Skip to main content

Menembus Kerja Praktek (KP) di Perusahaan MIGAS

MENEMBUS KERJA PRAKTEK DI PERUSAHAAN MIGAS
oleh: J. Anton Witono (Chairman Komunitas Migas Indonesia Cabang Kaltim)


Saya beberapa kali membantu adik-adik untuk mendapatkan kesempatan untuk kerja praktek di tempat saya bekerja (sebuah perusahaan MIGAS Perancis berlokasi di Kalimantan Timur). Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman dan opini pribadi. Latar belakang saya adalah Teknik Kimia dan saya bukan orang HR.

A. MEMILIH TOPIK & DURASI KP
1. Buka jendela wawasan dan informasi.

2. Cari topik yang sesuai dengan peminatan atau latar belakang jurusan kuliah anda.

3. Browsing internet, ikuti hot topic di media massa/ TV, konsultasi dengan senior yang sudah pernah KP sebelumnya dan tanyakan kontak mentornya, diskusi dengan dosen, hubungi alumni yang bekerja di perusahaan yang bersangkutan.
TIPS : cari informasi tanpa kacamata kuda. Seorang mahasiswa Teknik Kimia tidak berarti KP-nya melulu harus di departemen Process Engineering.
4. Tetap fleksibel. Jangan kaku dan menutup diri apabila pihak Perusahaan menawarkan topik lainnya, misalnya karena alasan ketersediaan subyek dan/ atau mentor di perusahaan tersebut. Pengetahuan itu tidak ada batasnya.

5. Hubungi alumni yang bekerja di perusahaan ybs (bila ada). Sampaikan anda berminat KP di perusahaan tersebut, tanyakan apakah ada subyek dan mentor untuk KP anda. Siapa tahu alumni yang anda hubungi bersedia jadi mentor, maka urusan anda akan lebih mudah. Atau setidaknya beliau akan “bergerilya” mencarikan informasi diantara rekan-rekan kerjanya. Kalau pun tidak, minimal tanyakan ke departemen mana anda mungkin bisa KP. Tanyakan nama departemennya, karena informasi ini akan membantu untuk proposal anda.

6. Bila beruntung, anda mungkin sudah bisa berkorespondensi terlebih dahulu dengan calon mentor. Sehingga nama beliau bisa anda cantumkan di proposal KP.

7. Dari pengalaman dan pengamatan saya, durasi KP ideal adalah minimal 2 bulan, karena anda punya cukup waktu untuk mengenal “process flow” di perusahaan tersebut dan punya cukup waktu untuk mengerjakan topik khusus KP anda. Kalau subyek anda selesai lebih awal, anda punya waktu untuk belajar hal lainnya. Kendati demikian, banyak juga perusahaan yang menerapkan kebijakan maksimal 1 bulan KP karena alasan lain misalnya: kesibukan mentor, process  flow-nya tidak terlalu kompleks, dll.

B. MENYIAPKAN ADMINISTRASI
1. Siapkan proposal KP. Untuk KP di perusahaan MIGAS, sebaiknya membuat proposal KP dalam bahasa inggris.
TIPS: Pakai proposal KP senior anda sebagai referensi, tapi “copas (copy paste)”-lah secara cerdas. Tambahkan/ kurangi informasi sesuai keperluan KP anda.

2. Minimum informasi yang harus ada di proposal KP:
- Periode KP;
- Topik & obyektif apa yang ingin anda pelajari;
- Nama departemen dimana anda ingin KP;
- Nama calon mentor (bila ada dan sudah dikonfirmasi dengan ybs).
- Cantumkan juga bahwa anda terbuka terhadap topik/ subyek lain yang akan diberikan oleh Perusahaan.
TIPS: semakin presisi informasi di proposal KP anda akan membantu orang HR dalam memproses proposal KP anda.

3. Siapkan dokumen lainnya:
- Curriculum Vitae (CV);
- Surat Pengantar dari Kampus;
- Copy Transkrip nilai hingga yang terbaru.
Dokumen-dokumen diatas sebaiknya juga disiapkan dalam bahasa inggris. Mungkin saja Perusahaan tertentu mensyaratkan dokumen lainnya selain dokumen diatas. Hal ini bisa dicari tahu dari alumni yang bekerja disitu atau senior yang pernah KP sebelumnya.

