Skip to main content

Rele Bucholz Power Transformer - Loss of trafo oil level

Mohon pencerahannya tentang teori rele Bucholz & prosedur testingnya untuk pengaman internal power transformer.


Tanya - Budi Raharjo

Rekan-rekan,

Mohon pencerahannya tentang teori rele Bucholz & prosedur testingnya untuk pengaman internal power transformer.

Terima kasih sebelumnya,


Tanggapan 1 - abdul aziz


Saya hanya coba input yang saya ketahui.Bucholz relay bekerja jika didalam trafo terjadi flash over ( umumnya short circuit ) yang mengakibatkan ada tekanan gas yang sangat keras sehingga menyebabkan pelampung yang di bucholz bekerja.Makanya waktu pemasangan bucholz ,tanda panahnya dipasang menuju ke konservator bukan dalam trafo.Cara pengetesannya sendiri mudah yaitu ada tombol di bucholz,kalau dipencet setengah indikasi alarm,sedang dipencet penuh indikasi trip.Ada juga dengan memompa ke bucholz itu.umumnya pompa tes dikirim sekaligus dengan bucholznyz.
Terima kasih


Tanggapan 2 - priyo_a_s


Memang, bisa dengan pompa tester atau dengan tombol.
Bucholtz trip itu kadang dikatakan orang dengan sudden trip, karena  ada overpressure oli di trafo.


Tanggapan 3 - Widodo Wirjono


Rekan2 Milis Yth,

Saya mohon bantuannya juga sehubungan dengan Relay Bucholz.

Saya ada me raise concern pada kontraktor jika ada kehilangan oil transformer, berkaitan dengan terbatasnya spill containment yang ada.
Saya tanyakan pada Contractor: Apakah ada level alarm? Jawabnya ada, dan akan mentripkan Trafo.
Ditambah lagi ada Relay Bucholz ini, yang katanya jika ada perubahan pressure yang cepat dia akan memberi alarm.
Mohon pencerahannya, kalau ada kehilangan level karena kebocoran besar, maka pressure akan drop. Apakah relay ini juga akan memberi alarm/trip jika ada sudden drop of pressure?

Terimakasih banyak atas pencerahannya.


Tanggapan 4 - ady hawis


Hallo pak Widodo,

Umumnya terdapat level switch di tank oil yang berada dibagian atas transformer. Dimana level switch tersebut akan mengirimkan signal ke protection transformer untuk mentripkan transformer. Relay Bucholz sendiri akan aktif apabila semakin banyak akumulasi gas yang terjadi akibat pemanasan berlebih oil transformer yang secara langsung akan meningkatkan tekanan dalam transformer. Sehingga diharuskan tidak boleh terjadi kebocoran di transformer. Pengalaman yang pernah saya dapatkan adalah bolt nut casing transformer dan bushing winding loose sehingga terjadi rembesan oil di casing. Saya sarankan untuk mengadakan retigtening bolt ketika transformer shutdown. Dan info terbaru yang saya dapatkan tentang transformer adalah diharuskannya diadakan pengetesan corrosive test
ASTM D1275 pada oil transformer karena bisa terjadi spark antar winding dalam transformer.



Tanggapan 5 - abdul aziz


Pak Widodo,
Kalau ada kebocoran di trafo yang mengakibatkan oli di konservator habis dan oli di bucholz relay habis,maka relay bucholz akan bekerja ( trip) yang akan mengakibatkan trip ke incoming breaker.Untuk menghindari hal tersebut adakalanya trafo harus rajin di chek/investigasi ,apakah ada kebocoran dikarenakan gasketnya sudah dimakan usia atau bushingnya retak atau hal yang lain?
Saya harap hal ini dapat menambah info ke bapak.



Tanggapan 6 - Budi Raharjo


Pak Aziz,

Saya kok tidak mudheng dengan kondisi jika main tank trafo bocor, maka bucholz akan bekerja. Padahal arah flow rele bucholz bukan menuju ke main tank, tapi ke konservator. Setahu saya, hanya ada oil level indicator (71T) 2 stages tapi memang hanya dikonek ke alarm system. Kalau low oil level, berarti besarnya rate of change pressure oil tidak akan melampui kalau oil dalam kondisi normal dan terjadi internal fault di dalam main tank.

