Skip to main content

Wireline Engineer

Pekerjaan Wireline Engineer adalah mengevaluasi formasi, dengan menurunkan peralatan (banyak sekali macamnya, dari radio active, gelombang suara, bahkan kadang eksplosive), dan dihubungkan dengan perantara kabel listrik (yang kuat tentunya bukan kabel biasa). Istilah keren lainnya adalah "logging"...


Tanya - Muhammad Padli
Maaf.. kalau saya benar2 kurang gaul shg ngak tahu apa itu wireline engineer.

"Wireline Engineer" itu scope kerjanya apa ya ?
Apakah pekerjaannya berhubungan dengan telekomunikasi atau semua hal yang berhubungan dengan wire = kabel (Electrical, Instrument, Telkom, dll) ?


Tanggapan 1 - Ridwan Hardiawan
Betul sekali pak Padli, berhubungan dengan kabel-kabelan..

Jadi pekerjaannya adalah mengevaluasi formasi, dengan menurunkan peralatan (banyak sekali macamnya, dari radio active, gelombang suara, bahkan kadang eksplosive), dan dihubungkan dengan perantara kabel listrik (yang kuat tentunya bukan kabel biasa). Istilah keren lainnya adalah "logging"...


Tanggapan 2 - Muhammad Padli

Jadi Wireline Engineer bertanggungjawab atas semua tools yang digunakan untuk me-log data2 survey lapangan. Gitu ya.... ?

Thanks Pak.

Kelihatannya aneh juga ya... ngak matching antara nama dan scope pekerjaan.
Mungkin lebih jelas kalau disebut Survey Tools Engineer atau Survey Equipment Engineer -lah :-)

Kira2 ada nggak ya badan resmi international yang berfungsi menstandar-kan penamaan profesi atau setiap kompeni berhak membuat nama2 baru sendiri ?


Tanggapan 3 - Robikhun@vico

Nggak matching-nya di mana?
Alat-alat tersebut juga menggunakan kabel sebagai media komunikasi antara alat di dalam sumur dengan monitor di permukaan (truck unit).
Jadi kalau punya basic teknik elektro/instrument bisa saja bekerja sebagai Wireline engineer.
Yang dilakukan pun bukan hanya sebatas survey, ada juga membuat lubang produksi dalam sumur yang ber-casing dengan cara menembak / menggunakan explosive.


Tanggapan 4 - Muhammad Padli

Maaf pak robikhun..

Secara harfiah, "wireline" saya pahami sebagai jalur kawat atau jalur kabel.
Ketika tadi barusan melihat tulisan "wireline engineer" saya kira scope pekerjaannya sesuai dengan pengertian harfiah tsb.

Tetapi setelah membaca tulisan pak ridwan dan tanya2 sama oom google, ternyata scope pekerjaannya tidak sebatas kabel melulu tetapi mencakup juga ke data control, data logger, mempersiapkan dan melakukan peledakan, penanganan radiasi, dll.

Tentu saja ini berbeda dengan persepsi awal saya.

Setahu saya kabel dan kawat (cable and wire) adalah elemen kecil dari sebuah device tetapi memiliki fungsi vital. Hampir tidak ada device apalagi yang bersifat elektronik yang bisa berfungsi tanpa kabel, minimal kabel power supply. Kabel setahu saya yang masih hijau ini berfungsi menghubungkan sinyal antara dua titik. Kata kunci yang saya ambil adalah "menghubungkan".
Kata kunci inilah yang saya jadikan dasar untuk mengambil persepsi awal. Dalam benak saya... kalaupun bukan menangani dan ahli di bidang perkabelan secara umum (kabel coaxial, kabel power, kabel optic, etc) paling tidak scope pekerjaannya adalah menghubungkan antara dua device sebagaimana layaknya fungsi kabel.

Jadi.. sebenarnya hanya alur berpikir saya saja yang mungkin berbeda dengan bapak sehingga saya m engatakan agak kurang match sedangkan bapak mengatakan sudah sangat matching.

