Skip to main content

HDD (Horizontal Directional Drilling)


Secara umum HDD digunakan untuk mengatasi hambatan-hambatan seperti jalan, sungai dalam instalasi utilitas antara lain kabel listrik tegangan tinggi atau menengah, fiber optic maupun pipa gas.

Tanya - Febrian Surya Perkasa

Saya mau mengajukan suatu diskusi mengenai suatu terobosan teknologi perihal HDD (Horizontal Directional Drilling).

Apakah teman teman dari Migas online ada yang pernah melaksanakan project HDD di field kerja dari rekan rekan ? Karena saya kebetulan ada rencana untuk melakukan pekerjaan HDD dan saya sangat berterima kasih jika teman teman ada yang mau sharing mengenai project HDD.

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih sebelumnya.


Tanggapan 1 - Rahmat Rejeki

Pak Febrian

Yang mau disharing apanya pak febri.


Tanggapan 2 - Febrian Surya Perkasa

Pak Rahmat, saya membutuhkan informasi kontraktor yang sudah berpengalaman dalam hal HDD .

Jika ada referensi mengenai hak itu, bisa dibantu untk menginformasikan kepada saya pak (via japri).

Terima kasih sebelumnya.


Tanggapan 3 - Dirman Artib

Ini HDD untuk apa dulu ya?

 

Kalau saya sih cuma bisa kasih info untuk HDD on-shore pipe yg akan menyeberang jalan raya atau fasilitas infrastructure & civil lainnya (taman, sungai/wadi, bangunan).

  
Tanggapan 4 - Jerry Saputra

Boleh juga di share pak kl ada hdd untuk road crossing, terima kasih pak


Tanggapan 5 - Andi Yan Febrika

Pak Febrian,

Coba contact NACAP pak, dl di perusahaan sy yg lama kami pakai NACAP utk pekerjaan HDD di Tangguh


Tanggapan 6 - Dirman Artib

AFAQ AL MUSANA TRADING LLC

P. O. Box 789, Wadi Kabir

Postal Code 117

Sultanate of Oman

www.afaqoman.org

Tel:  +968 244 84601/244 84609

Fax: +968 244 84603

GSM: +968 94288141

Contact Person :

Mr.Rhodora

AMT Drilling Division


Tanggapan 7 -

Yang lokal indonesia gak ada pak?

He..he..
Tanggapan 8 - Putera Ardian

Mas Febri,

Banyak sekali alasan kenapa harus dilakukan horizontal directional drilling, dan yang paling penting adalah untuk meningkatkan produksi, karena dengan  sumur yang horizontal maka reservoir yang ter"expose" juga lebih banyak. Belum lagi jika reservoir tersebut memiliki vertical permeability yang lebih bagus.

Untuk kontraktor HDD sendiri,umumnya semua directional drilling company menyediakan service ini, seperti baker inteq, halliburton sperry, schumberger anadrill, weatherford, cougar, parama dll.

 

Biasanya HDD akan di barengi dengan geosteering service, yang tugasnya memastikan sumur tersebut landing pada spot yang tepat sebelum lanjut ke lateral section di reservoir dari Real time geological data ( dari LWD ), biasanya berpatokan pada marker-marker lithology, dan nanti pada lateral section geosteering juga berfungsi untuk memastikan borehole tetap di dalam reservoir atau tidak terlalu dekat dengan water contact.

Ada banyak pertimbangan sebelum memulai HDD, misalnya cutting removal, mud properties dan hydraulic untuk memastikan hole cleaning yang baik,belum lagi drilling equipment yang lain.

Selain di dunia migas, yg paling banyak di lakukan directional drilling company adalah aplikasi river crossing. Semoga membantu.


Tanggapan 9 - Febrianta

Mas Febri dan mas Jerry,

Seperti yang telah disebutkan Uda D'Art, Secara umum HDD digunakan untuk mengatasi hambatan-hambatan seperti jalan, sungai dalam instalasi utilitas antara lain kabel listrik tegangan tinggi atau menengah, fiber optic maupun pipa gas.

Seperti Rig untuk pengeboran, kemampuan dari Rig HDD juga bervariasi, tergantung dari jarak dan besar pipa/casing yang akan dipasangkan, sehingga perlu diketahui tentang apa yang akan dipasang. Secara umum, HDD di Indonesia banyak menggunakan pipa / selubung dari HDPE namun dibeberapa proyek ada yang menggunakan Pipa besi dan rentan antara satu pit dengan pit yang lain adalah 150-250 meter.

Faktor lain yang mempengaruhi pekerjaan HDD, adalah kondisi dari tanah (Subsurface) dimana akan melintas pipa selubung tersebut. Walaupun tidak komplek seperti di pemboran minyak dan gas, namun kondisi subsurface sampai kedalaman di selubung akan di pasang. Tidak semua jenis tanah dapat dikerjakan dengan HDD.

Demikian sekilas hal yang dapat saya sampaikan berdasarkan pengalaman mengerjakan HDD di Thamrin beberapa tahun yang lalu.


Tanggapan 10 - Muhammad Ade Irfan

Ini HDD utk crossing pipeline yg di onshore atau offshore ? Itu banyak sekali, bahkan perusahaan dalam negeri saja sudah ada.


