Skip to main content

Perancangan Heat Exchanger Skala Lab

"Saya mahasiswa semester akhir teknik kimia mendapat tugas akhir/skripsi tentang perancangan heat exchanger (condensor) skala lab.rencananya kondensor saya tersebut akan dipasang pada bagian atas kolom destilasi yang dibuat oleh teman saya sendiri. kolom destilasi tersebut akan memisahkan alkohol-air. asumsi awal flow rate-nya 1575,96 lb/jam dan suhunya 78C.
saya sudah mempelajari "process heat tranfer"-nya Kern, tapi tidak nyambung-nyambung. saya mohon bantuan bapak-bapak yang sudah malang-melintang di dunia migas, terutama rancang bangun alat. terimakasih atas bantuannya."

Tanya - didik aji sasongko

Ass. Wr. Wb
Saya mahasiswa semester akhir teknik kimia mendapat tugas akhir/skripsi tentang perancangan heat exchanger (condensor) skala lab.rencananya kondensor saya tersebut akan dipasang pada bagian atas kolom destilasi yang dibuat oleh teman saya sendiri. kolom destilasi tersebut akan memisahkan alkohol-air. asumsi awal flow rate-nya 1575,96 lb/jam dan suhunya 78C.
saya sudah mempelajari "process heat tranfer"-nya Kern, tapi tidak nyambung-nyambung. saya mohon bantuan bapak-bapak yang sudah malang-melintang di dunia migas, terutama rancang bangun alat. terimakasih atas bantuannya. Maaf, untuk bapak admin / medorator, tolong saya dikirimi lagi tata tertib dan tip&trik menggunakan milist ini. karena yang kemaren kehapus.
Wass. wr. wb



Tanggapan 1 - Imam Mahmudi

Mas Didik,

Sebagai gambaran awal, Anda bisa menggunakan salah satu dari jenis kondensor:
- fin heat exchanger.
- shell and tube
- plate heat exhanger

fluida pendingin yang digunakan bisa air atau udara. Kalau udara yang digunakan sebagai fluida pendingin, lebih baik menggunakan fin heat exchanger. Kalau air, bisa shell and tube atau plate heat exchanger. Untuk menekan biaya sya kira fin heat exchanger yang lebih cocok. Untuk perhitungan perpindahan panasnya saya kira Anda bisa menggunakan persamaan kekekalan energi, yaitu mengukur entalpi yang masuk dan keluar dari kedua fluida, tidak perlu direpotkan dengan bentuk aliran. Demikian, barang kali bisa membantu


Tanggapan 2 - Johanes Anton Witono


Mas Didik,
Sebelumnya mohon maaf dulu jika tidak bisa membantu  banyak, karena masih belum jadi orang lapangan. Saya juga  baru lulus dari Teknik Kimia UI bulan Januari 2004  kemarin. Kebetulan dalam skripsi saya, tentang Perancangan  Pabrik, saya juga melakukan perhitungan desain HE  (shell-tube dan double pipe). Jadi maaf jika ternyata  hitungan teoritis tidak bisa diaplikasi di riil, tapi  boleh dicoba.

Pertama, jika kamu mengalami kebingungan membaca buku Kern  mungkin saya bisa sarankan buku lain yang menurut saya  cukup bagus dan sistematis membahas tentang pemilihan HE  dan perhitungan desainnya, seperti :
- Stanley M. Walas, ?Chemical Process Equipment :  Selection and Design?, Buther-Worths.
- Carl Branan, ?Rule of Thumb for Chemical Engineers 2nd  Ed?, Gulf Publishing Company.
- Hongtan Liu, Sadic Kakac, ?Heat Exchanger : Selection,  Rating, Thermal Design?, CRC Press
- Aerstin, Frank and Gary Street, ?Applied Chemical  Process Equipment?, Plenum Press.

Kedua, tahap pertama dalam menentukan desain HE, menurut  saya tetap berangkat dari rumus dasar Q = m.c.dT, dan A =  Q/U.LMTD, dari situlah sebenarnya kita mulai mendesain  jenis HE yang sesuai. Misalnya, jika ternyata nilai A <=  10m2, maka lebih ekonomis menggunakan jenis double pipe.  Kemudian perhatikan juga jenis fluida yang dialirkan.

Ketiga, faktor penting yang ikut berpengaruh dalam desain  HE adalah fouling dan pressure drop. Fouling termasuk  parameter yang menentukan umur pakai HE.

Kira2 demikian sedikit tambahan dari saya. Saya mungkin  bisa memberikan contoh perhitungan desain HE yang saya  kerjakan dalam skripsi saya untuk anda, tapi via japri  saja, itu jika anda membutuhkannya.

Sekiranya ada yang keliru, mohon saya dikoreksi, maklum  masih banyak belajar teori.

Comments

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

Apa itu HSE ?

HSE adalah singkatan dari Health, Safety, Environment. HSE merupakan salah satu bagian dari manajemen sebuah perusahaan. Ada manejemen keuangan, manajemen sdm, dan juga ada Manajemen HSE. Di perusahaan, manajemen HSE biasanya dipimpin oleh seorang manajer HSE, yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan seluruh program HSE. Program  HSE disesuaikan dengan tingkat resiko dari masing-masing bidang pekerjaan. Misal HSE Konstruksi akan beda dengan HSE Pertambangan dan akan beda pula dengan HSE Migas . Pembahasan - Administrator Migas Bermula dari pertanyaan Sdr. Andri Jaswin (non-member) kepada Administrator Milis mengenai HSE. Saya jawab secara singkat kemudian di-cc-kan ke Moderator KBK HSE dan QMS untuk penjelasan yang lebih detail. Karena yang menjawab via japri adalah Moderator KBK, maka tentu sayang kalau dilewatkan oleh anggota milis semuanya. Untuk itu saya forward ke Milis Migas Indonesia. Selain itu, keanggotaan Sdr. Andry telah saya setujui sehingga disk

Penggunaan Hydrostatic Test & Pneumatic Test

Pneumatic test dengan udara (compressed air) bukan jaminan bahwa setelah test nggak ada uap air di internal pipa, kecuali dipasang air dryer dulu sebelum compressed air dipake untuk ngetest.. Supaya hasilnya lebih "kering", kami lebih memilih menggunakan N2 untuk pneumatic test.. Tanya - Cak Ipin  Yth rekan-rekan milis Saat ini saya bekerja di power plant project, ditempat saya bekerja ada kasus tentang pemilihan pressure test yang akan digunakan pada pipa Instrument, Pihak kontraktor hanya melakukan hydrostatic test sedangkan fluida yg akan digunakan saat beroperasi adalah udara dimana udara tersebut harus kering atau tidak boleh terkontaminasi dengan air, pertanyaan saya : 1. Apakah boleh dilakukan hydrostatic test pada Instrument air pipe?? 2. Jika memang pneumatic test berbahaya, berapa batasan pressure untuk pneumatic test yg diijinkan?? Mohon pencerahan dari para senior, terima kasih. Tanggapan 1 - Apriadi Bunga Cak Ipin, Sepanjang yang saya tahu, pneum