Skip to main content

Aplikasi Primer Coat Sebelum Insulasi

Untuk internal cold insulation dimana condensed water kemungkinan ada, umumnya coating yang digunakan adalah epoxy surface tolerant.
  Ada coating manufacturer yg merekomendasikan 3 coat system dimana primer zinc silicate 60-70 micron, kemudian intermediate 150 micron dan topcoat 150 micron dengan epoxy surface tolerant.
  Tetapi ada juga yang merekomendasikan langsung dgn epoxy surface tolerant 300 micron.
  Surface preparation sebelum applikasi sebaiknya dgn blast cleaning min. Sa 2 1/2 bila di primer dgn zinc silicate.


Tanya - Yohanes Subono –EGD


Rekan - rekan Yth.,

Kalau saya cermati, pipa, tangki dan equipments instalasi baru maupun lama sebelum di insulation cukup di bersihkan saja. Tindakan pembersihan instalasi lama biasanya agak njlimet karena harus membersihkan bekas insulasi yang menempel dan karat, bisa dengan manual, chemical atau mechanical seperti sand blast atau high pressure water jet, sebelum dilakukan penggantian (insulation replacement). Kalau aplikasinya untuk storage tank tentu akan menambah waktu kerja dan biaya.

Apakah ada dari rekan - rekan yang punya pengalaman melakukan Primer Coat terhadap permukaan metal sebelum dilakukan insulation supaya memudahkan dan mempercepat cleaning preparation dan mungkin untuk menambah life time insulasi (terutama untuk aplikasi injection insulation pada temperature minus).

Mohon pencerahannya.
Terima kasih


Tanggapan 1 - Ifan, Rifandi (Supraco)


Pak Subono,

Bisa di jelaskan, insulationnya untuk hot service atau cold service ??
Berapa temperaturnya ??


Tanggapan 2 - kadafi mohamad

Mungkin tdk banyak membantu,
Tapi setau saya pengecatan dilakukan berdasarkan kondisi lingkungan, Dengan tebal coating, Dry Film Thickness (dft) dalam satuan micron

BERDEBU :EPOXY AMINE RED LEAD, 50 (P)
EPOXY AMINE, 40 (I)
EPOXY AMINE, 40 (T)

INDUSTRI :ORGANIC ZYNC, 75 (P)
VENYL HEAVY DUTY, 75 (I)
VENYL HEAVY DUTY, 75 (T)

LAUT/PANTAI :ZINC SILICON, 75 (P)
HEAVY DUTY EPOXY, 100 (I)
HEAVY DUTY EPOXY, 100 (T)

UN-CORROSIVE:RED LEAD ALKYD, 50 (P)
ALKYL ENAMEL, 40 (I)
ALKYD ENAMEL, 40 (T)

Ket:
P = primer coat
I = Intermediate coat
T = Top Coat

Kalo ada yang salah mohon dikoreksi


Tanggapan 3 - HIDAYAT TYCO EURAPIPE


Bila kita sering menggunakan pipa atau equiptment lain dari material steel, iron dan metal lainnya untuk transfer fluida memang dampaknya harus melalui coating dulu sebelum di instalasi, kadang biayanya cukup mahal,

Tapi kini dengan adanya material dari POLYETHYLENE khususnya HDPE 100+ maka pipa, fitting atau peralatan lain bisa mengurangi biaya karena anti korosif dan berumur lebih panjang.


Affordable Water Cost
50year Life Circle Cost (USD)
Based on US$1Mil PE Pipework Cost

Material
Initial            Cost
Design Life (yrs)
Life Cost
Water Cost
Comment

@$0.42/m3

PE

$1,000,000

50

$1,000,000

$0.42/m3

-


Steel

$800,000

15*

$2,400,000

$1.26/m3

plus inflation


PVC

$750,000

12*

$3,000,000

$1.72/m3

plus inflation


Advised  actual installed life

  by many PDAM

Mudah-mudahan info ini bermanfaat.


Tanggapan 4 - rahmatsatriadewangga
   

By the way, mumpung sedang menyinggung HDPE pipe...
Walau sudah banyak industri yang mengaplikasikan pipa HDPE namun  dirasakan penggunaan pipa HDPE di Indonesia masih cukup rendah...  khususnya untuk aplikasi di public utility...