4. Cari informasi kemana anda harus mengirimkan proposal dan dokumen KP anda, tanyakan siapa contact person-nya.
HINT: Human Resources Department tidak hanya terdiri dari 1 bagian dan hanya mengurusi soal KP. Dengan informasi yang tepat, anda tidak akan kehilangan waktu karena salah alamat pengiriman dokumen KP.
5. Kirim dokumen anda ke departemen yang mengurusi tentang Kerja Praktek. Bila anda sudah punya kontak dengan calon mentor/ alumni anda, bisa juga dikirimkan soft file-nya ke ybs, siapa tahu beliau berkenan membantu menindaklanjuti dari dalam.

6. Menindaklanjuti pengajuan KP anda ke contact person yang menangani soal KP.
TIPS: menindaklanjuti tidak sama dengan “meneror” orang ybs atau pun calon mentor/ alumni anda. Berikan waktu juga untuk prosesnya.

7. Keputusan akhir untuk diterima/ tidaknya untuk KP biasanya ditentukan oleh departemen yang menangani KP. Mereka mungkin punya faktor-faktor lain yang jadi pertimbangan untuk menerima anda (misal: kuota/ alokasi, budget , dll). Calon mentor atau alumni anda bukan pihak yang bisa member keputusan akhir (kecuali beliau memang punya otoritas untuk itu).
 
8. Proposal KP setidaknya sudah diajukan ke perusahaan sekitar 6 bulan sebelum masa KP yang diinginkan. Kalau sebelum 6 bulan, bisa jadi kebutuhan untuk mahasiswa KP belum terlihat atau HR masih mengurusi mahasiswa KP periode sebelumnya. Kalau terlalu mepet, bisa jadi anda keduluan mahasiswa yang lain.


C. SAAT PROSES KERJA PRAKTEK
1. KP sebaiknya dianggap sebagai simulasi kerja sebenarnya dan tidak hanya sekedar memenuhi persyaratan mata kuliah dan mendapatkan nilai. TIPS: set mind anda tentang KP akan tercermin dalam attitude anda selama KP.

2. Ikuti semua peraturan di perusahaan tersebut dengan baik (misal: datang tepat waktu, menjaga kerahasiaan data perusahaan, dll.)

3. Topik/ subyek KP anda bisa berkontribusi terhadap Perusahaan, karena terkadang diambil dari permasalahan atau optimisasi yang ingin dilakukan Perusahaan ybs.

4. Belajarlah sebanyak mungkin selama anda KP karena itu kesempatan anda untuk mengetahui industri yang mungkin anda akan masuki setelah lulus kuliah nanti.
TIPS: relakan weekend anda selama KP jika itu harus/ bisa ditukar dengan pergi ke site (lokasi produksi) atau masuk kantor untuk mengerjakan tugas (misal: mencari literatur atau mengerjakan simulasi).

5. Proaktif dan jangan menunggu instruksi, banyak bertanya, banyak bergaul, miliki tata krama yang baik.

6. Bangun networking sebanyak mungkin.

7. Berikan potensi dan kemampuan terbaik dari anda, sehingga anda bisa meninggalkan kredibilitas dan nama baik (termasuk nama baik kampus anda) saat usai masa KP.
HINT: kredibilitas dan nama baik akan membantu anda bila mungkin ingin melamar ke perusahaan tersebut dan tetap membuka kesempatan bagi adik-adik kelas anda untuk bisa KP di tahun-tahun berikutnya.

D. SETELAH KERJA PRAKTEK

1. Buat laporan KP yang baik dan tinggalkan arsip untuk Perusahaan dan kampus anda.

2. Cantumkan informasi umum tentang KP anda, misalnya: contact person alumni atau departemen yang menangani KP di perusahaan tersebut.

3. Bila mentor anda tidak keberatan, anda bisa mencantumkan juga kontak beliau.

4. Tetap menjaga silaturahmi dengan mentor dan orang-orang lain yang anda kenal selama KP.
HINT: dunia MIGAS itu kecil, jadi nama baik dan integritas anda akan selalu menyertai masa depan anda.

