Skip to main content

Pengelasan Material ASTM A.514 dan A.516

MATERIAL   A.514 adalah jenis Material yang mempunyai Yield Strength yang tinggi dimana material ini termasuk kategori Welded Structur dengan product form PLATE. Material ini mempunyai beberapa grade yang sering digunakan untuk konstruksi atau manufacturer Vessel maupun Boiler adalah Grade F.
Dimana material ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : Yield Strength nya 785 - 895 N / mm2 dengan Tensile Strength 690 N / mm2. Material ini mempunyai equivalent dengan JIS = SHY 70 atau kalau dengan DIN = St - 70 - 2.
MATERIAL A. 516 adalah jenis material Mill Steel dimana PAK BOS ..... kan sudah Familiar dengan material jadi tidak perlu saya sebutkan lagi.

Tanya - DARMAYADI darma@adhireksa


Rekan Milis Migas,
Mohon masukannya, salah satu klien saya bertanya tentang :
Beliau ingin menyambung/mengelas material ASTM A.514 dengan Material A.516.
kawat las yang digunakan AWS berapa ? Kemudian apa dasar nya menggunakan AWS itu ?
masukan dari rekan-rekan milis sangat diharapkan


Tanggapan 1 - novembri_limo_singkek@rubycon


Pak Damaryadi

Informasinya mungkin kurang lengkap.
Mereka  ngelas apa dulu.
Untuk beberapa code dan class spt  ASME VIII,API 1104, AWS D1.1 mensyaratkan beda beda. Pergantian material dan filler metal adalah essential variable. Artinya spt API 1104  pergantian filler metal dalam satu group untuk material Yieldnya kecil atau sama dengan 65.000psi boleh, sedangkan
Untuk material di atas 65 000 psi tidak boleh ada pergantian filler metal dari group satu ke dua atau ke tiga. Dan AWS no-nya pun nggak boleh pindah.
Artinya filler metal A5.1 boleh diganti cuma untuk A5.1 juga tidak boleh ke A5.5.
Makanya Pak mungkin perlu di informasikan dia ngelas apa ? PV, Piping, Konstruksi, atau apa. kalau itu sudah di ketahui kita bisa lihat aturan mainnya bagaimana. Disana disebutkan juga variabel variabelnya bagaimana mereka mengatur.

Saya harap informasi ini bisa membantu.


Tanggapan 2 - DARMAYADI darma@adhireksa


Pak Novembri,
Mereka memproduksi Boiler.
Data lainnya saya nggak punya....
Terima kasih atas tanggapannya


Tanggapan 3 - qaqcptmeco ptmeco@meco


MATERIAL   A.514 adalah jenis Material yang mempunyai Yield Strength yang tinggi dimana material ini termasuk kategori Welded Structur dengan product form PLATE. Material ini mempunyai beberapa grade yang sering digunakan untuk konstruksi atau manufacturer Vessel maupun Boiler adalah Grade F.
Dimana material ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : Yield Strength nya 785 - 895 N / mm2 dengan Tensile Strength 690 N / mm2. Material ini mempunyai equivalent dengan JIS = SHY 70 atau kalau dengan DIN = St - 70 - 2.
MATERIAL A. 516 adalah jenis material Mill Steel dimana PAK BOS ..... kan sudah Familiar dengan material jadi tidak perlu saya sebutkan lagi. Kalau kepingin tahu ceritanya material ntar kalau ke SURABAYA bisa CURHAT ke saya. (He . He. He )

BAGAIMANA NYAMBUNGNYA MATERIAL INI ?
Pak Bos karena material A.514 mempunyai KELAS TENSILE 100 Ksi disambung dengan material yang mempunyai KELAS TENSILE 70 / 60 Ksi maka sesuai dengan kaidah pengelasan dengan diambil dengan TENSILE YANG LEBIH TINGGI dalam hal ini kita ambil KELAS 100 Ksi. ( mungkin bisa menggunakan Produk YANG PAK BOS PUNYA seperti ATOM T  dari ALLOY ROD atau kalau chosun apa yah ????? Pak Bos kan udah tahu equivalentnya dengan Chosun kan) Perlu diperhatikan mungkin di Pasaran kalau nggak salah untuk produk jenis ini ada 2 kali dan ingat diperhatikan Yield Strengthnya.

Saya punya pengalaman dengan kasus yang sama  kemarin cuman materialnya beda tapi kelasnya sama untuk LPG Transport saya coba pakai KELAS TENSILE 90 Ksi mencapai KELAS TENSILE 100 Ksi. ( Sorry Bos Nggak Pakai ATOM ARC T soalnya beda tensile dengan material yang rendah sangat jauh sekali bisa naik 115 - 120 Ksi ).

Pak Bos sekalian mau shearing untuk jadi Supplier Consumable Welding tolong Via Japri ajach jangan pakai Jalum TABU.

Demikian info yang bisa saya sampaikan.


Tanggapan 4 - DARMAYADI darma@adhireksa

Fak Faridh
Terima kasih atas pencerahannya, sangat mendetail dan mudah untuk memahaminya.

Comments

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

[Lowongan Kerja] QA System Coordinator, Pipe Yard Coordinator, Customer Assistant Coordinator

With over 30 years' experience, Air Energi are the premier supplier of trusted expertise to the oil and gas industry. Headquartered in Manchester UK, Air Energi has regional hubs in Houston, Doha, Singapore and Brisbane. We have offices in 35 locations worldwide, experience of supply for 50 countries worldwide, and through our company values: Safe, knowledgeable, innovative, passionate, inclusive, and pragmatism, WE DELIVER, each and every time. At the moment we are supporting a multinational OCTG processing operation in seeking of below positions: 1.       QA System Coordinator Coordinates Quality System development in plant, directing the implementation of specifications and quality norms. Administers complaints regarding non-conformities and provides quality process information in support of decision making. Develops the necessary procedures, instructions and specifications to ensure Quality System conformity. Coordinates and organizes the execution of interna

API 6D atau API 598

Kalau berbicara standard: maka yang dipakai untuk inspeksi dan pengetesan VALVE adalah API STD 598 dan ANSI/ASME B16.34. Makanya jika kita nanti membuka perihal pengetesan (valve testing) di API STD 598, disana akan akan note bahwa besaran pressure test-nya mengacu ke ANSI/ASME B16.34. Perlu diketahui bahwa API 6D adalah specification for Pipeline Valve. Makanya disebut API SPEC 6D. API ini khusus menjelaskan spesifikasi untuk katup yang digunakan pada Pipeline. Tanya - Zachari Alamsyah Dear para miliser  migas sekalian..Bapak2 saudara-saudari sekalian Saya ingin menanyakan untuk pengetesan katup (Valve), seperti butterfly, globe, needle, ball, gate valve standar apa yang harus digunakan. setelah saya melakukan pencarian terdapat 2 standar yati API 6D (pipeline Valves) atau API 598 (Valves testing). Standar mana yang jadi acuan untuk pengetesan tersebut? Demikian pertanyaan saya. Terima Kasih Tanggapan - Sabar Simatupang Dear pak Alamsyah dan rekan-rekan Migas, Kalau