Skip to main content

Intervensi Gelombang Radio/HT

Untuk interferensi gelombang electromagnetik (dengan frekuensi radio - frekuensi 9 kHz sampai 3,000,000 Mhz) diatur oleh badan2 komunikasi. Salah satu yang terkenal adalah FCC (Federal Communication Commission dari USA.

FCC sudah mengatur besarnya EMI untuk perangkat elektronik.
Ada dua aturan yang terkenal yaitu Part 15 tentang radio frequency device dan Part 18 tentang Industrial, Scientific dan Medical equipment.

Mungkin harus diperiksa kesesuaian kelas dari perangkat di lab dengan peralatan radio yang digunakan. Di setiap buku manual dari peralatan disebutkan kelas dari peralatan itu. Setiap kelas menyatakan batasan emisi dan interferensi yang bisa diterima oleh peralatan tersebut.


Tanya - Mahmud Razali MRazali@qatargas

Bapak/Ibu Yth,

Mohon pencerahan tehnis mengenai intervensi gelombang radio/HT dengan Instrumen2 Lab.

Instrumen2 seperti GC, Spectrophotometer, Sulfur/Mercury- Analyzer, dll.,  memberikan data yang tidak akurat apabila radio-komunikasi dari personel operation sedang aktif di ruang lab kami.

Untuk detector2 tertentu dan pH-Meter, malah memberikan reading yang sangat ekstrim.


Tanggapan 1 - imron imron@rekayasa


Dh;

Kemungkinan besar ketidakakuratan pengukuran diakibatkan oleh "interferensi" antara gelombang radio dengan sinyal parameter fisika yang akan diukur. Karena gelombang memiliki "amplitudo" dan "frekuensi" tertentu maka akibat interferensi akan berakibat :

1. Perubahan parameter Amplitudo sinyal yang akan diukur
2. Perubahan paramater frekuensi sinyal yang akan diukur

Apalagi instrument spt GC, spectrometer or ph meter sangat sensisitif thd perubahan lingkungan. Sebaiknya pemancar/penerima gelombang radio jangan terlalu dekat dengan alat-alat instrument sensistif tsb.

Demikian informasinya......



Tanggapan 2 - Nugroho Wibisono weby
Dear members,

Pak Imron benar, besar kemungkinan yang dialami oleh pak Razali adalah EMI (electromagnetic interference).

Pada hakekatnya semua peralatan elektronik mengemisikan gelombang elektromagnetik melalui radiasi dari aktivitas elektrik atau magnetik dari peralatan elektronik itu sendiri. Sayangnya jika emisi dari satu perangkat berinterferensi dengan emisi dari perangkat lain dapat menyebabkan masalah, yang dapat dikategorikan sebagai electromagnetic interference atau EMI.

Saya belum pernah berpraktis2 dengan EMI, yang paling masuk akal adalah memindahkan perangkat sumber EM yang paling dominan ke tempat yang agak jauh (dalam hal ini mungkin adalah antena radio komunikasi).

Mohon koreksinya dari rekan2 sekalian, terima kasih


Tanggapan 3 - Dirman Artib dirman.artib@amec


Rekan-rekan,
Saya mau sharing praktisnya aja, karena saya tidak terlalu mengerti teori dasar dan secara teknisnya.

Waktu saya masih di lapangan dulu, ada persyaratan thd HT yang bisa digunakan di dalam sebuah plant yaitu harus ada sticker warna hijau yang bertuliskan "Instrinctly Safe" (ma'af kalau spellingnya agak salah). Lalu waktu itu yang tersedia Cuma merek Motorola yang memang menyediakan 2 tipe radio, yaitu yang berstiker merah (it's not allowed) dan berstiker hijau spt. yg saya sebutkan di atas.  Yg berstiker hijau harganya sedikit lebih mahal. 

Yang jelas stiker hijau aman untuk tidak menganggu peralatan instrument dan control di plant.



Tanggapan 4 - Paul Wijaya


Pak Razali,

Untuk interferensi gelombang electromagnetik (dengan frekuensi radio - frekuensi 9 kHz sampai 3,000,000 Mhz) diatur oleh badan2 komunikasi. Salah satu yang terkenal adalah FCC (Federal Communication Commission dari USA.

FCC sudah mengatur besarnya EMI untuk perangkat elektronik.
Ada dua aturan yang terkenal yaitu Part 15 tentang radio frequency device dan Part 18 tentang Industrial, Scientific dan Medical equipment.

Mungkin harus diperiksa kesesuaian kelas dari perangkat di lab dengan peralatan radio yang digunakan. Di setiap buku manual dari peralatan disebutkan kelas dari peralatan itu. Setiap kelas menyatakan batasan emisi dan interferensi yang bisa diterima oleh peralatan tersebut.

Berikut ini saya sertakan URL dari website aturan FCC itu (format pdf) dan bisa didownload gratis.
Mungkin bagian IT atau telekomunikasi anda bisa membantu menjelaskan.

http://www.access.gpo.gov/nara/cfr/waisidx_01/47cfr15_01.html

Kalau intrinsically safe itu berkaitan dengan pencegahan kebakaran/ledakan di plant site.


