Skip to main content

Tank Cleaning

Tank Cleaning itu sebetulnya tidak begitu sulit dan tidak juga mudah. Ada beberapa hal yang perlu dicermati yaitu,

1.       Identifikasi fluida apa yang digunakan didalam tank selama operasi, berarti harus memiliki MSDS material.

2.       Identifikasi bahan untuk tank itu sendiri, yaitu apakah terdapat struktur yang lain, apakah Anode-nya, atau  aksesoris nya

3.       Metode pembersihan, apakah perlu bahan kimia atau tidak. Mungkin saja hanya membutuhkan steaming atau hanya semprot dengan air biasa.



Tanya - Respati
 


Dear rekan migas,

Ada yang sudah berpengalaman melakukan tank cleaning untuk onshore wash/shipping/skimming tank? terutama untuk yang berukuran besar? mohon share pengalaman untuk metodenya. saya ada projek dalam beberapa bulan ke depan untuk tank cleaning dengan spesifikasi tank: wash tank, 100 ft diameter, tinggi 40 ft, total capacity 56,000 bbls.

Saya sudah banyak baca literature, api 2015 & api rp 2016, hanya saja untuk praktek dilapangan, kalau ada rekan2 yang bisa share pengalaman, saya appreciate sekali.


Tanggapan 1 - Fajri Julisyah

Pak Respati,

Tank Cleaning itu sebetulnya tidak begitu sulit dan tidak juga mudah. Ada beberapa hal yang perlu dicermati yaitu,

1.       Identifikasi fluida apa yang digunakan didalam tank selama operasi, berarti harus memiliki MSDS material.

2.       Identifikasi bahan untuk tank itu sendiri, yaitu apakah terdapat struktur yang lain, apakah Anode-nya, atau  aksesoris nya

3.       Metode pembersihan, apakah perlu bahan kimia atau tidak. Mungkin saja hanya membutuhkan steaming atau hanya semprot dengan air biasa.

4.       Mungkin ada yang bisa menambahkan….


Tanggapan 2 - Rachmat Nuriadi Saputro

Saya mencoba menambahkan Pak respati :)

Benar apa yg di utarakan pak Fajri, pertama identifikasi dulu bahan yg selama ini disimpan dalam tank & akan diisi bahan yg sama atau bahan yg lain kedua identifikasi bahan dasar tangkinya. Di samping pembersihan tank, pipa2nya juga perlu dibersihkan dgn jln disirkulasi dgn menggunakan bahan pembersih (ntah itu waterbase atau chemical base).
Sependek yg saya tau, tank cleaning di shipping tank  dilakukan dengan menggunakan air panas atau air laut dengan dan dibilas dengan air tawar dan setau saya ini ada alatnya, tapi maaf saya kurang paham :D dan ini juga ada persyaratannya, salah satunya dilakukan di tengah laut. (CMIIW).
Mungkin rekan2 yg lebih berpengalaman bisa menambahkan lebih lanjut.


Tanggapan 3 - Fajri Julisyah


Terima kasih pak fajri,

untuk fluida dalam tank sendiri adalah crude oil, tank ini adalah tank pemisah atau wash tank, memisahkan air dengan minyak. Tanknya usianya sudah tua, 20-30 tahun, dan setelah cleaning tank ini akan dibongkar kemudian kita bangun baru lagi.

sebenarnya ini bagian project besar cuma saja dulu waktu penyusunan kontrak, pendahulu saya tidak mencantumkan cleaning scope, jadinya sekarang bikin sakit kepala hehehe..
saya sebenarnya sudah ada epc kontraktor untuk project ini, hanya saja karena performance epc kontraktornya yang bikin geleng2 kepala dan tambah stress makanya saya ingin mencoba option masukkan kontraktor lain untuk cleaning scope ini dengan segala plus dan minusnya tentunya.

tapi sebelum itu yang saya ingin ketahui tentunya apa saja yang perlu diperhatikan dalam cleaning ini dan tentunya praktek pengerjaan yang sudah umum dilakukan di oil2 company di indonesia ini (epc kontraktor saya klaim punya alat khusus bla bla bla..tentunya saya perlu verifikasi apa memang praktek tersebut memang normal dipakai di oil company lain).

saya amat appreciate kalau rekan2 bisa share pengalaman atau kontraktor yang mengerjakan (yang bagus pengerjaannya tentunya).


Tanggapan 4 - pagaralam_ind


Nambahin ya:

- Tank ex crude oil ini harus lah di steaming out sampai semua crude nya bersih (bisa jadi steaming out nya satu atau dua hari atau bisa lebih).

- Kalau tidak ada tank untuk penampung crude yg dibersihkan tadi, maka bisa diminta kontraktor menyediakan nya tentu saja plus pompa.

- Setelah di steaming out dan jika orang harus masuk kedalam tank untuk inspeksi atau membersihkan sisa-sia crude (jika masih ada) maka ini harus lah subject to Confine Space. Tata cara/prosedur berkeja dalam ruang tertutup harus lah diberlakukan sangat ketat supaya tidak ada pekerja yg celaka.

