Skip to main content

Job Description Untuk Production Engineer

Untuk Production Engineer, jobdes-nya antara lain :
1. Ensuring that Senior Production Engineers and other Engineering personnel are assigned to projects.
2. Ensuring that all Engineering requirements are clearly defined.
3. Liaising with the Senior Production Engineers and assisting as required in the co-ordination of their respective projects.
4. Deputising for the Division Chief Engineer in his absence.
5. Attending site Project meetings as necessary.
6. Ensuring that Management Project Status reports are published.
7. Ensuring that material requirements for projects are available in a timely manner and that material demands are raised in adequate time.
8. Liaising with Fabrication personnel to ensure that they are aware of Project requirements.


Tanya - Irfan

Mungkin ada yang tahu jobdescription untuk pekerjaan "production engineer" atau "barge engineer" ??, mohon bisa disharing informasinya, thanks & regards.


Tanggapan 1  - Abraham Imam Muttaqin
Untuk Production Engineer, jobdes-nya antara lain :
1. Ensuring that Senior Production Engineers and other Engineering personnel are assigned to projects.
2. Ensuring that all Engineering requirements are clearly defined.
3. Liaising with the Senior Production Engineers and assisting as required in the co-ordination of their respective projects.
4. Deputising for the Division Chief Engineer in his absence.
5. Attending site Project meetings as necessary.
6. Ensuring that Management Project Status reports are published.
7. Ensuring that material requirements for projects are available in a timely manner and that material demands are raised in adequate time.
8. Liaising with Fabrication personnel to ensure that they are aware of Project requirements.
 
Tanggapan 2 - irfan


terima kasih Bung Abraham,

kalo gitu hampir sama dengan jobdesc untuk Human Resources & Development atau Business Development ya ??


Tanggapan 3 - nurhari

I think the important of the poduction engineer ==
Planning, Organising , controlling and reviewing of the production maybe could be the same function with Project engineering. And the important thing of "production" is Customer satisfaction.


Tanggapan 4 - irfan

Thanks mr. nur hari, btw are you graduated from teknik perkapalan'95 or teknik perkapalan'94 FTK ITS that i ever knew it ?


Tanggapan 5 - Christanto Kaelan
Mas Irfan,
Kalo boleh nambahin responsibilities dari manual nya tempatnya saya bekerja, Responsibilities of produciton engineer :
1. Review all drawing, specs.
2. Work with yard personnel,client to resolve any fabrication problems.
3. Prepare material purcahase list.
4. Ensure yard is supplied with the correct material and drawing to meer schedule requirement.
5. Ensure material, fabrication, and installation in accrodance of drawing and specs.
6. Coordinate the planning to ensure compliance with the overall plan.
7. Assist in any testing as required.

Tentu saja job desc ini disesuaikan dengan kondisi Mcdermott sebagai perusahaan konstruksi. Untuk jenis usaha yang laen, mungkin job desc nya bakal menyesuaikan.

Tanggapan 6 - irfan
thanks bung christanto kaelan atas attention-nya, kayaknya bisa disandingkan dengan comment dari bung abraham imam muttaqien, yang notabene temen se-kerja sampeyan juga :).


Tanggapan 7 - Imam, Abraham

Bung Irfan,
Berikut ada tambahan lagi tentang jobdes-nya production engineer :
9. Reviewing Project plans to identify any potential areas of concern or conflicts with regard to the overall availability of equipment, materials, etc.
10. Reviewing documentation produced by Engineering prior to Client review and ensuring that appropriate procedures, calculations, etc. Are submitted to the Client for review in accordance with contractual requirements.
11. Monitoring achievement of all work against the fabrication schedule, ensuring that progress is reported and identifying problem areas or extra work. Liaising with Fabrication and Planning on any remedial actions considered necessary.
12. Ensuring that all weight control activities are undertaken to meet Project requirements.
13. Ensuring that work is performed in accordance with the requirements of the Quality Management System and Project Quality Plan. Continuously monitoring the situation to ensure conformance to the agreed requirements.

Wah....kalo disamakan dengan jobdesnya HRD ato Bussiness Development kayaknya kurang begitu tepat. Yah....intinya sih pekerjaan 'manajemen proyek'.

Btw, Bung Irfan kenal dengan Eris Risuda (ex bukaka di bagian tower) ?


Tanggapan 8 - Candra, Eddie

Kalo 'barge engineer' tugasnya adalah memastikan semua pekerjaan yang dilakukan di barge bisa selesai dengan bermutu, cepat, dan aman.


Tanggapan 9 - irfan
Bung abraham imam (gimana panggilannya ya :)).
Thanks to 2nd times, atas infobusinessnya :), semoga bisa menambah knowledge di brain saya.
Bung eris risuda, tepatnya Rd. Eris Risuda, lulusan ITB, teknik sipil, masuk di bukaka tahun 1998 berbarengan dengan temen2nya misal : syarief, aten, budi, suyanto, yudi, ditempatkan dibawah divisi steel tower engineering, tentu saya kenal, salam teramat kangen sama beliau :), semoga tidak lupa dengan "sejarah".

Comments

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

Apa itu HSE ?

HSE adalah singkatan dari Health, Safety, Environment. HSE merupakan salah satu bagian dari manajemen sebuah perusahaan. Ada manejemen keuangan, manajemen sdm, dan juga ada Manajemen HSE. Di perusahaan, manajemen HSE biasanya dipimpin oleh seorang manajer HSE, yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan seluruh program HSE. Program  HSE disesuaikan dengan tingkat resiko dari masing-masing bidang pekerjaan. Misal HSE Konstruksi akan beda dengan HSE Pertambangan dan akan beda pula dengan HSE Migas . Pembahasan - Administrator Migas Bermula dari pertanyaan Sdr. Andri Jaswin (non-member) kepada Administrator Milis mengenai HSE. Saya jawab secara singkat kemudian di-cc-kan ke Moderator KBK HSE dan QMS untuk penjelasan yang lebih detail. Karena yang menjawab via japri adalah Moderator KBK, maka tentu sayang kalau dilewatkan oleh anggota milis semuanya. Untuk itu saya forward ke Milis Migas Indonesia. Selain itu, keanggotaan Sdr. Andry telah saya setujui sehingga disk

Penggunaan Hydrostatic Test & Pneumatic Test

Pneumatic test dengan udara (compressed air) bukan jaminan bahwa setelah test nggak ada uap air di internal pipa, kecuali dipasang air dryer dulu sebelum compressed air dipake untuk ngetest.. Supaya hasilnya lebih "kering", kami lebih memilih menggunakan N2 untuk pneumatic test.. Tanya - Cak Ipin  Yth rekan-rekan milis Saat ini saya bekerja di power plant project, ditempat saya bekerja ada kasus tentang pemilihan pressure test yang akan digunakan pada pipa Instrument, Pihak kontraktor hanya melakukan hydrostatic test sedangkan fluida yg akan digunakan saat beroperasi adalah udara dimana udara tersebut harus kering atau tidak boleh terkontaminasi dengan air, pertanyaan saya : 1. Apakah boleh dilakukan hydrostatic test pada Instrument air pipe?? 2. Jika memang pneumatic test berbahaya, berapa batasan pressure untuk pneumatic test yg diijinkan?? Mohon pencerahan dari para senior, terima kasih. Tanggapan 1 - Apriadi Bunga Cak Ipin, Sepanjang yang saya tahu, pneum