, tetapi paling tidak secara umum dokumen-dokumen tersebut adalah :


1.       Kebijakan HSE dan/atau Sekuriti dan/atau Mutu

2.       Proses-proses yang diperlukan untuk operasional perusahaan dan pengendaliannya.

3.       Prosedur-prosedur yang dibutuhkan untuk mendukung point 2

4.       Panduan/guideline

5.      Form-form isian yang berguna untuk kerangka pencatatan sebuah aktifitas atau bukti pencapaian sebuah proses tertentu.

Untuk hal di atas, sudah ada standard-standard International/National HSE spt.

ISO 14001 untuk Sisten Manajemen Environment

OHSAS 18001 untuk Occupational Health and Safety.

OSHA untuk Occupational Health and Safety

K3 untuk Occupational Health and Safety (standard Depnaker – Indonesia)

ISM – untuk Occupational Heath and Safety

Semua standar di atas mempunyai program sertifikasi, yaitu pengakuan dari badan/pihak ke 3 yang independent. Jadi perusahaan boleh secara sukarela mendemonstrasikan kesesuaian nya dengan standard tertentu dengan cara diaudit oleh lembaga sertifikasi. Apabila telah memenuhi syarat, maka diberi sertifikat dan akan kembali diaudit setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali.

Sebagai sebuah sistem, training-training seputar HSE bisa bermacam-macam, mulai dari Pengenalan, Prinsip dan Fundamental sampai kepada topik-topik khusus.

Misalkan saja, jika HSE adalah sebuah Sistem Tata Negara, maka yang pertama kali untuk pengenalan adalah anda harus tahu Dasar Negara, Struktur perundang-undangan negara mulai dari UUD 45, UU/PP,  s/d peraturan daerah, kemudian bentuk pemerintahan (presidensial/parlementer).

Kemudian baru lah ada topik-topik khusus dalam sistem yang membuat tata negara itu berjalan efektif, misalnya proses pemilu, proses pilkada, proses pemberdayaan ekonomi, proses manajemen keuangan negara dan daerah, evaluasi dan rapat tahunan DPR/MPR, dll. Dan seterusnya adalah kasus-kasus khusus misalnya real terjadi sebagai sebuah fakta, misalnya insiden-insiden, kasus korupsi, mark up nilai project, bencana lumpur lapindo, krisis keuangan, BUMN, reshufle kabinet dan lain-lain.

Jadi kalau kasus khusus akan tergantung anda butuh yang mana ?



Tanggapan 3 - Edyson Simorangkir

Kalau bisa nambah, di beberapa Perusahaan besar dan Perusahaan2 Oil & Gas, fungsi HSE ditempatkan ( kotak ) di- leher Direktur atau Dir.Utama, tujuannya agar HSE tidak memihak ke-salah satu fungsi dalam suatu organisasi  / independent .


Tanggapan 4 - Dirman Artib


Pak Edyson,
Yang dimaksud sebagai HSE dalam perspective penjelasan saya adalah HSE dipandang sebagai sebagai sebuah sistem, jadi bukan Departemen HSE atau personnel HSE. Jika anda menambahkan bahwa struktur Departemen HSE itu ada pada kotak/posisi tertentu , itu kan yang dimaksud adalah HSE dipandang dari perspective organisasi/Departemen/Function HSE, bukan ?

Pemikiran saya, Dept./ HSE hal ini akan bergantung sekali kepada tujuan khusus dan strategy yang spesifik pada masing-masing perusahaan dalam kebutuhan organisasi HSE yang di dalamnya ada personel HSE yang professional. Jadi kurang tepat juga jika didiktate bahwa kotak Dept. HSE harus di bawah Dirut/Direktur,toh akan dilihat dulu racikan untuk menjawab kebutuhan, style of management, organisation & personnel competency, corporate culture, dll. Misanya seorang competent HSE Engineer yang memainkan peranan teknis, tentunya tidak harus berada dalam Dept. HSE yg kotaknya ada di bawah Dirut, tapi akan lebih efektif jika dia bersama-sama dengan profesional engineer lainnya di Dept. Engineering, karena memang pada akhirnya keseharian aktivitasnya lebih banyak berinteraksi/berinterrelasi dengan informasi teknis e.g. analysis,kalkulasi,gambar, safety philosophy, dll. Seorang HSE Inspector juga tidak harus berada dalam kotak HSE dimaksud di atas, karena keseharian nya beraktivitas melakukan inspeksi dan observasi terhadap produk, lingkungan,manusia dalam proses merealisasikan produk/layanan, apakah sudah sesuai dengan rencana/standard tertulis yang ditetapkan untuk spec. produk, kondisi lingkungan,prilaku manusia dalam aktivitas itu.

Bahkan saya penganut paham ekstrim bahwa idealnya Dept. HSE itu tak perlu ada, jika perusahaan tersebut mampu mengintegrasikan semua proses-proses, aktivitas-aktivitas operasional dan pengendalian bisnisnya dengan aspek HSE. Sama dengan ide dan pemikiran untuk meniadakan Dept. agama dalam tata pemerintahan, karena seharusnya agama terintegrasi dalam proses dan aktivitas umatnya. Mungkin yg perlu dibentuk adalah fungsi-fungsi teknis spt. adanya komisi-komisi spt. HSE Audit, HSE Inspection, group Integrity Management, group HSE Improvement, dll.

