Skip to main content

BBC News- 700 perusahaan akan tutup

Berita BBC yang menayangkan protes persatuan pekerja di Jakarta (ini biasa). Tuntutan dasar yaitu "higher wages". Tapi dr laporan reporter mengatakan bahwa 700 prshn sudah memutuskan untuk menutup pabriknya di Jakarta.

Lebih jauh dari sekedar protes buruh di lapangan, ada apa ini sebenarnya di negeriku?



Tanya - Dirman Artib

Baru pulang kerja, hidupkan tipi, ada berita BBC yang menayangkan protes persatuan pekerja di Jakarta (ini biasa). Tuntutan dasar yaitu "higher wages". Tapi dr laporan reporter mengatakan bahwa 700 prshn sudah memutuskan untuk menutup pabriknya di Jakarta.

Lebih jauh dari sekedar protes buruh di lapangan, ada apa ini sebenarnya di negeriku?


Tanggapan 1 - aryo.seto


Pak Dirman,

Barusan saya cek di BBC, sepertinya bukan 700 perusahaan akan tutup, tetapi demo ini berdampak pada 700 perusahaan pada hari berlangsungnya demo. Berikut linknya

http://m.bbc.co.uk/news/world-asia-19816462


Tanggapan 2 - irawan herwidjojo

Rekan Dirman,
Jujur saja saya melihat bahwa eksploitasi buruh atau tenaga kerja di negeri sendiri sangat memprihatinkan.
Lha wong utk living cost aja sdh ndak masuk akal, dimana secara nalar sdh sangat amazing.
Ibarat beban expenditure sangat timpang dgn revenuenya (bahasa cost controls).
Namun lebih perih lagi jika melihat tikus2 koruptor berseliweran pamer kekayaan diatas penderitaan buruh dan rakyat.
Para pengusaha bilang beban cost syarikat sangat berat, lha wong duitnya utk kesejahteraan dipakai oleh para petinggi2 baik syarikat maupun kerajaan/pemerintah utk plesiran ke negeri antah berantah,life style,juga kegiatan2 pemborosan!!!.
Dulu awal setup iklim investasi bangsa ini sdh salah/ blunder (dlm istilah main catur). Namun, alih teknologi dan informasi juga bodong serta ngawur!!!.
Nah beruntunglah rekan2 TKI profesional sbg penghasil devisa negara yg konon "berita anginnya" mencapai milyaran rupiah yaitu upah buruh migran internasional yg masuk ke negeri ini lewat kiriman uang dgn cara remittance atau lewat jasa titipan bank gelap utk kirim uang ke kampoeng halaman.
Jadi jangan setujui pengembosan KPK lewat rencana perubahan UU KPK!!! Justru KPK ibarat penyemprot hama tanaman yg ampuh spt acaranya MTV ampuh!!!.
Masalah pajak juga sama nasibnya yaitu memperkaya oknum koruptor pajak juga pengusaha!!!.
Sudah saatnya bangsa ini mandiri dgn produksi nasional,dan tunjukkan bhw bangsa ini bukan bangsa konsumsi namun jg inovasi.
Jgn tergiur dgn promosi dan propaganda principle asing, dgn embel2 rayuan "kami persembahkan teknolgi utk bangsa Indonesia".
Padahal saya pernah baca bhw ada pemegang tunggal merk melakukan kecurangan dibalik lemahnya UU perdagangan negara qta.
Banyak produk lokal otpomotif yg megap2 senin-kemis utk menjual produknya ke pasaran Indonesia.
Qta jg dlm mendidik generasi penerus selalu salah kaprah!!! Why??? Jarang system pendidikan di negeri ini bertujuan utk menciptakan tokoh2 interpreuner yg mandiri,inovasi dan berhasil.
Namun hanya menciptakan "mesin produksi" dgn label "manusia".
Insya Alloh tulisan ini juga dibaca oleh para pejabat di negeri ini.


Tanggapan 3 - @gussur_ agus.suryantoro


Kalau pekerja di Jakarta menerima upah cuma 1,529,150/bln, (http://leopratama.com/UMR%20Indonesia%202012.pdf) terus sudah bikin tutup 700 perusahaan, pegimana jika gajinya segedhe pak dirman. atau 700 perusahaan ini tutup karena hal yang lain . ya sayang sekali si BBC ini belum melihat rumah buruh di bantaran ciliwung..."protes persatuan pekerja di Jakarta (ini biasa). Tuntutan dasar yaitu "higher wages".

Dari sumber yang lain ternyata bertolak belakang,

JAKARTA, KOMPAS.com -Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menolak keputusan Dewan Pengupahan Nasional, serta Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang hanya menambah  empat komponen kebutuhan hidup layak (KHL) bagi perhitungan upah minimum regional (UMR) buruh tahun depan.

Dengan penambahan empat komponen KHL tersebut, UMR tahun 2013 diperkirakan hanya  bertambah sekitar Rp  15.000- Rp 20.000. "Coba saja hitung berapa kalau cuma tambah empat komponen KHL, yang hanya untuk pembelian ikat pinggang, kaos kaki, deodoran dan setrika. Berarti,,  itu kan cuma Rp 20. 000," tandas Presiden KSPI Said Iqbal, semalam kepada Kompas di Jakarta.

Menurut Said, dengan penambahan empat komponen itu,  UMR di daerah padat industri tidak akan mengalami  kenaikan secara signifikan. "Padahal, aksi buruh yang pernah terjadi dengan menutup jalan tol  di daerah industri yang padat seperti di Bekasi adalah karena  UMR tidak mau dinaikkan," kata Said.
Ia mengatakan, Indonesia negara kaya dengan Produk Domestik Bruto (PDB) nomor 17 di dunia. Namun,  rata-rata  UMR Indonesia hanya 120 dollar Amerika Serikat per bulan. "Upah sebesar itu  sangat rendah di dunia atau nomor 68 dari 190 negara. Ini  berarti pemerintah dan pengusaha Indonesia selama 30 tahun  menganut kebijakan upah murah yang selamanya akan  memiskinkan buruh," jelasnya

selamat menikmati indonesia.


