Skip to main content

Lowongan untuk Jazan Project (Saudi Aramco)

Saya pernah menulis di Milis kita ini beberapa waktu lalu tentang kemungkinan adanya lowongan untuk satu proyek besar yang akan diluncurkan oleh Saudi Aramco/Aramco Overseas Company (AOC) yaitu Jazan Project. Pada saat itu, tahapan proyek ini masih dalam bidding (klarifikasi dan negosiasi). Dan baru baru ini sudah diumumkan para EPC kontraktor yang berkesempatan terlibat dalam proyek ini.
Lowongan dibawah ini bukan untuk bekerja di EPC kontraktor tetapi berada dalam jajaran staf PMT (Project Managemen Team) Aramco Overseas Company/Client side.
Kriteria dasar yang diinginkan adalah:
- Berpengalaman dibidangnya minimum 10 tahun. Terutama mengerti filosofi desain (FEED, DED) dan penerapannya (konstruksi).
- Mutlak harus bisa berbahasa Inggris (lisan dan tulisan).
- Siap bekerja di luar negeri (mental dan fisik).
- Berpengalaman luas dan beragam diproyek LNG dan atau Petrokimia/Refinery. Serta menjadi nilai tambah jika pernah terlibat dalam proyek Saudi Aramco/AOC.
 
Tentang renumerasi. Bercermin apa yang saya peroleh selama bekerja hampir 4 tahun di AOC (3 proyek Petrokimia/Refinery berturut-turut) hingga saat ini, saya bisa katakan bahwa gaji dan benefit yang diberikan sangatlah layak.
Secara detail, apa yang akan diperoleh akan diketahui setelah kandidat lolos dalam screening awal. Tetapi secara garis besar, dapat saya gambarkan dibawah ini:
- Gaji dasar (basic salary): sekitar USD 80 - 125 per jam. 1 hari = 8 jam kerja, 1 bulan = 20 - 23 hari kerja. Tinggal hitung saja berapa per bulan yang bakal didapat.
- Tunjangan Hidup (Allowance): USD 4000 - 5700 per bulan.
- Tiket pesawat ditanggung. Kelas ekonomi untuk penerbangan dalam benua, kelas bisnis untuk anta benua atau jika penerbangan melebihi 8 jam.
- Dan berbagai macam tunjangan lainnya.
 
Untuk saat ini, saya dimintai tolong untuk mencarikan kandidat bagi jabatan:
 
a. Civil/Structure Engineer sebanyak 4 orang, yaitu untuk paket pekerjaan:
 
1. CDU & VDU Piperack berkedudukan di Seoul - Korea
2. Hydrocracker & Diesel Hydrotreater berkedudukan di Madrid - Spanyol (Spain) --------------> Mantab ini lokasinya, gampang menjelajah negara-negara Eropa untuk berdarma wisata di akhir pekan :)
3. Common Utilities & IRIS berkedudukan di Tokyo - Japan
4. Terminal & Sulphur Handling berkedudukan di Seoul - Korea
 
Selanjutnya, akan ada kebutuhan lagi untuk:
a. Planner/Scheduler.
b. QA/QC Engineer (dan Welding Engineer).
c. Rotating Equipment Specialist.
d. Electrical Engineer
 
Kriteria dasarnya sama dengan posisi Civil/Structure Engineer.
 
Untuk posisi diatas, saya belum tahu detailnya tetapi saya sudah diminta untuk mencarikan juga.
 
Jika ada rekan-rekan Migas yang berminat, silahkan mengirim CV kepada saya dalam bentuk MS Word, tanpa attachment. Jika ada yang ingin dipertanyakan lebih lanjut, saya persilahkan.
 
 
Salam,
 
 
Thomas Yanuar P
Rabigh II PED
Seoul - Korea
<thomas.x.yanuar@gmail.com>

Comments

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

[Lowongan Kerja] QA System Coordinator, Pipe Yard Coordinator, Customer Assistant Coordinator

With over 30 years' experience, Air Energi are the premier supplier of trusted expertise to the oil and gas industry. Headquartered in Manchester UK, Air Energi has regional hubs in Houston, Doha, Singapore and Brisbane. We have offices in 35 locations worldwide, experience of supply for 50 countries worldwide, and through our company values: Safe, knowledgeable, innovative, passionate, inclusive, and pragmatism, WE DELIVER, each and every time. At the moment we are supporting a multinational OCTG processing operation in seeking of below positions: 1.       QA System Coordinator Coordinates Quality System development in plant, directing the implementation of specifications and quality norms. Administers complaints regarding non-conformities and provides quality process information in support of decision making. Develops the necessary procedures, instructions and specifications to ensure Quality System conformity. Coordinates and organizes the execution of interna

API 6D atau API 598

Kalau berbicara standard: maka yang dipakai untuk inspeksi dan pengetesan VALVE adalah API STD 598 dan ANSI/ASME B16.34. Makanya jika kita nanti membuka perihal pengetesan (valve testing) di API STD 598, disana akan akan note bahwa besaran pressure test-nya mengacu ke ANSI/ASME B16.34. Perlu diketahui bahwa API 6D adalah specification for Pipeline Valve. Makanya disebut API SPEC 6D. API ini khusus menjelaskan spesifikasi untuk katup yang digunakan pada Pipeline. Tanya - Zachari Alamsyah Dear para miliser  migas sekalian..Bapak2 saudara-saudari sekalian Saya ingin menanyakan untuk pengetesan katup (Valve), seperti butterfly, globe, needle, ball, gate valve standar apa yang harus digunakan. setelah saya melakukan pencarian terdapat 2 standar yati API 6D (pipeline Valves) atau API 598 (Valves testing). Standar mana yang jadi acuan untuk pengetesan tersebut? Demikian pertanyaan saya. Terima Kasih Tanggapan - Sabar Simatupang Dear pak Alamsyah dan rekan-rekan Migas, Kalau