Maunya sih mau menulis lebih tapi ......................resource waktu sangat terbatas. Di lain waktu akan ditambahkan,Insya Allah.

75 comments:

  1. Saya baru mau mempelajari HSE secara Teori
    Karena dalam prakteknya mungkin kita semua sudah menjalankan apa yang dinamakan prosedure HSE,
    Sejauh yang saya baca, ternyata HSE semua aturannya Logik sekali dan mudah dipahami karena memang intinya proteksi sedini mungkin

    Mau dong saya dikirim artikel artikel tentang HSE nya.

    ReplyDelete
  2. saya seorang sarjana keperawatan, saya juga baru mempelajari HSE secara teori dan saya sangat berminat untuk bekerja dan menjadi salah satu dari Program HSE tapi saya bingung bagaimana saya bisa melamar sebgai seorang HSE di Perusahaan MIGAS atau Pertambangan karena saya notabennya sebgai tenaga Kesehatan??? saya sangat berterima kasih apabila ada yang memberikan ide kepada saya tentang perusahaan yang bisa menerima saya untuk bidang HSE terima kasih

    ReplyDelete
  3. permisi mas, saya seorang mahasiswa tingkat akhir jurusan teknik pertambangan dan sedang persiapan skripsi dan saya tertarik untuk mengambil tema mengenai HSE. Kira-kira problem yang bisa saya angkat sebagai judul skripsi saya apa aja yah, trus klo bisa saya minta artikel dan bahan-bahan sumber tentang HSE di pertambangan. Kalo ada kirimin ke email saya ya mas darmawanleo16@gmail.com
    terimakasih..

    ReplyDelete
  4. mau dong min..
    jhon.paramedic@gmail.com
    tengkyu min

    ReplyDelete
  5. Saya seorang mahasiswa keselamatan dan kesehatan kerja di salah satu perguruan tinggi negeri Indonesia. saya memiliki minat untuk mendalami dunia hse khususnya Migas. Jika Bapak Nanang dan Dirman berkenan, saya ingin meminta bahan belajar HSE dalam dunia Migas / referensi regulasi atau standar terkait hse dalam migas. Dan bahan tersebut dapat di kirim ke kelvinsutedjaa@yahoo.com.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  6. Saya seorang mahasiswa keselamatan dan kesehatan kerja di salah satu perguruan tinggi negeri Indonesia. saya memiliki minat untuk mendalami dunia hse khususnya Migas. Jika Bapak Nanang dan Dirman berkenan, saya ingin meminta bahan belajar HSE dalam dunia Migas / referensi regulasi atau standar terkait hse dalam migas. Dan bahan tersebut dapat di
    riski_deragil@yahoo.com

    ReplyDelete
  7. Saya Eva, sya mahasiswa tingkat akhir Kesmas spesifikasi K3, setelah sya lulus orientasi sya adalah bekerja diperusahan tentunya sesuai bid sya yaitu HSE.. Saya sangat tertarik dalam bidang HSE pa, sya membutuhkan informasi2 mengenai SOP HSE diperusahaan, jika bpa berkenan bolehkah sya minta bahan2 mengenai SMK3, ISO, OHSAS yg biasanya bnyak diterapkan di perusahan2 dan bahan2 lainnya terkait dgn HSE, karena sya sgt membtuhkan skali bahan2 tsb. Jika bpa berkenan sya cantumkan email sya dbawah ini
    eva.afivah@gmail.com
    Terimakasih banyak

    ReplyDelete
  8. pak..saya jg mau mngambil spesifikasi k3, oleh karna itu saya akan sngat berterima kasih bila bapak mau mngirimkan materi2 mngenai k3..

    email: heruadmadinatas@yahoo.com dan heru.admadinata@gmail.com

    terima kasih

    ReplyDelete
  9. Assalamu'alaikum,,
    Pak,,
    saya lulusan teknik mesin,,
    ketertarikan saya dengan dunia migas sangat2 tidak relevan dengan basic & pengetahauan saya tentang migas,,
    untuk itu mohon bantuan & arahan bapak mengenai bahan2 pembelajaran yang mudah di pahami mengenai migas,,
    akan sangat berterima kasih bila bapak dapat membantu atau memberikan arahan2, serta materi2 untuk saya pelajari,,

    abu_engine@yahoo.co.id

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  10. Tentunya HSE udah ada di keliluing kita , di bagian pabrik yang di lakukan agar tidak terjadi kecelakaan.Tetapi masih saja terjadi kecelakaan, tindakan profesional yang harus di lakukan agar HSE berjalan dengan lancar salah satunya harus saling bekerja sama itu intinya .Dan saya ingin menanyakan tentang artikel-artikel yang harus di pahami dari seorang manager / pemeran yang di lakukan HSE agar tindakan tersebut dapat dipertanggung jawabkan bersama.

    ReplyDelete
  11. Min saya seorang karyawan perusahaan bidang MIGAS kebetulan di bagian HSE Dept.
    Mau dong min di kirimin materi materi HSE untuk refresh dan akan sangat berterima kasih sekali apabila materi tersebut ada yang membahas mengenai LPG atau LNG..

    Terima kasih banyak min..

    ReplyDelete
  12. Assalamualikum wr wb
    perkenalkan saya Muhammad Ilyas Ruhiyat

    terkait masalah Safety, yang selama ini di anggap sebagi tanggung jawab SHE Departement adalah kesalahan fatal. karna apa sebenarnya SHE hanya bertanggung jawab membantu mengawasi ditaatinya undang undang keselamatan kerja. pedoman UU Keselamatan kerja Tahun 70

    Safety bukan tanggung jawab SHE, akan tetapi Safety adalah tanggung jawab setipa orang, baik management ataupun karyawan.