Semoga tambah menarik diskusi ini, soalnya hanya sekedar pendapat saja:)


Tanggapan 7 - priyo_a_s


Pak Budi,

Memang arah flow dari trafo tank ke konservator, dan buchholz relay  terletak diantara keduanya.
Relay ini bekerja bila terjadi salah satu dari kejadian berikut :
- terjadi akumulasi gas pada oil, sehingga pressure high
- terjadi kebocoran oil di konservator, sehingga level low
- terjadi perubahan kecepatan aliran flow dari main oil tank ke  konservator.

Mohon dikoreksi bilamana ada yang salah.



Tanggapan 8 - Budhi, Swastioko (Singgar Mulia)


Thanks Mas Ibnu atas kiriman attachmennya.
Di Migas-Indonesia.net saya buat aturan sendiri agar besar dokumen tidak melebihi 2 MB.
Karena attachment anda ini > 2MB, maka saya coba kompresi sehingga < 2MB.
Meskipun demikian, masih di atas toleransi milis yahoogroups yang mempersyaratkan < 750KB.
Jadi bagi anggota milis yang ingin mempunyai dokumen ini, silahkan berkunjung ke www.migas-indonesia.net. Lihat pojok kanan atas, ada tulisan “download”.
Setelah klik “download”, maka akan terbuka folder-folder yang berisikan dokumen yang siap di-download. Cari dan klik folder “Attachment Milis Migas Indonesia”. Dokumen “Transformer Maintenance” akan anda temui pada bagian akhir folder.

 Kalau nggak mau repot, klik aja URL di bawah ini.

http://migas-indonesia.net/index.php?option=com_docman&task=cat_view&gid=57&Itemid=42

Andy [mailto:bluesea@dnet.net.id]


Buchholz Relay (found only on transformers with conservators).

The Buchholz relay has two oil-filled chambers with floats and relays arranged vertically one over the other. If high eddy currents, local overheating, or partial discharges occur within the tank, bubbles of resultant gas rise to the top of the tank. These rise through the pipe between the tank and the conservator. As gas bubbles migrate along the pipe, they enter the Buchholz relay and rise into the top chamber. As gas builds up inside the chamber, it displaces the oil, decreasing the level. The top float descends with oil level until it passes a magnetic switch which activates an alarm. The bottom float and relay cannot be activated by additional gas buildup….

Source : The Bureau of Reclamation's power program - USA

FACILITIES INSTRUCTIONS, STANDARDS AND TECHNIQUES (FIST) MANUALS



Tanggapan 9 - Budi Raharjo


Pak Priyo/Pak Aziz/Pak Widodo,

Terima kasih atas sharingnya. Ada info alat tester-nya? Saya pernah baca, ada semacam simulator oil flow begitu, mungkin analoginya seperti tester sudden pressure relay yang pakai pompa begitu kah?

Terima kasih,


Tanggapan 10 - priyo_a_s


Pak Budi,

Yang dimaksud tester apa ? Tester utk fungsional-nya relay atau utk  dielectric test atau untuk leakage test-nya relay ? Kalau untuk fungsionalnya, bisa menggunakan pompa.

Tapi saya tidak punya info mengenai pompa-nya.


Tanggapan 11 - abdul aziz

Pak Budi,
Sekedar info,Kalau level oli konservator memang hanya untuk indikasi alarm bahwa oli habis di Konservator.Sementara trip di bucholz relay berarti ada over pressure di dalam trafo atau oli habis.Oli yang habis di pipa bucholz relay mengakibatkan pelampung didalam bucholz relay tidak melayang lagi dan akan menggerakan switch NO ( trip )yang ada didalamnya.
Untuk pompa tester umumnya dikasih ko pa dari vendornya.Umumnya untuk trafo 50MVA keatas.


