Skip to main content

Design Belt Conveyor System

Prinsipnya belt conveyor dipakai untuk memindah material baik satuan atau bulk curah,  dengan putaran dari motor sebagai pengerak utama yang terhubung dengan drum atau dulu saya sebut Pulley, pulley inilah yang yang diselubungi.. oleh belt yang lebarnya sama dengan pully tersebut dan panjangnya belt menyesuaikan dengan kebutuhan atau kapasitas angkut serta jarak angkut material tersebut.
Jika motor dijalankan maka pulley akan ikut berputar seiring motor hingga belt yang menyelubungi ikut bergerak tertarik kearah putaran drum atau pully tersebut.
Motor head atau tail,: motor head adalah pengerak utama, sedangkan tail biasanya paling ujung atau ekor dari unit Belt conveyor dimana material di pindahkan tampa penngerak.
Roller: adalah bagain dari belt conveyour yang berpungsi untuk mensupport belt yang berjalan, tidak memakai pengerak, bergerak hanya karena gesekan belt yang berjalan diatasnya.  Roller ini disupport oleh rangka dari struktur belt conveyor secara umum.Roller ini menopaang beban belt yang membawa material diatasnya.

Tanya - Riyan Dermawan


Mohon bantuannya mengenai Design dan Prinsip kerja dari belt Conveyor, terutama mengenai belt conveyor, Roller, Belt weighter,  motor (head & Tail) & VSDnya.

Terima kasih atas penjelasannya.


Tanggapan 1- Endri Prasetyo


Pak Riyan,

Bapak bisa baca salah satu literatur/standar yaitu Belt Conveyors for Bulk Materials, by CEMA (Conveyor Equipment Manufacturer Association).
Semoga membantu.

Tanggapan 2 - ebahagia ebahagia


Sebagai alternative coba di lihat link berikut ini
http://www.martin-eng.com/webfm_send/691


Tanggapan 3 - fuad mubaraq

Pak Riyan.
Betul kata Pak endri, buku itu bagus sekali untuk mengetahui lebih banyak tentang belt conveyor.
kebetulan saya punya buku tersebut, walaupun hasil copy sewaktu kuliah dulu. he he
kebetulan saya memang ambil Tugas akhir dan kerja praktek tentang pesawat pengangkat dan pengangkut waktu kuliah dulu, jika bapak berminat kontak sya via japri saja.
dahulu prancangan belt conveyor saya untuk aplikasi transport handling batubara di Trahan port PT. Bukit asam Lampung,

Prinsipnya sih belt conveyor dipakai untuk memindah material baik satuan atau bulk curah,
dengan putaran dari motor sebagai pengerak utama yang terhubung dengan drum atau dulu saya sebut Pulley, pulley inilah yang yang diselubungi.. oleh belt yang lebarnya sama dengan pully tersebut. dan panjangnya belt menyesuai dengan kebutuhan atau kapasitas angkut serta jarak angkut material tersebut.
Jika motor dijalankan maka pulley akan ikut berputar seiring motor hingga belt yang menyelubungii ikut bergerak tertarik kearah putaran drum atau pully tersebut.
Motor head atau tail,: motor head adalah pengerak utama, sedangkan tail biasanya paling ujung atau ekor dari unit Belt conveyor dimana material di pindahkan tampa penngerak.
Roller: adalah bagain dari belt conveyour yang berpungsi untuk mensupport belt yang berjalan, tidak memakai pengerak, bergera hanya karena gesekan belt yang berjalan diatasnya.  roller ini disupport oleh rangka dari struktur belt conveyor secara umum.
roller ini menopaang beban belt yang membawa material diatasnya.
demikian, masih banyak sebenarnya,, komponenen dari belt conveyor ini, ada belt scale, counterwight, materail belt, dll
silahkan baca bukunya,,dan tambahkan atau koreksi jika saya salah


Tanggapan 4 - Dadan Hadiansyah

Mailing List Migas IndonesiaPak Riyan,

Sebagai alternatif lain buku tentang Belt Conveyor yang berbahasa Indonesia :

"Perancangan, Pemasangan & Perawatan Konveyor Sabuk dan Peralatan Peralatan Pendukung"

Karangan : Bapak Juanda Toha


Tanggapan 5 - Endri Prasetyo


Nah yang dibilang Pak Dadan mungkin sekarang adalah salah satu master belt conveyor di Indonesia.


Tanggapan 6 - hadi muttaqien

Dear pak Dadan,

Buku yang anda maksud bisa dibei dimana ya? saya belum pernah melihatnya di toko buku di Jakarta. Atau bisa beli secara on-line via internate gak?


Tanggapan 7 - Dadan Hadiansyah

Mailing List Migas IndonesiaDear pak Hadi,
Buku itu di terbitkan oleh : PT. Junto Engineering pada juli 2002,

saya tidak tahu pasti buku itu di cetak ulang atau tidak. Saya baca buku tersebut di perpustakaan perusahaan tempat saya bekerja. Saya pernah lihat buku itu di Gramedia, Jalan Merdeka, Bandung, di depan BIP. Coba saja bapak ke Gramedia.
kalau kebetulan saya ketemu dengan Pak Juanda, nanti saya coba tanyakan ke beliau.


Tanggapan 8 - hadi muttaqien

Pak Dadan, Ok thanks, infonya.

didit triadi didit.triadi@yahoo.com

Beberapa tahun lalu pernah ada di gramedia bandung, tapi sekarang saudah tidak ada, kalo mau cari di palasari bandung pasti ada.

Comments

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

[Lowongan Kerja] QA System Coordinator, Pipe Yard Coordinator, Customer Assistant Coordinator

With over 30 years' experience, Air Energi are the premier supplier of trusted expertise to the oil and gas industry. Headquartered in Manchester UK, Air Energi has regional hubs in Houston, Doha, Singapore and Brisbane. We have offices in 35 locations worldwide, experience of supply for 50 countries worldwide, and through our company values: Safe, knowledgeable, innovative, passionate, inclusive, and pragmatism, WE DELIVER, each and every time. At the moment we are supporting a multinational OCTG processing operation in seeking of below positions: 1.       QA System Coordinator Coordinates Quality System development in plant, directing the implementation of specifications and quality norms. Administers complaints regarding non-conformities and provides quality process information in support of decision making. Develops the necessary procedures, instructions and specifications to ensure Quality System conformity. Coordinates and organizes the execution of interna

API 6D atau API 598

Kalau berbicara standard: maka yang dipakai untuk inspeksi dan pengetesan VALVE adalah API STD 598 dan ANSI/ASME B16.34. Makanya jika kita nanti membuka perihal pengetesan (valve testing) di API STD 598, disana akan akan note bahwa besaran pressure test-nya mengacu ke ANSI/ASME B16.34. Perlu diketahui bahwa API 6D adalah specification for Pipeline Valve. Makanya disebut API SPEC 6D. API ini khusus menjelaskan spesifikasi untuk katup yang digunakan pada Pipeline. Tanya - Zachari Alamsyah Dear para miliser  migas sekalian..Bapak2 saudara-saudari sekalian Saya ingin menanyakan untuk pengetesan katup (Valve), seperti butterfly, globe, needle, ball, gate valve standar apa yang harus digunakan. setelah saya melakukan pencarian terdapat 2 standar yati API 6D (pipeline Valves) atau API 598 (Valves testing). Standar mana yang jadi acuan untuk pengetesan tersebut? Demikian pertanyaan saya. Terima Kasih Tanggapan - Sabar Simatupang Dear pak Alamsyah dan rekan-rekan Migas, Kalau