    ReplyDelete
  13. Halo, nama saya Andreas Priyo.

    Saat ini saya bekerja dibidang migas sebagai staff kantor. Saya berminat untuk mendalami seluk-beluk bidang HSE. saya ingin menambah wawasan saya mengenai HSE dan jika berkenan saya mohon bantuan & arahan bapak mengenai bahan2 pembelajaran yang mudah di pahami mengenai HSE khususnya dibidang migas dan saya akan sangat berterima kasih bila bapak dapat membantu atau memberikan arahan2, serta materi2 yang dapat saya pelajari.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  14. assalammualaikum...
    nma sya agus andri triantono sya taruna dari sekolah pelayaran negri yg ad di inonesia akan tetapi saya menganbil jurusan ketatalaksanaan angkutan laut dan kepelabuhanan,dan sya sangat berminat sekali mempelajari dan mendalami HSE trutama di bidang migas dan pertambangan meskipun saya tau hal itu menyimpang dari jurusan sya.
    untuk itu mohon bantuan & arahan bapak mengenai bahan2 pembelajaran yang mudah di pahami mengenai migas,,
    akan sangat berterima kasih bila bapak dapat membantu atau memberikan arahan2, serta materi2 untuk saya pelajari,,
    dan sya minta tolong pak,tolong kirim ke almt email saya materinya andri.triantono@gmail.com
    atas perhatian dan bantuan nya saya ucapkan banyak terimakasih pak.

    ReplyDelete
  15. Saya diperusahaan Pressing dan Dies, jika berkena tolong kirim artikel HSE yang berhubungan dengan Perusahaan Pembuatan Dies
    dan Proses Pressing
    Terimakasih

    ReplyDelete
  16. Selamat pagi Pak,
    saat ini saya bekerja dibidang HSE disalah satu perusahaan manufacture di Tangerang. Saya terhitung baru 4 bulan menjalani pekerjaan ini, dan saya merasa masih banyak sekali referensi yang saya butuhkan. Jika berkenan, saya cantumkan alamat email saya untuk mendapatkan referensi-referensi tersebut

    email: putrizkindriani@gmail.com

    terimakasih banyak, Pak....

    ReplyDelete
  17. saya mahasiswa tingkat akhir jurusan Keselamatan dan kesehatan kerja di kota makassar,sedang mencari bahan untuk skripsi.kebetulan mau penelitian di salahsatu perusahaan migas besar di kota surabaya,dan sangat tertarik bekerja di bidang migas jika lulus nanti. jika bapak-bapak berkenan sy mencantumkan alamat email sy untuk mendapatkan referensi-referensi tersebut

    email: gladys.apriliana@yahoo.com

    ReplyDelete
  18. pak..saya mahasiswa teknik kimia,
    saya sangat tertarik mengenai HSE..
    saya sngat berterima kasih bila bapak mau mngirimkan materi2 mngenai k3/HSE .

    email : prisca.deviyanti@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  19. Selamat sing Pak,

    Saya baru menjadi seorang HSE di salah satu perusahaan geothermal karena ilmu yang saya dapat saya rasa masih kurang, saya berharap sekali bapak-bapak atau ibu-ibu yang juga turut mempelajari tentang ilmu HSE bisa berbagi ilmunya kepada saya.

    Salam Safety

    ReplyDelete
  20. saya seorang HSE Officer di perusahaan project dan maintenance jaringan gas,saya juga lagi belajar tentang HSE, akan tetapi saya membutuhkan regulasi dan perkembangan tentang safety, kalau ada bahan tersebut bisa di share, ke email triyono.sniper@yahoo.com

    ReplyDelete
  21. Selamat siang pak,

    Saya masih mahasiswa dan tertarik di bidang K3/HSE terutama di bidang Fire safety & Loss Prevention engineering , kalo berkenan boleh minta Bahan" bacaan(buku" tentang Fire safety dan regulasi" dari nasional dan international) bisa d emailkan k didinailasumaryadi@ymail.com ,

    terima kasih

    ReplyDelete
  22. saya seorang HSE Officer di perusahaan konstruksi kalau boleh pak saya minta di share juga karena saya masih baru dan butuh banyak belajar untuk meningkatkan performance saya

    email antopayung@yahoo.com

    terima kasih

    ReplyDelete
  23. aslmkum....
    saya seorang Safety Officer di sbuah perusahaan yg bergerak dibidang migas. jika diizinkan saya ingin minta di share ilmunya Bapak untuk menambah pengetahuan saya pak. terima kasih untuk kebaikannya pak.
    Terima Kasih.

    faturstitek@gmail.com

    ReplyDelete
  24. mohon bantuannya, saya membutuhkan materi hse migas. terima kasih... cityofely@gmail.com

    ReplyDelete
  25. Aslmkm, yth bp Dirman Artib or bp Said. saya adalah pengawas k3,saya ingin membuat program HSE+S dan atau Q+HSE, tapi saya belum pengalaman dan blm punya materinya.mohon saya di transfer kedua materi tersebut, dengan kita proactive dan care masalah HSE,secara tdk langsung kita telah membantu program pemerintah untuk menciptakan BBUDAYA K3 di tahun 2015.terimakasih bapak2 sebelumnya,smoga ilmu yg di kirim ke saya menjadi deposito amal di yaumil akhir nanti, amin.saya tgg ya pak.