Tanggapan 12 - rustam saleh

Ikutan dalam diskusi ini bapak-2.
Saya sendiri sepakat dgn pak Budi, makai istilah beliau tidak mudheng,...
Saya sdh menjumpai byk transformer yg bocor (bocornya halus- shg oil merembes) namun tdk menyebabkan trip pada buchols. Bucholz terdiri dari dua hal, jika konsentrasi gas kecil maka "alarm" yg bekerja namun jika konsentrasi gas besar maka bucholz akan mentripkan breaker. Jika bucholz trip ada indikasi tekanan gas yg besar mengalir dari main tank ke conservator akibat arching, overheating, shortlink (turn to turn), loss connection (tap selector) etc. Kebocoran hanya membuat level oli kurang dan ini bisa dideteksi jika conservator dilengkapi indikator level yg biasa terpasang disamping conservator. Tambahan lagi, jika menjumpai ada bucholz yg alarm atau trip tdk selalu krn ada problem dlm transformer, bisa jadi hanya udara terjebak yg muncul krn process operasi transformer,.... utk membedakannya, ambil korek api dan dekatkan ke pipa bleeding bucholz lalu open valve sehingga gas yg terjebak keluar. Jika gas tersebut membuat api membesar berarti bahwa gas tsb flamable yg mengindikasi terjadi short circuit, high arching, yg berbahaya dlm transformer - jangan pernah energized transformer tsb sebelum diinspeksi. Jika gas yg keluar tdk membuat api besar bahkan mematikan api, transformer anda aman dan mengindikasikan bahwa gas tsb hanyalah udara terjebak.



Comments

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

Apa itu HSE ?

HSE adalah singkatan dari Health, Safety, Environment. HSE merupakan salah satu bagian dari manajemen sebuah perusahaan. Ada manejemen keuangan, manajemen sdm, dan juga ada Manajemen HSE. Di perusahaan, manajemen HSE biasanya dipimpin oleh seorang manajer HSE, yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan seluruh program HSE. Program  HSE disesuaikan dengan tingkat resiko dari masing-masing bidang pekerjaan. Misal HSE Konstruksi akan beda dengan HSE Pertambangan dan akan beda pula dengan HSE Migas . Pembahasan - Administrator Migas Bermula dari pertanyaan Sdr. Andri Jaswin (non-member) kepada Administrator Milis mengenai HSE. Saya jawab secara singkat kemudian di-cc-kan ke Moderator KBK HSE dan QMS untuk penjelasan yang lebih detail. Karena yang menjawab via japri adalah Moderator KBK, maka tentu sayang kalau dilewatkan oleh anggota milis semuanya. Untuk itu saya forward ke Milis Migas Indonesia. Selain itu, keanggotaan Sdr. Andry telah saya setujui sehingga disk

Penggunaan Hydrostatic Test & Pneumatic Test

Pneumatic test dengan udara (compressed air) bukan jaminan bahwa setelah test nggak ada uap air di internal pipa, kecuali dipasang air dryer dulu sebelum compressed air dipake untuk ngetest.. Supaya hasilnya lebih "kering", kami lebih memilih menggunakan N2 untuk pneumatic test.. Tanya - Cak Ipin  Yth rekan-rekan milis Saat ini saya bekerja di power plant project, ditempat saya bekerja ada kasus tentang pemilihan pressure test yang akan digunakan pada pipa Instrument, Pihak kontraktor hanya melakukan hydrostatic test sedangkan fluida yg akan digunakan saat beroperasi adalah udara dimana udara tersebut harus kering atau tidak boleh terkontaminasi dengan air, pertanyaan saya : 1. Apakah boleh dilakukan hydrostatic test pada Instrument air pipe?? 2. Jika memang pneumatic test berbahaya, berapa batasan pressure untuk pneumatic test yg diijinkan?? Mohon pencerahan dari para senior, terima kasih. Tanggapan 1 - Apriadi Bunga Cak Ipin, Sepanjang yang saya tahu, pneum