Skip to main content

Hitungan Cable Tray Ladder

Di dalam katalog vendor cable tray ada grafik perbandingan lebar kabel tray, jarak support, dan beban maksimum yang dapat ditahan oleh kabel tray mungkin bisa diminta ke vendor bapak.


Tanya - andi hidayat

Dear All........

Rekan2 Milister yang terhormat..
Mohon bantuannya untuk menghitung kekuatan dari tray ladder 36" width and 18" .dimana distance antara support to supportnya berkisar 2 meter.
apakah tray ladder tersebut sanggup menahan berat seorang electricians yang sedang pulling cable di atasnya.
mohon pencerahannya dan bagaimana perhitungannya...

Terimakasih..

Tanggapan 1 - rio.hendiga

Pagi pak AHA,

Maaf kalau boleh tahu lebih specific berat electrician, material specs dari ladder tsb,dll. Kenapa tidak supportnya aja yang diperpendek jaraknya ? Karena memang pengalaman saya saat pulling cable, riskan bgt kalau menginjak bagian ladder ( kita tak tahu sambungannya ada di mana ), mangkanya yang saya injak support laddernya. Alhamdulillah aman2 saja ( ketinggian 8 meter ), material ladder galvanis, berat saya berkisar waktu itu 65 kg.


Tanggapan 2 - hanendra agung

PAk AHA,

Sedikit informasi pak,

Di dalam katalog vendor cable tray ada grafik perbandingan lebar kabel tray, jarak support, dan beban maksimum yang dapat ditahan oleh kabel tray mungkin bisa diminta ke vendor bapak.

Atau kalau bapak punya NEMA VE-1-1991 disitu ada graphiknya pak. (kebetulan saya tidak punya, tapi vendor tersebut referencenya ke standar tersebut)

Kesimpulan :
semakin jauh jarak supportnya dan semakin lebar traynya, nilai beban maksimum yang dapat diterima oleh kabel tray semakin kecil (dari vendor : kabel tray 3", 4",6")

Terima kasih.


Tanggapan 3 - Donny Wibowo

Dear Pak AHA,

Question: Can a person walk on an installed Cable Tray System?
Answer: No; walking on cable trays is not to be permitted. It violates the new version of NEMA standard VE-2, manufacturers marking and recommendations, and the intent of the NFPA70 Electrical Safety in Employee Work Practices. Walking on electrical equipment, conduits, cables or other electrical systems should also be avoided. In addition to the fall hazard, there is the risk of damage to equipment and possible contact with conductors.

Taken from http://www.cabletrays.com/faqs.html  (the last question)


For Cable Tray Installers—This publication is intended as a practical guide for the proper installation of cable tray systems.  Cable tray systems design shall comply with NEC Article 392,  NEMA VE 1, and NEMA FG 1 and follow safe work practices as described in NFPA70E.
These guidelines and information do not intend to cover all details or variations in cable tray systems nor provide for every possible installation contingency.

Tepatnya NFPA70E part II. Semua standard jika diperlukan email saya.

Jadi kalau gak "ketahuan orang HSE" dan "berani" dengan asumsi aman yah boleh2 ajah (bukan orang HSE).


Tanggapan 4 - Eka Retno Mustikarini
Dear All,

Perkenalkan nama saya hendro, sekarang ini saya bekerja sebagai technical support PT.Panji Mulia Engineering, sebagai salah satu vendor penyedia cable ladder, tray atau duct beserta accesoriesnya, mohon izinkan saya untuk mencoba menjawab pertanyaaan bp.AHA,

Tech Spec :
Jenis Part  : Cable Ladder
Width        : 1. 36 " (+/-900mm)
                  2. 18 " (+/-500mm)
Mat           : SPHC, t2mm(assumsi mat Standard)
Span dist   : +/-2m

Berdasarkan standard NEMA 12C di mana pembebanan static yang di maksud adalah

WE = 2x(concentrated static load)/ span length

atau  dengan cara lain untuk pembebanan berdasarkan NEMA12C di dapat maksimum load 100lbs.ft/12ft.span atau +/-45.36kg.ft/30.48m atau 151kg.m/30.48m.span
untuk kasus span yang bp.AHA punya dimana span nya adalah 2 meter sehingga di dapat pembebanan concetrated yaitu :
30.48/2 = 15.24  kali span sehingga beban yang di izinkan yaitu 15.24*45.36 =691kg untuk pembeban merata pada bidang 2m atau 691kgf/2000mm = 0.3kgf/mm. yang artinya load yang berasal dari cable, cover,operator serta equipment yang lainnya maksimal 0.3kgf/mm, tetapi yang memang harus di perhatian  kualitas dari welding rung ke side wall, jenis profile dari side wall dan kualitas dari material partnya sendiri termasuk kualitas jointing dan boltnya, demikian pa, Insya Allah dapat membantu, mohon untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi saya di 081584551568.