    jhoni.pioneer@gmail.com

    ReplyDelete
  26. Assalamu'alaikum Wr. Wb.. Saya lulusan poltekkes kemenkes semarang, D3 Kesehatan Lingkungan konsentrasi pada bidang HSE/ EHS.. Saya mau bertanya khusus HSE bidang konstruksi pak. Untuk tupoksi HSE konstruksi sendiri apakah secara umum sama dengan HSE pada bidang kesehatan.. Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  27. Tolong e-mailkan ke widyastuti.mugi.rahayu@gmail.com mengenahi jawaban dari pertanyaan saya. Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  28. Selamat Sore Pa,
    Perkenalkan saya Charles Gultom (baru bekerja sebagai hse), mohon bantuannya agar saya bisa mendapatkan materi tentang HSE dan materi dapat dikirim ke charlestnew@gmail.com. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  29. selamat pagi pak...saya Ismail Riadi,lulusan S1 manajemen Marketing dan kebetulan saya sangat tertarik dengan HSE terutama HSE perminyakan dan pertambangan, tahun 2014 ini saya berniat untuk melanjutkan studi S2 dengan konsentrasi HSE, mohon bantuannya untuk dapat menyumbangkan ilmu dan materi tentang HSE. terimakasih dan semoga amal ibadah bapak ini mendapatkan balasan yang terbaik dari Tuhan, aamiin...
    ini email saya: riadi.ismail@gmail.com

    ReplyDelete
  30. Salam Selamat,

    Pak Moderator mohon pencerahannya, Apakah seorang yang sudah memegang Sertifikat AK3 Migas, apakah perlu juga untuk mengambil Sertifikasi Uji Kompetensi K3 Migas SKKNI yang dikeluarkan Ditjen Migas. Terima kasih semoga jawaban Bpk Moderator bisa menambah wawasan keilmuan K3 saya. Untuk email bisa ke harrydgi@yahoo.com

    ReplyDelete
  31. Slamat malam senior HSE. Saya tertarik dengan penjelasan yang ada di forum ini. Kalo berkenan saya mau dong ikutan milis HSE migas ini. Email saya raymond.tentua@gmail.com

    ReplyDelete
  32. Assalamualaikum, Bpk Mederator, mohon di bimbing, saya basuki rachmat, lulusan teknik kimia UNTIRTA Tahun 2007, saya sangat tertarik unutk mempelajari HSE lebih dalam lagi, sementara ini saya baru belajar tentang Pengantar ISO 9001:2002, ISO 14001, dan OHSAS 18001, mohon jika Bpk/Ibu berkenan untuk membagi materi tentang HSE ke saya memalui email: basuki_2009_r@yahoo.co.id, semoga ilmu ini dapat bermanfaat untuk saya dan teman-teman lainya, serta menjadi amal baik untuk Bpk/ibu....Amin ya Robbalalamin, Hormat saya. Basuki R

    ReplyDelete
  33. Asalamu'allaikum pak Nanang, Saya Ajay, saya sangat tertarik untuk mempelajari HSE kiranya bapak bisa membimbing dan membagi materi tentang HSE ke saya melalui Email: nanankcaem22@yahoo.com. materinya untuk saya pelajari, terima kasih sebelumnya pak. Wa'alaikum Salam.

    ReplyDelete
  34. Selamat pagi, nama saya adalah Rendi Supiana, mahasiswa akhir jurusan kesehatan masyarakat peminatan k3 di fkm ui. saya sangat tertarik dalam mendalami HSE dan sesuai dengan peminatan saya di fakultas, serta saya dalam masa pembuatan transkrip nilai
    Kiranya bapak bisa membagi materi HSE ke email saya rendi.supiana@ui.ac.id
    saya ucapkan terima kasih banyak

    ReplyDelete
  35. Pak, boleh gabung di Miling Migas nya ga?? saya saat ini bekerja sbg HSE Engineer di salah satu KKKS. Jika berkenan, saya harus email kemana untuk mendaftar? Terima kasih.

    Best Regards,
    Boby AS

    ReplyDelete
  36. Asssalammualaikum wr.wb.
    Salam kenal semuanya, perkenalkan saya Robbi Nugroho seorang Technical Support dari PT. HAS Environmental, perusahaan kami menyediakan peralatan di bidang Industrial hygiene dan environmental baik portable maupun fixed system dan sudah mengacu ke regulasi baik nasional maupun internasional sehingga bisa mendukung dalam penerapan HSE di perusahaan bapak atau ibu.
    apabila bapak atau ibu berminat bisa email ke robbi@has-environmental.com dan website kami www.has-environmental.com

    agar bisa gabung di miling migas ini bagaimana caranya ya?
    mohon advicenya

    terimakasih
    Robbi Nugroho

    ReplyDelete
  37. Asssalammualaikum wr.wb.
    Salam kenal semuanya, saya yudi hermawan facility data center disalah satu perusahaan data center. Saya sangat tertarik dalam mendalami HSE, kiranya bapak bisa membagi materi HSE ke email saya udhermawan@gmail.com
    saya ucapkan terima kasih banyak


    Mau dong saya dikirim artikel artikel tentang HSE nya.