Tanggapan 5 - Gus Dung landung.kautsar@id.yokogawa

Seingat saya, untuk kelas laboratorium ada "spesifikasi Frekwensi" tertentu. Karenanya untuk komunikasi wireless, harus menggunakan frekwensi diatas rata rata alat laboratorium tersebut.
Terkait dengan email Bapak Dirman Artib,  bisa jadi "motorola warna hijau" menggunakan frekwensi diatas rata rata.
Mungkin solusinya harus menganti equipment yang ada sekarang ini.

Mohon koreksi jika salah,



Tanggapan 6 - Nugroho Wibisono


Gus Landung yang saya hormati,

Mungkin maksud dari pak Dirman Artib untuk HT yang beliau pakai adalah perangkat "intrinsically safety". Dari referensi ISA–TR12.2–1995 yang berjudul Intrinsically Safe System Assessment Using the Entity
Concept' kalau boleh saya kutipkan :

Intrinsic safety is the use of equipment and wiring that is incapable of releasing sufficient electrical or thermal energy under normal or abnormal conditions to cause ignition of a specific hazardous atmospheric mixture in its most easily ignited concentration.

Jadi kemampuan si HT sebagai pemicu api (dari segitiga api : oksigen, bahan bakar, dan pemicu) sedikit disunat supaya segitiga tersebut tidak lengkap.

Eh, sedikit melenceng kayaknya ya, pertama ngebahas EMI, akhirnya jadi ke intrinsically safety.. ya ndak pa pa lah.. namanya juga diskusi ngalor ngidul ala warung kopi hehehe...

Mohon koreksinya juga, siapa tahu saya lebih ngawur... :)


Tanggapan 7 - chdata2001 cahya.hari@somit

Ikutan nimbrung dikit,
 Setahu saya Radio dengan stiker hijau atau merah tidak bergantung  pada frekuensinya tapi dari jenis batery yang digunakan. Contoh nya  radio motorola ada pemberitahuan nya bahwa certified untu CI D2 jika  mengunakan batery dengan P/n tertentu, kalau nggak salah tulisan nya  ada dibagian bawah dari radio.
Mungkin jenis batery ini tidak menimbulkan spark jika terjadi  hubungan pendek (CMIIW).
Stiker merah dan hijau menurut saya juga tidak berpengaruh pada meng  interferensi atau tidaknya sebuah radio, karena interferensi sumber  nya adalah daya (power) output dan frekuensi dari radio tersebut. alat-alat instrument yang menggunakan oscilator dan coil seperti  moving coil untuk analog meter akan terpengaruh dengan frekuensi radio

 demikian mohon koreksinya

Comments

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

Apa itu HSE ?

HSE adalah singkatan dari Health, Safety, Environment. HSE merupakan salah satu bagian dari manajemen sebuah perusahaan. Ada manejemen keuangan, manajemen sdm, dan juga ada Manajemen HSE. Di perusahaan, manajemen HSE biasanya dipimpin oleh seorang manajer HSE, yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan seluruh program HSE. Program  HSE disesuaikan dengan tingkat resiko dari masing-masing bidang pekerjaan. Misal HSE Konstruksi akan beda dengan HSE Pertambangan dan akan beda pula dengan HSE Migas . Pembahasan - Administrator Migas Bermula dari pertanyaan Sdr. Andri Jaswin (non-member) kepada Administrator Milis mengenai HSE. Saya jawab secara singkat kemudian di-cc-kan ke Moderator KBK HSE dan QMS untuk penjelasan yang lebih detail. Karena yang menjawab via japri adalah Moderator KBK, maka tentu sayang kalau dilewatkan oleh anggota milis semuanya. Untuk itu saya forward ke Milis Migas Indonesia. Selain itu, keanggotaan Sdr. Andry telah saya setujui sehingga disk

Penggunaan Hydrostatic Test & Pneumatic Test

Pneumatic test dengan udara (compressed air) bukan jaminan bahwa setelah test nggak ada uap air di internal pipa, kecuali dipasang air dryer dulu sebelum compressed air dipake untuk ngetest.. Supaya hasilnya lebih "kering", kami lebih memilih menggunakan N2 untuk pneumatic test.. Tanya - Cak Ipin  Yth rekan-rekan milis Saat ini saya bekerja di power plant project, ditempat saya bekerja ada kasus tentang pemilihan pressure test yang akan digunakan pada pipa Instrument, Pihak kontraktor hanya melakukan hydrostatic test sedangkan fluida yg akan digunakan saat beroperasi adalah udara dimana udara tersebut harus kering atau tidak boleh terkontaminasi dengan air, pertanyaan saya : 1. Apakah boleh dilakukan hydrostatic test pada Instrument air pipe?? 2. Jika memang pneumatic test berbahaya, berapa batasan pressure untuk pneumatic test yg diijinkan?? Mohon pencerahan dari para senior, terima kasih. Tanggapan 1 - Apriadi Bunga Cak Ipin, Sepanjang yang saya tahu, pneum