Skip to main content

Mechanical Anti Fouling (MAF) di Heat Exchanger

Mechanical fouling pada heat exchangers tergantung dari media yang diprosesnya.
biasanya jika tidak salah strainer bisa mencegah fauling pada heat exchngers.
fouling sendiri biasanya disebakan adanya  partikel partikel yang terdapat di liquid tersebut , seperti serat dll, yang ukurannya memungkin bisa buat Buntu HE nya dan terjadi Scaling yang dapat mengurangi Heat Trnsper area.
pada heat exchanger type plate, fouling ini  bisa diatasi dengan design khusus yaitu melebarkan gap atau jarak dari satu plate ke plate agar partikel bisa lewat, untuk yg type tubular mungkin lebih lancar,,?. saya belum ngerti untuk type ini
 

Tanya - ari diana  / Susan

Saya baru saja mulai bekerja di oil n gas company. background saya  tadinya di industri semen (tdk nyambung sama sekali). jadi benar-benar  berbekal pengetahuan ketika kuliah dulu.

ternyata yang namanya mechanical anti fouling sedikit dibahas. saat ini  saya baru belajar teori dengan search engine saja (aunty wikipedia ama  uncle google).

sudi kiranya, komunitas migas berbagi pengalaman mengenai bidang ini.  tentunya pengalaman lapangan akan sangat berharga dan berguna. terima kasih sebelumnya saya ucapkan.


Tanggapan 1 - fuad mubaraq



Ibu Susan.
Jika boleh tahu HE nya untuk type apa,,?

Mechanical fouling pada heat exchangers tergantung dari media yang diprosesnya.
biasanya jika tidak salah strainer bisa mencegah fauling pada heat exchngers.
fouling sendiri biasanya disebakan adanya  partikel partikel yang terdapat di liquid tersebut , seperti serat dll, yang ukurannya memungkin bisa buat Buntu HE nya dan terjadi Scaling yang dapat mengurangi Heat Trnsper area.
pada heat exchanger type plate, fouling ini  bisa diatasi dengan design khusus yaitu melebarkan gap atau jarak dari satu plate ke plate agar partikel bisa lewat, untuk yg type tubular mungkin lebih lancar,,?. saya belum ngerti untuk type ini

Memang tidak banyak literatur tentang fauling factor ini, tapi setiap vendor HE berbeda dalam menghitung dan menganalisa media yang dilewatkan di HE, karena fouling ini merupakan faltor penting dalam design design HE untuk aplikasi waste water atau air limbah serta aplikasi khusus lainnya, tapi jika untuk aplikasi umum, seperti clean water , fouling ini tidak terlalu berpengaruh.

Maaf jika ada yang salah.


Tanggapan 2 - ari diana


HE nya adalah shell and tube. kebanyakan di indonesia memakai MAF / tube inserter dari turbotal dan spirelf.
saya perlu informasi penggunaan di lapangan dari tube inserter ini. juga mengenai kondisi operasi dan kondisi khusus yang harus diwaspadai dalam penggunaannya.
secara teoritis, insyaallah bisa saya peroleh. tetapi kalauu berdasar pengalaman user, saya belum mendapat informasi. oleh karena itu saya coba melalui forum ini.

ok. thank sebelumnya. saya tetap berharap mendapat informasi dari forum ini.

Comments

  1. HE biasa digunakan sebagai pendingin atau ekonomizer dimana media pendingin nya air yg sudah di treatment di WTP.. proses treatmen air yang salah dapat menyebabkan fouling pada HE..
    Jika proses treatment make up water utk pandingin nya baik kecil kemungkinan terjadi fouling
    penyebab fouling:
    1.Fouling dapat disebabkan karena material padat yg masih terdapat pada media air pendingin(makeup water)seperti debu,butiran pasir,lumpur,kandungan besi dll..
    2.Fouling jga bisa terjadi akibat udara pendingin yg terkontaminasi dgn bebu(kemungkinan seputaran cooling tower berdebu) sehingga media air pendingin yg dipompakan ke HE terkontaminasi dgn debu,, ini biasa terjadi pada Open Resirkulating Cooling water..
    3.fouling jga dapat terjadi karen pertumbuhan mikroorganisme yg menumpuk sehinnga terjadi penyempitan pada HE

    fouling mudah terjadi pada HE type plat karena gap antara plat yg terlalu dekat.. utk type shell and tube terjadi dalam waktu yg cukup lama karena selongsong tubing/pipa yg digunakan cukup besar.

    efect fouling :
    1.Efisiensi plant Menurun karena hrs sering cleaning HE
    2.Produktivitas plant menurun
    3.Rencana produksi tertunda
    4.Biaya maintaneance bertambah
    5.Biaya equipment utk perbaikan atau replace bertambah

    maaf kalau ada yg salah...Diatei Tupa

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

[Lowongan Kerja] QA System Coordinator, Pipe Yard Coordinator, Customer Assistant Coordinator

With over 30 years' experience, Air Energi are the premier supplier of trusted expertise to the oil and gas industry. Headquartered in Manchester UK, Air Energi has regional hubs in Houston, Doha, Singapore and Brisbane. We have offices in 35 locations worldwide, experience of supply for 50 countries worldwide, and through our company values: Safe, knowledgeable, innovative, passionate, inclusive, and pragmatism, WE DELIVER, each and every time. At the moment we are supporting a multinational OCTG processing operation in seeking of below positions: 1.       QA System Coordinator Coordinates Quality System development in plant, directing the implementation of specifications and quality norms. Administers complaints regarding non-conformities and provides quality process information in support of decision making. Develops the necessary procedures, instructions and specifications to ensure Quality System conformity. Coordinates and organizes the execution of interna

Efek korosi dari pembakaran NH3 + H2S di Furnace

Complete combustion H2S membutuhkan temperatur antara 625 s/d 1650 degC tergantung komposisi acid gas.  Namun, temperatur minimum untuk efektivitas operasi adalah 925 degC.  Dibawah temperatur ini biasanya  stabilitas flame tidak bagus dan sering muncul free O2 di flue gas.  Untuk kasus Pak Novriandi, free O2 di flue gas harusnya gak masalah karena akan langsung terbuang melalui stack (berbeda jika kondisi ini terjadi di unit pengolah acid gas yang akan menyebabkan korosi di waste heat boiler); namun, dengan temperatur furnace yang Pak Novriandi punya sebesar 843 degC, kemungkinan akan menyebabkan flame menjadi tidak stabil. Tanya - Novriandi   Ysh, Bpk & Rekan Migas Indonesia Kami memiliki equipment furnace dengan servicenya adalah pemanas process, Furnace tersebuttipe vertical tube multi coil dengan material tube inlet A335 P9 dan tube oult A312 TP316. dengan fuel sesuai design adalah kombinasi fuel oil dan fuel gas. Pada kasus tertentu di salah satu unit untuk mengolah dan