    ReplyDelete
  38. assalamualaikum
    selamat pak saya saat ini sedang belajar ak3 migas di cepu saya mohon kepada bapak untuk membantu saya dalam materi ak3 migas
    emaik saya ttaufik506@yahoo.co.id
    sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih pak

    ReplyDelete
  39. Permisi bang tolong mnta bahan HSE di pertambangan bang saya lg butuh bahannya terimakasih banyak... mohon dikirimkn :(

    Saintnoize4@gmail.com

    ReplyDelete
  40. Salam Sejahtera semuanya..
    Perkenalkan nama saya Arum Dinawati, saya siswa Kimia Analisis d salah satu sekolah swasta d jakarta.. saya sangat berminat dengan HSE oleh karna itu kiranya bapa bisa membantu atau memberikan saya bahan tentang HSE tersebut sebagai acuan untuk melanjutkan ke tingkat universitas.. terimakasih
    arumdinawati@yahoo.com

    ReplyDelete
  41. Halo, saya Mrs Jennifer John, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberi hidup pinjaman kesempatan waktu. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: (jenniferjohn536@gmail.com)

    ReplyDelete
  42. Halo,
    Hal ini untuk menginformasikan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Cynthia Johnson, pemberi pinjaman pinjaman pribadi telah membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan suku bunga 2% kepada individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan dimengerti. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (cynthiajohnson154@gmail.com)

    ReplyDelete
  43. Salam,
    Perkenalkan saya Pulung Sambadha, Mahasiswa Teknik Kimia dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia. Saya sangat berminat di Bidang HSE, pak. Saya juga ingin belajar lebih dalam mengenai HSE Migas. Kalau Berkenan kiranya bapak bisa membantu saya atau memberikan bahan tentang HSE. Sebelumnya Terima kasih. Mohon Bantuannya.
    sambadhapulung@gmail.com

    ReplyDelete
  44. salam,
    saya sri muawanah, Bogor. Saya baru ditunjuk untuk menangani bidang HSE di perusahaan saya. Jika tidak berkeberatan, mohon saya diberikan standar hse untuk perusahaan yang bergerak di bidang repair motor, generator, dan trafo.

    Atas kesediaannya saya ucapkan terimakasih sebelumnya.
    email saya : sri.muawana@upawenangs-rewinding.com

    ReplyDelete
  45. Saat ini saya sbg seorang praktisi HSE . dan setelah masuk lebih dalam , ternyata ilmu HSE sangatlah luas. Saya jadi semakin ingin belajar ttg banyak hal terkait dengan HSE. Sebagai info saja bahwa Saya lulusan teknik mesin . mohon izin moderator untuk dapat mengirimkan beberapa artikel ttg HSE seperti Safety process, Safety Scaffolding dan Bekerja di ketinggian . Ketiga ilmu ini cukup mayoritas dalam kegiatan sehari-hari saya. Email saya diki.spn@gmail.com. Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. Saat ini saya berkerja di perusahaan trading, tapi HSE ini sangat kami perlukan saat mengikuti tender diperusahaan Migas atau oil. Bagaimana mendapatkan sertifikasi dan HSE apa yang dibutuhkan diperusahaan Trader. Mohon dapat dibantu penjelasannya. Terima kasih atas perhatiannya.

    Salam, Wanton Siahaan
    email: wantonsiahaan@gmail.com

    ReplyDelete
  48. Salam pak, saya berminat mempelajari dunia hse khususnya dalam dunia migas, bila bapak berkenan mohon dishare materi untuk pembelajaran saya, terima kasih
    Seto.arybowo@gmail.com

    ReplyDelete
  49. Salam pak, saya tertarik untuk mempelajari HSE, karena saya bercita-cita ingin menjadi HSE Officer seperti abang saya, kalau bapak berkenan mohon di share materi HSE nya pak, khususnya dalam bidang Migas. Alamat email saya : duasisi90@gmail.com

    Terima kasih.
    Regards,
    Putra

    ReplyDelete
  50. salam safety,

    setelah meyimak semua materi tentang "Apa itu HSE" pada laman ini, ijinkan saya untuk bergabung Milis Migas Indonesia. Karena hal ini sangat saya butuhkan berkenaan dengan "smart safety" bagi seorang "safety man" pada industri migas khususnya.
    alamat email saya : roiskhusumantoro@gmail.com

    Terimakasih.
    Best Regards.
    Rois


    ReplyDelete
  51. Salam kenal dan sejahtera,

    Setelah saya baca sedikit tentang HSE, saya sangat berminat untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang HSE.
    bila bapak berkenan tolong kirimkan artikel tentang HSE.
    julius1912@gmail.com

    Terimakasih.
    Best Regards.
    julius


    ReplyDelete
  52. salam HSE

    saat ini saya bekerja di bidang Migas,ternyata HSE merupakan persyaratan yang paling kritikal dalam hal tender Migas,sementara utnuk bidang lainnya seperti telekomunikasi dibidang pekerjan saya sebelumnya tidak terlalu diutamakan justru Quality yang diutamakan

    terimakasih
    BR
    Arie

    ReplyDelete
  53. selamat sore
    salam kenal, saya yudhistira saat ini berkerja sebagai safety officer di atas sebuah kapal yang beroperasi di bidang migas. ini pengalaman pertama saya berkerja sebagai safety officer. saya sangat berharap bapak berkenan untuk mengirimkan materi tentang HSE di bidang marine & oil and gas.
    sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih.

