Skip to main content

Engineering dan Procurement

Anda akan mendapat pengalaman sesuai jurusan yang Anda ambil meskipun ditempatkan di Procurement. Kalau di Badak, Anda akan mendapat request pembelian barang dari user/pengguna barang, kadang spec-nya lengkap, kadang anda harus mendevelop sendiri spec yang sesuai dengan kebutuhan dan tersedia di pasar. Tersedia di pasar ini nanti banyak yang bisa dipelajari :)
Kemudian kalau memang masuk di job desc Anda, me-lead proses tendernya. Setelah ada pemenang, Anda akan memonitor delivery-nya. Dalam proses delivery, Anda yang harus mengatur proses2 seperti apakah perlu Factory Acceptance Test atau cukup Site Acceptance Test, memeriksa kesesuaian spec dsb. Dunia kerja yang sangat menarik!



Tanya - Desmon desmonpetrus


Perkenalkan, nama saya desmon, fresh graduate Electrical Power Hari jumat yang lalu saya interview di Tripatra, dan saya ditempatkan di bagian procurement yaitu pembelian barang.

Yang ingin saya tanyakan, apakah saya akan mendapatkan pembelajaran/pengalaman sesuai dengan jurusan elektro jika dibandingkan saya ditempatkan di bagian engineering ?
karena yang saya pikirkan, procurement adalah kegiatan untuk membandingkan barang, memilih yang sesuai, dan membeli barang. Sementara di bagian Engineering ialah melakukan rekayasa dari suatu plant.


Tanggapan 1 - Ardianto H


Satu kaki anda akan berada di operation dan satu kaki lagi berada di legal. Tugas anda menanalisa kebutuhan peralatan dan jasa yang diperlukan operation jadi ilmu engineering anda sangat diperlukan sekali. Setelah itu anda harus menuangkan dalam kontrak dan jasa bersama team anda terutama dalam hal legal. Setelah itu anda juga harus mengatur dan memimpin tender dengan vendor penyedia jasa dan peralatan. Disini anda bertugas menjawab semua pertanyaan vendor secara engineering. Anda nanti juga berhubungan dengan logistic untuk mengamati stock baran dan material apa yang harus anda beli segera.

Contoh gampangnya, operation pingin dibelikan alat untuk mencatat yang bisa dijinjing. Maka tugas anda menganalisa Ipad, Galaxy Note dll secara technical dari spec yg ada dan harga yang paling reasonable sesuai budget. Anda juga harus tahu cara kerjanya. Anda juga bersama sama dengan team legal membuat tender dan kontrak pengadaan yan bagus agar suplier barang tiruan china tidak bisa masuk.


Tanggapan 2 - Taufik M. R. Taufik@badaklng


Desmon,
ya, akan mendapat pengalaman sesuai jurusan yang Anda ambil meskipun ditempatkan di Procurement. Kalau di Badak, Anda akan mendapat request pembelian barang dari user/pengguna barang, kadang spec-nya lengkap, kadang anda harus mendevelop sendiri spec yang sesuai dengan kebutuhan dan tersedia di pasar. Tersedia di pasar ini nanti banyak yang bisa dipelajari :)
Kemudian kalau memang masuk di job desc Anda, me-lead proses tendernya. Setelah ada pemenang, Anda akan memonitor delivery-nya. Dalam proses delivery, Anda yang harus mengatur proses2 seperti apakah perlu Factory Acceptance Test atau cukup Site Acceptance Test, memeriksa kesesuaian spec dsb. Dunia kerja yang sangat menarik!


Tanggapan 3 - [ InYotHeA ] inyoclubs

Banyak yg dapat digali di procurement, seperti yg kak taufik jelaskan tadi........jadilah procurement yg smart, pelajari spesifikasi/rfq yg dikeluarkan oleh engineering team dan have discussion with them.....jangan hanya terima mentah".......maka anda akan banyak belajar.


Tanggapan 4 - Kuwat Riyanto

Desmon,
Betul sekali apa yg diungkapkan pak MUhammad Rahman Taufik (MRT) karena ilmu akan sangat bermanfaat bila anda ikhlas menjalani, percayalah itu posisi terbaik saat ini yg dipilihkan Tuhan untukmu dimasa sekarang dan masa depan. Pekerjaan saya sekarang jg tidak sama persis dengan background kuliah saya dulu.


Tanggapan 5 - Desmon desmonpetrus


Terima kasih buat sarannya, Milis ini sangat membantu.

Comments

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

[Lowongan Kerja] QA System Coordinator, Pipe Yard Coordinator, Customer Assistant Coordinator

With over 30 years' experience, Air Energi are the premier supplier of trusted expertise to the oil and gas industry. Headquartered in Manchester UK, Air Energi has regional hubs in Houston, Doha, Singapore and Brisbane. We have offices in 35 locations worldwide, experience of supply for 50 countries worldwide, and through our company values: Safe, knowledgeable, innovative, passionate, inclusive, and pragmatism, WE DELIVER, each and every time. At the moment we are supporting a multinational OCTG processing operation in seeking of below positions: 1.       QA System Coordinator Coordinates Quality System development in plant, directing the implementation of specifications and quality norms. Administers complaints regarding non-conformities and provides quality process information in support of decision making. Develops the necessary procedures, instructions and specifications to ensure Quality System conformity. Coordinates and organizes the execution of interna

Efek korosi dari pembakaran NH3 + H2S di Furnace

Complete combustion H2S membutuhkan temperatur antara 625 s/d 1650 degC tergantung komposisi acid gas.  Namun, temperatur minimum untuk efektivitas operasi adalah 925 degC.  Dibawah temperatur ini biasanya  stabilitas flame tidak bagus dan sering muncul free O2 di flue gas.  Untuk kasus Pak Novriandi, free O2 di flue gas harusnya gak masalah karena akan langsung terbuang melalui stack (berbeda jika kondisi ini terjadi di unit pengolah acid gas yang akan menyebabkan korosi di waste heat boiler); namun, dengan temperatur furnace yang Pak Novriandi punya sebesar 843 degC, kemungkinan akan menyebabkan flame menjadi tidak stabil. Tanya - Novriandi   Ysh, Bpk & Rekan Migas Indonesia Kami memiliki equipment furnace dengan servicenya adalah pemanas process, Furnace tersebuttipe vertical tube multi coil dengan material tube inlet A335 P9 dan tube oult A312 TP316. dengan fuel sesuai design adalah kombinasi fuel oil dan fuel gas. Pada kasus tertentu di salah satu unit untuk mengolah dan