Jadi, saya mohon maaf jika kurang sreg dengan tulisan saya.


Tanggapan 5 - Liliek Prasetyo@bhpbilliton

Mungkin yang dimaksud WIRELANE .. Wireline pasti akan mengandung persepsi yang sangat jauh berbeda


Tanggapan 6 - lulut sugianto


Mau ikut nimbrung sedikit.
Mungkin yang dimaksud "wireline" disini adalah suatu kesatuan equipment yang digunakan untuk manipulate kondisi suatu sumur minyak ataupun sumur Gas. Dalam oil and gas sendiri, wireline ada 3 macam :
1. Electric Line.
Yang ini merupakan kabel2 electric ber armor yang bisa menghantarkan arus listrik. Electric line bisa digunakan untuk mencari data2 dalam sumur, ataupun untuk perforasi. Wire size yang umum digunakan 0.202"
2. Slick Line
Kalo yang ini, merupakan kawat slick ( halus ). Jadi seperti kawat jemuran kita akan tetapi strength nya lebih gede. Ini biasa di gunakan sebagai media untuk setting ataupun mencabut peralatan dari dalam sumur. Bisa juga digunakan untuk running tool untuk mencari data sumur, dalam hal ini pembacaan hasil setelah tool sampai surface. Ukuran yang common, 0.105", 0.108, 0.125" dengan breaking strength mencapai 3000 lbs.
3. Braided Line.
Kalo yang ini kawat seperti kawat sling. ukuran yang umum 3/16" diameter. Biasa di gunakan untuk menarik peralatan yang stack di dalam sumur.



Tanggapan 7 - waskita@wifgas
Kalau dari pengalaman waktu di Schlumberger dulu, istilah 'wireline' dipergunakan untuk aktivitas well logging seperti yang diutarakan Pak Fadli dibawah. Jadi, kemungkinan besar 'Wireline Engineer' yang dimaksud adalah 'Well Logging Engineer'.

Comments

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

[Lowongan Kerja] QA System Coordinator, Pipe Yard Coordinator, Customer Assistant Coordinator

With over 30 years' experience, Air Energi are the premier supplier of trusted expertise to the oil and gas industry. Headquartered in Manchester UK, Air Energi has regional hubs in Houston, Doha, Singapore and Brisbane. We have offices in 35 locations worldwide, experience of supply for 50 countries worldwide, and through our company values: Safe, knowledgeable, innovative, passionate, inclusive, and pragmatism, WE DELIVER, each and every time. At the moment we are supporting a multinational OCTG processing operation in seeking of below positions: 1.       QA System Coordinator Coordinates Quality System development in plant, directing the implementation of specifications and quality norms. Administers complaints regarding non-conformities and provides quality process information in support of decision making. Develops the necessary procedures, instructions and specifications to ensure Quality System conformity. Coordinates and organizes the execution of interna

API 6D atau API 598

Kalau berbicara standard: maka yang dipakai untuk inspeksi dan pengetesan VALVE adalah API STD 598 dan ANSI/ASME B16.34. Makanya jika kita nanti membuka perihal pengetesan (valve testing) di API STD 598, disana akan akan note bahwa besaran pressure test-nya mengacu ke ANSI/ASME B16.34. Perlu diketahui bahwa API 6D adalah specification for Pipeline Valve. Makanya disebut API SPEC 6D. API ini khusus menjelaskan spesifikasi untuk katup yang digunakan pada Pipeline. Tanya - Zachari Alamsyah Dear para miliser  migas sekalian..Bapak2 saudara-saudari sekalian Saya ingin menanyakan untuk pengetesan katup (Valve), seperti butterfly, globe, needle, ball, gate valve standar apa yang harus digunakan. setelah saya melakukan pencarian terdapat 2 standar yati API 6D (pipeline Valves) atau API 598 (Valves testing). Standar mana yang jadi acuan untuk pengetesan tersebut? Demikian pertanyaan saya. Terima Kasih Tanggapan - Sabar Simatupang Dear pak Alamsyah dan rekan-rekan Migas, Kalau