    email : yudh1st1ra09@hotmail.com

    ReplyDelete
  54. Halo, saya kayu Pak francis, pemberi pinjaman pinjaman pribadi
    memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman
    untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Anda telah ditolak oleh
    bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau hipotek konsolidasi?
    mencari lagi karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda
    dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
    untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan ini
    media untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan
    akan bersedia untuk menawarkan loan.So hubungi kami hari ini melalui email:
    Data franciswoodloancompany@gmail.com PEMINJAM 'S
    1) Nama Lengkap: ............................................. ..........
    2) Negara: .............................................. .............
    3) Alamat: .............................................. ............
    4) Negara: .............................................. ................
    5) Sex: .............................................. ..................
    6) Status Pernikahan: ............................................. ....
    7) Pekerjaan: .............................................. .......
    8) Nomer Telpon: ............................................. ...
    9) Saat ini posisi di tempat kerja: .....................
    10) Pendapatan Bulanan: .............................................
    11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .....................................
    12) Jangka waktu pinjaman: ............................................. ...
    13) Tujuan Peminjaman: ............................................
    14) Agama: .............................................. ..........
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum .................................
    Terima kasih, Mr. Kayu Francis.

    ReplyDelete
  55. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda ingin menjadi stabil secara finansial? Atau apakah Anda ingin mengembangkan bisnis Anda? Kami menawarkan pinjaman perusahaan, kredit mobil, pinjaman bisnis, dan pinjaman pribadi pada tingkat bunga yang sangat berkurang dari 3% dengan durasi nyaman yang bisa dinegosiasikan. Penawaran ini terbuka untuk semua yang akan mampu untuk membayar kembali pada waktunya. Mohon kembali kepada kami jika tertarik dengan email ini; grantloanscheme@gmail.com

    MENGISI FORMULIR DI BAWAH

    Penuh Nama ...
    Alamat Kontak ...
    Umur ...
    Nomor Telepon ...
    Status perkawinan ...
    Sex ...
    Pekerjaan ...
    posisi ...
    penghasilan bulanan ...
    Jumlah Pinjaman ...
    Tujuan untuk pinjaman ...
    Durasi ...
    Negara ...

    Mrs Tina Johnson
    Email; grantloanscheme@gmail.com

    ReplyDelete
  56. Halo,

    Apakah Anda berpikir mendapatkan bantuan keuangan yang Anda serius membutuhkan sebuah
    pinjaman mendesak, Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda dalam utang
    Ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena Kami memberikan pribadi
    pinjaman, pinjaman bisnis, dan pinjaman perusahaan, dan segala macam pinjaman sebesar 3%
    suku bunga lebih
    Informasi hubungi kami sekarang Email {} moanmendfund@gmail.com

    ReplyDelete
  57. Rekan-rekan pengunjung / anggota milis migas indonesia yang memerlukan produk penunjang HSE dapat mengunjungi situs Mitra HSE di www.mitra-hse.indonetwork.co.id atau blog : mitra-hse.blogspot.com.
    bisa juga dengan mengirimkan Request for Quotation (RFQ) produk yang biasa digunakan via email ke mitra-hse@gmail.com
    Salam HSE..!

    ReplyDelete
  58. Apakah Anda membutuhkan pinjaman jangka panjang atau pendek cepat dengan relatif rendah
    suku bunga serendah 3%? Kami menawarkan pinjaman bisnis, pinjaman pribadi,
    pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman hutang konsolidasi dll tidak
    masalah nilai kredit Anda. Kami dijamin dalam memberikan keuangan
    Banyak layanan kepada klien kami di seluruh dunia. Dengan fleksibel kami
    paket pinjaman, pinjaman dapat diproses dan Ditransfer ke
    peminjam dalam waktu sesingkat mungkin, hubungi spesialis kami untuk
    saran dan perencanaan keuangan. Jika Anda membutuhkan pinjaman cepat kontak kami melalui
    Email: moanmendfund@gmail.co saya

    ReplyDelete
  59. Butuh pinjaman? Zenit Bank Memberikan kredit untuk bantuan dalam mendapatkan pinjaman untuk semua tujuan (perusahaan atau individu) Dan di sini adalah kesempatan bagi anda untuk mendapatkan pinjaman Zenith Bank pic keuangan proposal untuk minimum nilai € 5.000 serdadu dan tidak lebih dari € 10,000 000. Mulai sekarang di akhir semester (1-30 tahun) dengan ringan bunga
    tingkat 3%. Menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut.
    Penuh Nama: manajer, Fred abey
    halaman web; zenithbankplc
    Tel; +2348158334343, +2348185215178
    E-mail; znithbankplc@gmail.com

    ReplyDelete
  60. ? apakah Anda membutuhkan pinjaman adalah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar biaya sekolah atau memulai bisnis pribadi jika ya hubungi email ini: meritsfinancecompany@gmail.com

    ReplyDelete
  61. Hari baik:
    Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk mengatasi kebutuhan keuangan Anda, kami menawarkan
    mulai dari $ 5,000.00 sampai $ 10.000.000,00 pinjaman Max, kita dapat diandalkan,
    efisien, cepat dan dinamis, dengan 100% Dijamin Kami juga memberikan kredit u
    ke (euro, pound dan dolar.) Tingkat suku bunga yang berlaku untuk semua
    hari bayaran pinjaman (3%), jika Anda tertarik kembali kepada kami melalui
    (tommanmefunding123@gmail.com) dengan informasi di bawah:

    KREDIT FORMULIR PENDAFTARAN


    Nama lengkap Anda: ..........................................
    Negara:,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    Jumlah pinjaman .........................................
    Alamat:,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, ,,
    Durasi: ................................................
    Umur: ................................................ ..........
    Sex:,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, ,,,,,,,
    Pekerjaan: .............................................
    Nomor telepon:
    Terima kasih.
    Saya menunggu tanggapan mendesak Anda.