Tanggapan 11 - Andi Yan Febrika

Pak Febrian,

Coba contact NACAP pak, dl di perusahaan sy yg lama kami pakai NACAP utk pekerjaan HDD di Tangguh


Tanggapan 12 - Budi

Hi Pak Febri,

Teknologi HDD sudah sangat lama dan sudah banyak sekali diterapkan. Banyak sumur yang di bor lebih dari 10km horizontal.

Bapak bisa kontak dengan Directional Drilling service company dan mereka akan sangat senang membicarakan ini.


Tanggapan 13 - Muhammad Walfajri

Salam pak Febrian,

Horizontal drilling di East Borneo khususnya Kutai Basin sangat challenging, baik dr sisi Geology maupun Drilling. Ketebalan reservoir target, Landing Point dan marker sebelum entry point sangat penting. Dari sisi operation geology, real time monitoring sangat vital. Tool apa yg dipakai utk horizontal drain jg sgt menentukan bgm spy kita tdk keluar dr zone target.

  

Sedikit sharing mengenai pengalaman kami ketika bekerja di Total Indonesie. Pd thn 2006-2007, ada bbrp horizontal well di Tambora field, marker sebelum entry point adalah coal layer, utk di horizontal sectionnya memakai Near bit GR azimuthal tool. Boleh tahu apa terobosan teknologi HDD yg mau dipakai di project anda?

Sedangkan pengalaman kami dewasa ini di Abu Dhabi, adakalanya Drilling Team dengan 'terpaksa' meng-approve permintaan Operation Geology Team utk memakai tool dgn radioactive source pada horizontal drain. Rekor horizontal drain disini adalah ~ 12,000 feet. Monitoring dilakukan memakai RTOC (Real Time Operating Center).

  

Comments

  1. Pak Febri,

    Kalau untuk penyedia HDD untuk Crossing saja dan lokal kontraktor Indonesia coba ke Ardhinusa Mitratel, dan kalau kami sendiri penyedia crossing dengan Tunnel/Microtunnel Boring Machine di Jakarta (www.ptdtsb.com).

    ReplyDelete
  2. Kebetulan saya sendiri sebagai operator sekaligus driller mesin HDD yg bermerek VERMEER D33X44 dengan panjang drill rod 3,05Mtr. Juga penujang perlengkapan navigasinya/locatornya menggunakan merek Digitrek F2 dan F5. Saya menjalanjan pekerjaan ini dari tahun 2009 bulan Oktober. Pengalman yg saya dapat cukup berkarateristik menurut job location.
    Terkadang saya ingin bekerja di Indonesia hanya saja saya terkendala informasi. Saya bekerja di salah satu perusahaan yg bergerak dibidang perlistrikan di Brunei.
    Bagi yang ingin mengetahui profile saya selanjutnya ketik saja Oong HDD Driller di halaman Facebook saya. Terima kasih. Atau email di navan121109@gmail.com
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Pak Febri

    Silahkan kontak via email ke kami. heriyanto@ardhinusa.com atau di heriyanto@tune.co.id

    Salam,

    Hery

    ReplyDelete
  4. pak Febri

    Untuk masalah HDD bisa email ke kami : indhotama_persada@yahoo.com

    salam

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

[Lowongan Kerja] QA System Coordinator, Pipe Yard Coordinator, Customer Assistant Coordinator

With over 30 years' experience, Air Energi are the premier supplier of trusted expertise to the oil and gas industry. Headquartered in Manchester UK, Air Energi has regional hubs in Houston, Doha, Singapore and Brisbane. We have offices in 35 locations worldwide, experience of supply for 50 countries worldwide, and through our company values: Safe, knowledgeable, innovative, passionate, inclusive, and pragmatism, WE DELIVER, each and every time. At the moment we are supporting a multinational OCTG processing operation in seeking of below positions: 1.       QA System Coordinator Coordinates Quality System development in plant, directing the implementation of specifications and quality norms. Administers complaints regarding non-conformities and provides quality process information in support of decision making. Develops the necessary procedures, instructions and specifications to ensure Quality System conformity. Coordinates and organizes the execution of interna

Efek korosi dari pembakaran NH3 + H2S di Furnace

Complete combustion H2S membutuhkan temperatur antara 625 s/d 1650 degC tergantung komposisi acid gas.  Namun, temperatur minimum untuk efektivitas operasi adalah 925 degC.  Dibawah temperatur ini biasanya  stabilitas flame tidak bagus dan sering muncul free O2 di flue gas.  Untuk kasus Pak Novriandi, free O2 di flue gas harusnya gak masalah karena akan langsung terbuang melalui stack (berbeda jika kondisi ini terjadi di unit pengolah acid gas yang akan menyebabkan korosi di waste heat boiler); namun, dengan temperatur furnace yang Pak Novriandi punya sebesar 843 degC, kemungkinan akan menyebabkan flame menjadi tidak stabil. Tanya - Novriandi   Ysh, Bpk & Rekan Migas Indonesia Kami memiliki equipment furnace dengan servicenya adalah pemanas process, Furnace tersebuttipe vertical tube multi coil dengan material tube inlet A335 P9 dan tube oult A312 TP316. dengan fuel sesuai design adalah kombinasi fuel oil dan fuel gas. Pada kasus tertentu di salah satu unit untuk mengolah dan