- Jika setelah itu ada pekerjaan panas (welding atau cutting) harus lah LEL nya mesti benar-benar zero dan continous gas monitoring selama pekerjaan berlangsung.

Demikian tambahan dari saya maaf kalau ada yg kurang.


Tanggapan 5 - Fajri Julisyah

Pak Respati,

Apabila crude oil nya mempunyai API rendah yang paling tepat dengan
melakukan penyemprotan dengan fluida yang panas yaitu steam. Tapi kalo light crude ya masih encer-encer dikitlah cukup pakai air jetting aja atau menggunakan karcher (maaf sebut merek dagang, tdk ada maksud lain) yang ada fasilitas pemanas di mesin semprotnya. Apalagi tank-nya setelah dibersihkan dan tidak dipakai lagi.eman uang nya mendingan untuk project yang lain. Lain halnya Tank ini akan dilakukan inspeksi yang mana datanya akan dijadikan sebagai referensi pembuatan tank yang baru dengan spec yang sama.


Penghilangi LEL di crude tank tidak sulit, hal yang terpenting adalah kandungan H2S yang terlarut atau terikat didalam crude itu sendiri, mungkin juga ada sludge yang mengandung mercury nya. Kalo bahan berbahaya ini yakin tidak ada.cara menghilangkan LEL dan sisa H2S cukup isi air sampai penuh pada kondisi atmospheric dg vent nya terbuka, sehingga gas release lebih gampang.

Selanjutnya terserah anda, tinggal comply dengan regulasi dan SOP yang anda buat tentang decommissioning equipment.


Yang difikirkan selanjutnya adalah bagaimana menanggulangi limbah darikegiatan pembersihan ini. Labour cukup cari kontraktor biasa saja dengan supervisi dari perusahaan anda sendiri.

Comments

  1. untuk jasa pengerjaan tank cleaning, pipe cleaning, coating, surface treatment dll silahkan hubungi saya di 08115428334. kami adalah kontraktor yang bergerak dibidang pengadaan hose & fitting, coating dan jasa water blasting dan sudah melakukan pengerjaan di beberapa perusahaan oil & gas di wilayah indonesia dan luar indonesia.

    ReplyDelete
  2. Perusahaan kami bergerak dalam jasa tank cleaning....jika ada project yg berkajtan dgn al tersebut dapat menghubungi saya di 081384161658...sms dl sebelum menelpon. Terima kasih. Gunawan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

Apa itu HSE ?

HSE adalah singkatan dari Health, Safety, Environment. HSE merupakan salah satu bagian dari manajemen sebuah perusahaan. Ada manejemen keuangan, manajemen sdm, dan juga ada Manajemen HSE. Di perusahaan, manajemen HSE biasanya dipimpin oleh seorang manajer HSE, yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan seluruh program HSE. Program  HSE disesuaikan dengan tingkat resiko dari masing-masing bidang pekerjaan. Misal HSE Konstruksi akan beda dengan HSE Pertambangan dan akan beda pula dengan HSE Migas . Pembahasan - Administrator Migas Bermula dari pertanyaan Sdr. Andri Jaswin (non-member) kepada Administrator Milis mengenai HSE. Saya jawab secara singkat kemudian di-cc-kan ke Moderator KBK HSE dan QMS untuk penjelasan yang lebih detail. Karena yang menjawab via japri adalah Moderator KBK, maka tentu sayang kalau dilewatkan oleh anggota milis semuanya. Untuk itu saya forward ke Milis Migas Indonesia. Selain itu, keanggotaan Sdr. Andry telah saya setujui sehingga disk

Penggunaan Hydrostatic Test & Pneumatic Test

Pneumatic test dengan udara (compressed air) bukan jaminan bahwa setelah test nggak ada uap air di internal pipa, kecuali dipasang air dryer dulu sebelum compressed air dipake untuk ngetest.. Supaya hasilnya lebih "kering", kami lebih memilih menggunakan N2 untuk pneumatic test.. Tanya - Cak Ipin  Yth rekan-rekan milis Saat ini saya bekerja di power plant project, ditempat saya bekerja ada kasus tentang pemilihan pressure test yang akan digunakan pada pipa Instrument, Pihak kontraktor hanya melakukan hydrostatic test sedangkan fluida yg akan digunakan saat beroperasi adalah udara dimana udara tersebut harus kering atau tidak boleh terkontaminasi dengan air, pertanyaan saya : 1. Apakah boleh dilakukan hydrostatic test pada Instrument air pipe?? 2. Jika memang pneumatic test berbahaya, berapa batasan pressure untuk pneumatic test yg diijinkan?? Mohon pencerahan dari para senior, terima kasih. Tanggapan 1 - Apriadi Bunga Cak Ipin, Sepanjang yang saya tahu, pneum