Skip to main content

ETAP Software

Software ETAP sudah digunakan di banyak perusahaan di Indonesia  dan tentunya sudah banyak sekali yang menjadi ETAP user, terutama untuk ETAP Power Station. Pada aplikasinya, software teresebut sangat membantu untuk study analisis kelistrikan baik untuk perhitungan maupun simulasi seperti studi analisis Load-flow, Short circuit, harmonis, motor acceleration, stabiltiy dan study yang lainnya. 
Tanya - erwin.guci@petrosea
 
Dear all,
Maaf menganggu, saya ingin menanyakan mengenai software ETAP, adakah diantara reken-rekan yang telah menggunakannya?bagaimana pendapat rekan-rekan mengenai software tersebut? dan dimana kami bisa mendapatkan software tersebut?
Mohon pencerahannya.
terima kasih
 
Tanggapan 1 - enjang.kusmana@cegelec
 
Pak Erwin,
Software ETAP sudah digunakan di banyak perusahaan di Indonesia  dan tentunya sudah banyak sekali yang menjadi ETAP user, terutama untuk ETAP Power Station. Pada aplikasinya, software teresebut sangat membantu untuk study analisis kelistrikan baik untuk perhitungan maupun simulasi seperti studi analisis Load-flow, Short circuit, harmonis, motor acceleration, stabiltiy dan study yang lainnya. Untuk memperolehnya coba hubungi PT. Peacock Technology (phone : 021-5668319).
 
Tanggapan 2 - taufika@technip
 
Betul apa yang disampaikan pak Enjang, akan lebih mudah menganalisis electrical system memakai software ini walaupun ada beberapa software lain yang dapat digunakan seperti EDSA dan SKM. Harga software ETAP lebih mahal dibandingkan dengan yang lain tapi penggunaannya lebih familiar. Di kantor saya sekarang pakai ETAP untuk client UNOCAL dan TOTAL. Mungkin rekan electrical Engineer yang lain dapat membantu meyakinkan Pak Erwin (bukan promosi lho Pak!).
 
Tanggapan 3 - b.syako@ptsofresid
 
ETAP bajakan dengan crack file juga banyak dijual. ETAP atau EDSA selalu dipakai di perusahaan engineering atau plant.
 
Tanggapan 4 - nibukat@ptcpi
 
Kalo untuk yang legal bisa menghubngi PT. Cahaya Sukses, karena perusahaan itu agen tunggalnya "OTI" perusahaan pembuat ETAPS. Kalo menurut saya program tsb cukup powerfull, library juga banyak dan yang penting feature u/ management systemnya juga sudah mulai berkembang.
 
Tanggapan 5 - andyyys
 
Saya seorang pemula saya baru tahu sekarang kalau ada software ETAP / EDSA biasanya saya cuma mengacu pada katalog 2 yang ada dan untukgambar paling cuma pakai autocad. jika saya mendesign suatu mini pland, informasi ini sangat berguna bagi saya, cuman satu masalah kalau software legalnya begitu mahal, ada ngga' yang bisa bantu saya untuk software ilegalnya sorry bukan maksud saya untuk melanggar UU. tapi jika untuk belajar apa boleh buat. mungkin saya bisa menemuin software itu jikalau saya kerja di Oil&Gas tapi kalau di perusahaan yang kecil bisa jadi tidak pernah menemuinya.dan sekarang itu yang terjadi dengan saya. saya harap ada yang berkenan untuk memberi informasi dimana mendapatkan yang ilegalnya ?
terimakasih sebelumnya.
 
Tanggapan 6 - nugroho@ikpt
 
Pak andi anda bisa cari di mangga dua disana banyak harganya sekitar Rp. 15-20 ribu. Jika ingin lebih tau....tanya aja sama bp supartono.
Kebetulan beliau pernah beli di mangga dua kalo tidak salah seharga 15 ribu.
no. telp. (021)8292177 ext.1031 atau via email supartono@ikpt.com
                                                                                                                       
Tanggapan 7 - bandung.winardijanto@akerkvaerner
 
ETAP, EDSA, SMK, POWER Flow, Balancing Flow, PowerNet .... itu adalah sebagian saja dari beragam software untuk perhitungan Power Network yang bisa dibeli di market sat ini. Tiap program mempunyai nilai (+) dan (-) sendiri2. Nilai (+) dan (-) ini tentunya akan berdampak pada Nilai komersial software tersebut. Akibatnya harga software sejenis ini di pasar legal bias berkisar dari sekedar US$ 1,500 sampai US$ 250,000
 
Kalau perlu (terutama kalau network nya sederhana sekali)hitungan secara manual pun akan mempunyai hasil yang sama akuratnya.
 
Rumus yang digunakan oleh masing2 software tersebut relatif sama, karena semua program menggunakan rumus2 power yang pernah dipelajari di perguruan tinggi. Yang membedakan adalah kemampuan database masing2 program utk melakukan berbagai teknik simulasi hitungan, seperti iterasi, statistical approach, database utk beragam alat listrik yang ada di market, dan dll. Yang membedakan juga adalah jenis2 hitungan yang bisa dilakukan : Load Balance, Load Flow, Short Circuit, Motor Starter, Cable Sizing, Cable Pulling, dll. Hal lain yang membedakan adalah ketelitian pemakaian  digit dibelakang koma, dll
 
Kita sebagai pengguna sebaiknya cukup bijak dalam menentukan pilihan kita. Criteris simple yang bisa kita gunakan utk memilih program mana yang kita beli diantaranya adalah : Jumlah Node dan Jenis hitungan apa saja.
 