    ReplyDelete
  62. Halo, saya Mrs Rebecca Nathan dari Florida USA, saya benar-benar ingin berterima kasih kepada Tuhan karena sudah membuat saya datang dalam kontak dengan perusahaan pinjaman Mr Zhang setelah saya telah scammed tiga kali oleh pemberi pinjaman palsu, cara mereka sangat mudah tidak ada pemeriksaan kredit , tidak ada cosigner, tidak ada jaminan dan dengan tingkat bunga hanya 3%, pada awalnya saya tidak pernah mengajarkan itu adalah melalui karena saya telah scammed oleh pemberi pinjaman palsu jadi saya merasa sulit untuk percaya mereka .. Tapi dengan Tuhan saya menemukan kepercayaan pada mereka dan saya menerima pinjaman saya dari mereka. mereka memberikan pinjaman setiap jumlah dan mata uang apapun. Nama Perusahaan Pinjaman adalah ALLAH IS GOOD INSTAN PINJAMAN PERUSAHAAN, jadi saya akan menyarankan siapa pun di luar sana yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi mereka via Email mereka: is.zhangloancompany @ gmail.com atau .. zhangloancompany@yahoo.com

    ReplyDelete
  63. Halo semua,

    Terapkan untuk pinjaman cepat dan nyaman untuk membayar tagihan Anda dan untuk memulai sebuah bisnis baru dan proyek Anda pada tingkat bunga 3% hubungi kami di; rllender@hotmail.com
    Terima kasih.
    RL pemberi pinjaman.

    ReplyDelete
  64. Halo, saya Mrs Mary Cole pemberi pinjaman pinjaman swasta yang
    memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal
    untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Anda telah ditolak oleh
    bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
    mencari lagi karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu
    masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
    untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2% .Saya ingin menggunakan ini
    media untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan
    akan bersedia untuk menawarkan loan.So hubungi kami hari ini melalui email:
    marycoleloanscompany@gmail.com

    ReplyDelete
  65. Halo,

    Ini adalah kesempatan keuangan di depan pintu Anda langkah, berlaku hari ini dan mendapatkan pinjaman Anda pada tingkat bunga 3%. Ada banyak di luar sana mencari peluang keuangan atau bantuan seluruh tempat dan masih belum mereka tidak mampu untuk mendapatkan satu. Tapi ini adalah kesempatan keuangan di depan pintu Anda langkah dan dengan demikian Anda tidak mampu untuk lewatkan kesempatan ini. Layanan ini membuat untuk kedua individu, perusahaan, bisnis pria dan wanita. Jumlah pinjaman berkisar tersedia dari setiap jumlah pilihan Anda Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email: jerrythompson189@gmail.com

    INFORMASI PERTAMA YANG DIPERLUKAN

    Nama Lengkap:
    Personal Nomor Telepon:
    Negara:
    negara:
    Umur:
    Apakah Anda sudah menerapkan sebelumnya ?:
    Status Pernikahan:
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan sebagai pinjaman:
    Jangka waktu pinjaman:
    Pekerjaan:
    Penghasilan Bulanan:

    Saya dengan senang hati menunggu respon cepat Anda,

    Salam hangat,
    Mr Jerry Thompson

    ReplyDelete
  66. Selamat Datang Frank Wood Loan Fund, kami memberikan pinjaman dari segala jenis. Jika
    Anda membutuhkan pinjaman mendesak silakan hubungi kami sekarang untuk pinjaman Anda dengan
    persetujuan instan untuk hanya 2% bunga rate.are Anda dalam masalah keuangan?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman cepat untuk membersihkan dan debit kembali ke bisnis yang lebih baik,
    silahkan hubungi kami informasi di bawah

    FORMULIR PENDAFTARAN
    NAMA ...............................
    COUNTRY ........................
    OCCOPATION ..................
    BULANAN PENGHASILAN .........
    JUMLAH ...........................
    NOMOR TELEPON ..........................
    ADDRESS ........................
    DURASI ......................
    TUJUAN ........................
    Email: frankwoodloan@gmail.com

    ReplyDelete
  67. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda dalam krisis keuangan atau apakah Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang atau membayar tagihan Anda atau memulai bisnis yang baik? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Berikut adalah kesempatan Anda untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan kami. kami menawarkan pinjaman kepada individu untuk tujuan berikut dan banyak lagi. Personal Loan, Ekspansi Bisnis, Business Start-up, Pendidikan, Konsolidasi Utang, Pinjaman Uang Hard. Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 2%. Hubungi kami hari ini, melalui email greatfuturefinancialservices@gmail.com

    ReplyDelete
  68. Hello

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau Anda membutuhkan pinjaman bank, kita di sini untuk membantu Anda secara finansial, yang harus Anda lakukan sekarang adalah untuk menulis kepada kami dengan rincian Anda dalam formulir di bawah ini dan kembali kepada kita melalui
    donaldpatrickloanheritage@gmail.com, untuk mendapatkan kredit instan Anda dalam jumlah berapapun di setiap tempat.

    nama:
    Diperlukan kuantitas:
    durasi:
    alamat:
    Negara:
    tujuan:
    Pendapatan Bulanan:
    Nomor telepon:

    Kami menunggu tanggapan Anda.