Padahal dari pengalaman yang saya dapat, penggunaan pipa HDPE selain  seperti yang telah disebutkan, anti karat, juga ringan, lebih lentur  daripada PVC, dan daya tahan thdp tekanan internal (fluida, gas)dan  eksternal (beban luar) juga cukup tinggi.

Dari segi pemasangan juga sangat mudah, dibandingkan dengan steel  pipe, iron pipe, apalagi beton. Pemasangan 1 unit pipa, sepanjang 6  meter, saja sudah memakan manpower berapa banyak, belum lagi jika  menghadapi medan yang sulit. Bandingkan dengan pipa HDPE, sepanjang  6 meter bisa diselesaikan oleh 2 orang saja, dengan waktu kurang  dari 5 menit. Berapa cost yang bisa direduksi.

Dengan berbagai kelebihan diatas, saya heran mengapa perkembangan  pipa HDPE di Indonesia, khususnya disektor public utility, PDAM baik  divisi air minum maupun air limbah, sangat rendah. Padahal  penggunaan pipa HDPE bisa menghemat APBN maupun APBD, menurunkan  biaya project....



Tanggapan 5 - Yohanes Subono - EGD


Pak Ifan Yth.,

Ini untuk aplikasi Cold Insulation pada tangki bola dengan Material Polyurethane pakai Injection Method. Temperature in service - 40 oC (minus 40 oC).


Tanggapan 6 - ifan rifandi

Pak Subono,
  Untuk internal cold insulation dimana condensed water kemungkinan ada, umumnya coating yang digunakan adalah epoxy surface tolerant.
  Ada coating manufacturer yg merekomendasikan 3 coat system dimana primer zinc silicate 60-70 micron, kemudian intermediate 150 micron dan topcoat 150 micron dengan epoxy surface tolerant.
  Tetapi ada juga yang merekomendasikan langsung dgn epoxy surface tolerant 300 micron.
  Surface preparation sebelum applikasi sebaiknya dgn blast cleaning min. Sa 2 1/2 bila di primer dgn zinc silicate.
  Kalau dari sisi life time, sewaktu saya di Wattyl Dimet, pernah aplikasi system ini (Dimetcote 9 + Amerlock 400) di pipa yg selalu lembab dan hasilnya memuaskan (3 th kemudian saya lihat kembali masih bagus).
  Mudah2 an informasi ini berguna.

Comments

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

[Lowongan Kerja] QA System Coordinator, Pipe Yard Coordinator, Customer Assistant Coordinator

With over 30 years' experience, Air Energi are the premier supplier of trusted expertise to the oil and gas industry. Headquartered in Manchester UK, Air Energi has regional hubs in Houston, Doha, Singapore and Brisbane. We have offices in 35 locations worldwide, experience of supply for 50 countries worldwide, and through our company values: Safe, knowledgeable, innovative, passionate, inclusive, and pragmatism, WE DELIVER, each and every time. At the moment we are supporting a multinational OCTG processing operation in seeking of below positions: 1.       QA System Coordinator Coordinates Quality System development in plant, directing the implementation of specifications and quality norms. Administers complaints regarding non-conformities and provides quality process information in support of decision making. Develops the necessary procedures, instructions and specifications to ensure Quality System conformity. Coordinates and organizes the execution of interna

Electric Power Factor

Katanya jika power factor kecil maka tidak effisien pada generator, trafo, dan system distribusi? Kondisinya begini, plant saya punya electric generator sendiri (tidak beli dari PLN). Pembangkit berupa 5 buah gas turbin generator masing masing 2 MW. Sebagian besar (hampir semua) konsumen listrik adalah motor induksi sehingga power factor kecil kisaran 0.5-0.6 (terbaca di generator control panel). Apakah dengan meningkatkan power factor maka: 1 Saya bisa meningkatkan effisiensi energi listrik saya (baca:menurunkan konsumsi fuel gas untuk generator)? 2. Saya bisa mengurangi jumlah generator yang beroperasi? (karena katanya dengan peningkatan power factor maka tidak diperlukan kapasitas pembangkit yang besar) Tanya - Muchlis Nugroho Numpang tanya tentang power factor. Katanya jika power factor kecil maka tidak effisien pada generator, trafo, dan system distribusi? Kondisinya begini, plant saya punya electric generator sendiri (tidak beli dari PLN). Pembangkit berupa 5 buah gas turbin