Tanggapan 5 - Tulus Pandapotan Sastra

Salam Pak Andi,

sebenarnya di dalam Catalogue Cable tray/ladder yg kita dapatkan dari Vendor, ada tertera yang namanya LOAD DATA.
yang menyebutkan, jarak support to support dan kemampuan dari support tsb menahan beban yang ada di atasnya (biasanya dalam satuan kg/m). jadi semakin jauh jarak antara support maka semakin kecil beban yg dapat di tahan (CMIIW).
yang perlu di ketahui untuk mendesign support tsb adalah:
1. berat dari cable Tray/Ladder tsb (berapa kg/m)
2. berat dari cover nya (kg/m), bila cable tray/ladder tsb berada di outdoor/area terbuka.
3. berat/quantity dari cable yang melewati cable tray/ladder tsb (berapa kg/m) yg tentunya ini berdasarkan estimasi kita, tapi bila kita mengetahui secara pasti berat/qty cablenya lebih bagus lagi. dan kadang sebagian orang juga menambahkan beberapa % berat dari cable tsb (untuk jaga2 bila in the future ada panambahan cable pada cable tray/ladder tsb)
4. yang tak kalah penting adalah additional load.
    dalam hal ini estimasi berat rata2 dari si technician tsb ketika pulling cable di atas cable ladder/tray nya (semisal additional load katakanlah 70~90kg).

Nah setelah data2 diatas lengkap, maka berat keseluruhan nya kita dapati (sekian kg/m).
dan setelah itu kita refer ke LOAD DATA yang tertera di catalogue tsb, maka kita dapatkan berapa sih jarak minimum support to support dari cable tray/ladder tsb.
nah dari data ini orang sturcture biasanya bisa menentukan jenis support apa yg akan di gunakan (Angle bar kah, atau C channel kah, atau harus pakai Beam kah, dsb nya).
saya ada punya LOAD DATA dan contoh sheet yg sederhana, jika di perlukan akan saya kirim via japri.


Tanggapan 6 - Kusumo

Sekedar menambahkan saja, seandainya pak Andi belum puas dgn jawan kawan2 silahkan refer kesalah satu website , antara lain dibawah ini:

http://www.cooperbline.com/product/CableTray/TechnicalInfo/index.asp

mudah2an berguna.

Comments

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

Apa itu HSE ?

HSE adalah singkatan dari Health, Safety, Environment. HSE merupakan salah satu bagian dari manajemen sebuah perusahaan. Ada manejemen keuangan, manajemen sdm, dan juga ada Manajemen HSE. Di perusahaan, manajemen HSE biasanya dipimpin oleh seorang manajer HSE, yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan seluruh program HSE. Program  HSE disesuaikan dengan tingkat resiko dari masing-masing bidang pekerjaan. Misal HSE Konstruksi akan beda dengan HSE Pertambangan dan akan beda pula dengan HSE Migas . Pembahasan - Administrator Migas Bermula dari pertanyaan Sdr. Andri Jaswin (non-member) kepada Administrator Milis mengenai HSE. Saya jawab secara singkat kemudian di-cc-kan ke Moderator KBK HSE dan QMS untuk penjelasan yang lebih detail. Karena yang menjawab via japri adalah Moderator KBK, maka tentu sayang kalau dilewatkan oleh anggota milis semuanya. Untuk itu saya forward ke Milis Migas Indonesia. Selain itu, keanggotaan Sdr. Andry telah saya setujui sehingga disk

Penggunaan Hydrostatic Test & Pneumatic Test

Pneumatic test dengan udara (compressed air) bukan jaminan bahwa setelah test nggak ada uap air di internal pipa, kecuali dipasang air dryer dulu sebelum compressed air dipake untuk ngetest.. Supaya hasilnya lebih "kering", kami lebih memilih menggunakan N2 untuk pneumatic test.. Tanya - Cak Ipin  Yth rekan-rekan milis Saat ini saya bekerja di power plant project, ditempat saya bekerja ada kasus tentang pemilihan pressure test yang akan digunakan pada pipa Instrument, Pihak kontraktor hanya melakukan hydrostatic test sedangkan fluida yg akan digunakan saat beroperasi adalah udara dimana udara tersebut harus kering atau tidak boleh terkontaminasi dengan air, pertanyaan saya : 1. Apakah boleh dilakukan hydrostatic test pada Instrument air pipe?? 2. Jika memang pneumatic test berbahaya, berapa batasan pressure untuk pneumatic test yg diijinkan?? Mohon pencerahan dari para senior, terima kasih. Tanggapan 1 - Apriadi Bunga Cak Ipin, Sepanjang yang saya tahu, pneum