5. Adakan forum knowledge sharing di kampus (minimal dengan teman 1 angkatan). Saling bertukar wawasan dan pengetahuan yang didapat selama KP, sehingga anda juga bisa belajar dari teman yang lain. Sekali lagi, pengetahuan itu tidak ada batasnya.
 
E. TIPS MEMILIH TEMPAT KP
 
1. Cari informasi sebanyak-banyaknya. Ada puluhan perusahaan MIGAS di Indonesia.
 
2. Jangan melihat atau membanding-bandingkan fasilitas yang diberikan oleh Perusahaan selama anda KP sebagai pertimbangan utama. Jadikanlah motivasi untuk menggali pengetahuan dan belajar hal baru sebagai yang utama. Kalau pun ada pengeluaran yang harus anda tanggung sendiri, anggap saja itu investasi buat masa depan anda. Lagi pula hari gini no free meals...
 
3. Jangan takut keluar dari "tempurung" anda. Kalau anda harus KP di Sumatera, Kalimantan bahkan Papua (misal di LNG Tangguh), so be it. Percayalah itu akan menjadi pengalaman hidup yang membedakan anda dari yang lain. Industri MIGAS tidak hanya sepetak Pulau Jawa, justru saat ini dan dimasa mendatang Industri MIGAS Indonesia berada di wilayah-wilayah diluar Pulau Jawa terutama wilayah Timur Indonesia. 

 
Jakarta, 28 Juni 2012 - jwitono@gmail.com

Comments

  1. terimakasih atas info dan berita yang amat bermanfaat ini,
    terus terang saya sangat berminat sekali untuk dapat KP di perusahaan migas,sya juga sudah mendaftar di milis Migas indonesia,tapi sampai saat ini masih belum diapprove.
    mohon bantuan dan infonya pak

    ReplyDelete
  2. izin untuk shared posting kaka boleh ga ka :) ?

    ReplyDelete
  3. Mau tanya...boleh minta saran apa lebih baik kp di perusahaan migas dalam negri atau multinational ya? Thx

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

Apa itu HSE ?

HSE adalah singkatan dari Health, Safety, Environment. HSE merupakan salah satu bagian dari manajemen sebuah perusahaan. Ada manejemen keuangan, manajemen sdm, dan juga ada Manajemen HSE. Di perusahaan, manajemen HSE biasanya dipimpin oleh seorang manajer HSE, yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan seluruh program HSE. Program  HSE disesuaikan dengan tingkat resiko dari masing-masing bidang pekerjaan. Misal HSE Konstruksi akan beda dengan HSE Pertambangan dan akan beda pula dengan HSE Migas . Pembahasan - Administrator Migas Bermula dari pertanyaan Sdr. Andri Jaswin (non-member) kepada Administrator Milis mengenai HSE. Saya jawab secara singkat kemudian di-cc-kan ke Moderator KBK HSE dan QMS untuk penjelasan yang lebih detail. Karena yang menjawab via japri adalah Moderator KBK, maka tentu sayang kalau dilewatkan oleh anggota milis semuanya. Untuk itu saya forward ke Milis Migas Indonesia. Selain itu, keanggotaan Sdr. Andry telah saya setujui sehingga disk

Penggunaan Hydrostatic Test & Pneumatic Test

Pneumatic test dengan udara (compressed air) bukan jaminan bahwa setelah test nggak ada uap air di internal pipa, kecuali dipasang air dryer dulu sebelum compressed air dipake untuk ngetest.. Supaya hasilnya lebih "kering", kami lebih memilih menggunakan N2 untuk pneumatic test.. Tanya - Cak Ipin  Yth rekan-rekan milis Saat ini saya bekerja di power plant project, ditempat saya bekerja ada kasus tentang pemilihan pressure test yang akan digunakan pada pipa Instrument, Pihak kontraktor hanya melakukan hydrostatic test sedangkan fluida yg akan digunakan saat beroperasi adalah udara dimana udara tersebut harus kering atau tidak boleh terkontaminasi dengan air, pertanyaan saya : 1. Apakah boleh dilakukan hydrostatic test pada Instrument air pipe?? 2. Jika memang pneumatic test berbahaya, berapa batasan pressure untuk pneumatic test yg diijinkan?? Mohon pencerahan dari para senior, terima kasih. Tanggapan 1 - Apriadi Bunga Cak Ipin, Sepanjang yang saya tahu, pneum