Tanggapan 4 - h_haerudin


Pak Dirman,
Quoted:

"Lebih jauh dari sekedar protes buruh di lapangan, ada apa ini sebenarnya di negeriku?"

EoQ.

IMHO, sepertinya gejala biasa:
- ekonomi Indonesia (mem)baik, tapi dampaknya tidak dinikmati secara merata.

- Ekonomi Indonesia (mem)baik, sementara situasi di negara 'maju' justru sebaliknya. Ada kekuatiran dari pihak luar, sehingga segala kekurangan (di Indonesia) cenderung dijadikan issue besar. Kabar baiknya cenderung ngga ter-exposed.

- Indonesia berada di "tipping point", dg pendapatan per kapita sudah di atas 3000, maka percepatan kegiatan ekonomi pun terjadi. Imbasnya jg di segala sektor. Antara keberhasilan di pihak lain, keadaan sebagian pihak yg masih belum menikmati, 'kejahatan' sekelompok manusia yg culas dan serakah serta persaingan global.

'Lebih jauh dari sekedar protes buruh', secara umum, IMHO, kita perlu jaga momentum positif yg ada. Kalau orang2 di Indonesia 'digebuki terus', yg kerja sungguh2 di Indonesia pun nanti kecewa sama rekan2 yg berkiprah di luar negeri, "Lho koq kerja kita ngga di-appreciated sih?"

Tantangan bekerja/berkarya di Indonesia luar biasa besar, activation energy-nya besar. Para professional yg di luar negeri bisa jadi mitra, menjadi katalis, setidaknya menyemangati kawan2 yg di Indonesia.

Tanggapan  5 - dimas yudhanto

Pemimpin yang lemah dan tidak amanah, rakyatnya menderita dan terjajah.


Tanggapan 6 - Imam Marifat



Pak Dirman,

Gambar berikut mungkin sedikit menjelaskan tujuan demo kemarin, setahu saya, ini kelanjutan demo sebelumya.


Tanggapan 7 - Wahyu Affandi

Mbok yaa bilang2 sama orang tua, kalo mau demo......supaya tuntutannya agak bisa diseret dipenuhi, misalnya 3 tuntutan tsb= 1.OUTSOURCING UNTUK PEGAWAI DIATAS  USIA 50 TAHUN, 2.STANDAR UPAH MINIMUM RP 150,000/HARI, 3.JAMINAN KESEHATAN & SOSIAL BAGI SELURUH PEGAWAI+KELUARGANYA

beda khan dgn poster yg terpampang di photo?


Tanggapan 8 - Dirman Artib


Terima Kasih atas infonya Pak.
Mudah-mudahan para pebisnis tak lagi bikin pabrik dan industri di sekitar Jakarta dan Pulau Jawa. Jelas bahwa SDA spt. minyak, gas, pohon karet, pohon sawit kan justru di Luar Jawa, mngkn biaya hidup gak semahal di Jkt dan di Jawa yg sarat dgn beban sosial dan beban lingkungan yg tak murah.


Comments

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

Apa itu HSE ?

HSE adalah singkatan dari Health, Safety, Environment. HSE merupakan salah satu bagian dari manajemen sebuah perusahaan. Ada manejemen keuangan, manajemen sdm, dan juga ada Manajemen HSE. Di perusahaan, manajemen HSE biasanya dipimpin oleh seorang manajer HSE, yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan seluruh program HSE. Program  HSE disesuaikan dengan tingkat resiko dari masing-masing bidang pekerjaan. Misal HSE Konstruksi akan beda dengan HSE Pertambangan dan akan beda pula dengan HSE Migas . Pembahasan - Administrator Migas Bermula dari pertanyaan Sdr. Andri Jaswin (non-member) kepada Administrator Milis mengenai HSE. Saya jawab secara singkat kemudian di-cc-kan ke Moderator KBK HSE dan QMS untuk penjelasan yang lebih detail. Karena yang menjawab via japri adalah Moderator KBK, maka tentu sayang kalau dilewatkan oleh anggota milis semuanya. Untuk itu saya forward ke Milis Migas Indonesia. Selain itu, keanggotaan Sdr. Andry telah saya setujui sehingga disk

Penggunaan Hydrostatic Test & Pneumatic Test

Pneumatic test dengan udara (compressed air) bukan jaminan bahwa setelah test nggak ada uap air di internal pipa, kecuali dipasang air dryer dulu sebelum compressed air dipake untuk ngetest.. Supaya hasilnya lebih "kering", kami lebih memilih menggunakan N2 untuk pneumatic test.. Tanya - Cak Ipin  Yth rekan-rekan milis Saat ini saya bekerja di power plant project, ditempat saya bekerja ada kasus tentang pemilihan pressure test yang akan digunakan pada pipa Instrument, Pihak kontraktor hanya melakukan hydrostatic test sedangkan fluida yg akan digunakan saat beroperasi adalah udara dimana udara tersebut harus kering atau tidak boleh terkontaminasi dengan air, pertanyaan saya : 1. Apakah boleh dilakukan hydrostatic test pada Instrument air pipe?? 2. Jika memang pneumatic test berbahaya, berapa batasan pressure untuk pneumatic test yg diijinkan?? Mohon pencerahan dari para senior, terima kasih. Tanggapan 1 - Apriadi Bunga Cak Ipin, Sepanjang yang saya tahu, pneum