    Mr Donald patrick

    ReplyDelete
  69. Hari baik untuk Anda semua Aku Mr Jack Warmer, Sah, Reputasi uang Lender. Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan Bisnis Pria dan wanita yang menjadi transaksi bisnis, kita memberikan pinjaman jangka panjang selama tiga sampai 30years maksimal dengan bunga rendah dari 3%, dalam hal ini Anda dapat juga memberitahu kami jumlah yang Anda butuhkan sebagai pinjaman. Pinjaman diberikan dalam Pounds Euro dan USD $ maksimum yang kita berikan adalah 500.000.000 baik dalam pound EURO dan USD $ dan £ 5.000 euro dan USD $ jadi jika benar-benar minimum Anda tertarik hubungi kami di (jackwarmerloanlender@gmail.com) untuk lebih informasi tentang cara untuk mendapatkan pinjaman.

    ReplyDelete
  70. Hari baik untuk Anda semua Aku Mr Jack Warmer, Sah, Reputasi uang Lender. Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan Bisnis Pria dan wanita yang menjadi transaksi bisnis, kita memberikan pinjaman jangka panjang selama tiga sampai 30years maksimal dengan bunga rendah dari 3%, dalam hal ini Anda dapat juga memberitahu kami jumlah yang Anda butuhkan sebagai pinjaman. Pinjaman diberikan dalam Pounds Euro dan USD $ maksimum yang kita berikan adalah 500.000.000 baik dalam pound EURO dan USD $ dan £ 5.000 euro dan USD $ jadi jika benar-benar minimum Anda tertarik hubungi kami di (jackwarmerloanlender@gmail.com) untuk lebih informasi tentang cara untuk mendapatkan pinjaman.

    ReplyDelete
  71. Kami menawarkan pinjaman kepada individu dan organisasi, niat merenovasi rumah dan lembaga, konsolidasi hutang, Memiliki dana dan pembentukan setelan bisnis. kami perusahaan internasional pinjaman dan pemberi pinjaman, pinjaman ke berbagai individu dan perusahaan-perusahaan di Eropa, Asia, Afrika dan bagian lain yang ditawarkan dunia.

    Kami meminjam out dolar ($) dan GBP (£) dan mata uang apapun pilihan Anda, di pusat UNITED SERVICE PINJAMAN telah terakreditasi Untuk menyarankan pemberi pinjaman pinjaman lokal dan internasional kepada para pelanggannya 3% tingkat Pass. silahkan hubungi kami melalui
    usl.associates0005@outlook.com atau usl.associates005@gmail.com Untuk informasi lebih lanjut tentang
    persyaratan pinjaman dan aplikasi bentuk.



    Kami menawarkan jenis berikut pinjaman kepada pelanggan kami ------------

    * Investor Pinjaman
    * Hutang konsolidasi
    * Kedua Mortgage
    * Kredit Usaha
    * Pinjaman Pribadi
    * Pinjaman Internasional

    ************************************************** **************
    Pelanggan yang berminat harus mengisi formulir di bawah ini ----

    1) Nama ........................
    2) Negara .....................
    3) Job .............
    4) status perkawinan Anda .........
    5) Nomor telepon ................
    6) Pendapatan Bulanan ..............
    7) ALAMAT .....................
    8) TUJUAN KREDIT .............
    9) aplikasi pinjaman ................
    10) TELEPON ..................
    11) persyaratan kredit DAN WAKTU ....
    12) SEX ......................

    Salam
    UNITED SERVICE PINJAMAN.
    Email: usl.associates005@gmail.com
    usl.associates0005@outlook.com

    ReplyDelete

  72. kami adalah sebuah organisasi hukum yang diciptakan untuk membantu
    Orang-orang yang membutuhkan bantuan, seperti bantuan keuangan.
    Jadi jika Anda atau Anda berada dalam kesulitan keuangan dalam
    kekacauan keuangan, dan Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda
    sendiri,
    atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang atau membayar
    Tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau telah meminjam
    Kesulitan lebih dari bank lokal, hubungi kami hari ini
    E-mail:
    glantpaydayloanfirm@gmail.com
    Formulir permohonan pinjaman:
    Nama: _________
    Alamat: _________
    Negara: _________
    Pekerjaan: _________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: __________
    Tujuan: _________
    pinjaman duration__________
    Pendapatan Bulanan: _________
    Telepon: _________
    Silahkan hubungi kami melalui e-mail E-mail kami:

    glantpaydayloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  73. menawarkan pinjaman

    Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak? Jika ya hubungi kami di (excelservices.managementonline@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut.

    nama:
    jumlah:
    Durasi:
    Pin Phone:
    Negara:

    ReplyDelete
  74. Apakah HSE hanya untuk perusahaan MIGAS? apakah perusahaan lain memerlukan HSE pak? Sampai sejauhmana HSE dapat meningkatkan produktifitas dan efesiensi baik di perusahaan MIGA ataupun non MIGAS jika memnag di perusahaan non migas diperlukan juga HSE.
    Terimakasih,
    Salam
    Vila Istana Bunga

    ReplyDelete
  75. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Badan chloemorrisLoan memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%.
    Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini di: chloemorrisloan@gmail.com

    ReplyDelete