Misal : Kalau saya punya pabrik Garment yang fully automtic & hanay mempunyai 2 - 5 node saja di OLD nya, saya akan cukup menggunakan Power Flow atau Power Net yang harga legal komersialnya tidak lebih dari US$ 1,500, dibandingkan dengan ETAP atau EDSA yang diatas US& 15,000. Harga2 tersebut belum termasuk annual maintenance fee. Tetapi kalau 1500 US$ pun masih dianggap mahal, maka power network di pabrik garment tersebut, cukup kita hitung dengan tangan atau manual. Akurasi hitungan ? .... sama.
 
Kalau PLN ?... tentunya ETA atau EDSA, karena node yang dihitung bisa ribuan dan jenis hitungan yang diperlukan berbagai macam. Tetapi kalau ternyata hitungan itu diperlukan secara online tergabung dengan SCADA atau DCS ... yah tentunya ETAP karena EDSA akan tersandung.
 
Software legal ? .. informasi Pak Zaradan dibawah OK juga. Tetapi di Indonesia saat ini ada 2 perusahaan agen ETAP yang sama2 mengaku legal. Satu merupakan perpanjangan dari Singapore, satu perpanjangan dari KL. Untuk EDSA sami mawon.
 
Nah kalau mau ikutan arus menentang UU hak patent .. ya software illegal pilihannya seperti yang disarankan pak Berlian
 
Pilih dengan bijak sebelum membeli ... Semoga masukkan inmi bermanfaat & Selamat memilih
 
Tanggapan 8 - nugroho@ikpt

 
PAK ERWIN.....TOLONG ANDA TANYA BAPAK SUPARTONO DARI IKPT. KEBETULAN BELIAU PAKAR ETAP, BEBERAPA PROJECT TELAH BELIAU TANGANI DAN BERHASIL.
 
ALAMAT EMAILNYA:
supartono@ikpt.com
telp. (021)8292177 ext.1031
 
Tanggapan 9 - erwin.firyadi@kpi
 
Dear all,
Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-bearnya kepada rekan-rekan yang telah memberikan informasi mengenai software ETAP kepada saya, meskipun itu hanya gambaran sekilas, namun cukup buat saya untuk menerka seperti apa gambaran ETAP tersebut.
Dan tak lupa kepada Pak Supartono,Pak Enjang, bung Bukat,pak berlian dan rekan-rekan yang tak dapat disebutkan namanya. Saya ucapkan terima kasih, semoga milisi Migas makin maju dan berkembang dan makin kompak tentunya.

Comments

  1. Dear All,
    Maaf mengganggu waktunya nih..saya ingin sekali mendalami ilmu di bagian Inspection. Mohon rekan - rekan mau membantu saya. Oh ya sebelumnya perkenalkan nama saya Yhonni dan saya di bidang electrical instrumentation, nah satu lagi yang saya mau tanyakan jenis training apakah yang harus saya ambil lagi karena saya sudah punya sertificat inspecctor lokal.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

[Lowongan Kerja] QA System Coordinator, Pipe Yard Coordinator, Customer Assistant Coordinator

With over 30 years' experience, Air Energi are the premier supplier of trusted expertise to the oil and gas industry. Headquartered in Manchester UK, Air Energi has regional hubs in Houston, Doha, Singapore and Brisbane. We have offices in 35 locations worldwide, experience of supply for 50 countries worldwide, and through our company values: Safe, knowledgeable, innovative, passionate, inclusive, and pragmatism, WE DELIVER, each and every time. At the moment we are supporting a multinational OCTG processing operation in seeking of below positions: 1.       QA System Coordinator Coordinates Quality System development in plant, directing the implementation of specifications and quality norms. Administers complaints regarding non-conformities and provides quality process information in support of decision making. Develops the necessary procedures, instructions and specifications to ensure Quality System conformity. Coordinates and organizes the execution of interna

API 6D atau API 598

Kalau berbicara standard: maka yang dipakai untuk inspeksi dan pengetesan VALVE adalah API STD 598 dan ANSI/ASME B16.34. Makanya jika kita nanti membuka perihal pengetesan (valve testing) di API STD 598, disana akan akan note bahwa besaran pressure test-nya mengacu ke ANSI/ASME B16.34. Perlu diketahui bahwa API 6D adalah specification for Pipeline Valve. Makanya disebut API SPEC 6D. API ini khusus menjelaskan spesifikasi untuk katup yang digunakan pada Pipeline. Tanya - Zachari Alamsyah Dear para miliser  migas sekalian..Bapak2 saudara-saudari sekalian Saya ingin menanyakan untuk pengetesan katup (Valve), seperti butterfly, globe, needle, ball, gate valve standar apa yang harus digunakan. setelah saya melakukan pencarian terdapat 2 standar yati API 6D (pipeline Valves) atau API 598 (Valves testing). Standar mana yang jadi acuan untuk pengetesan tersebut? Demikian pertanyaan saya. Terima Kasih Tanggapan - Sabar Simatupang Dear pak Alamsyah dan rekan-rekan Migas, Kalau