Skip to main content

Alat ukur roughness untuk inner pipe welding

Untuk mengukur kekasaran  permukaan bagian dalam pipa ( misal. sanitary pipe A270-316L od 10 mm - 76 mm ; t. 1.2 mm - 2.0 mm ) untuk higyenic welding ( baik orbital maupun  gtaw process )saya belum pernah menggunakan. tapi dengan visual inspection ( bantuan borroscope yg dilengkapi kamera, contoh buatan olympus )setelah welding  dan kita pastikan bahwa  keseluruhan circumferential welding inside surface terlihat jelas, maka bila terjadi gejala seperti internal concavity ataupun excesive penetration, maka jalan yang saya tempuh adalah potong ( buang ) bagian tersebut. jadi pastikan hasil pengelasan untuk permukaan bagian dalam tersebut benar-benar rata .



Tanya - Idjal Manitz syah_rizal_m


Dir ol,

Apa mungkin kita mengukur roughness (kekasaran) hasil welding untuk bagian dalam pipa yang sudah diinstall. Biasanya kita ambil beberapa sample welding pipe join saja. Masalahnya pipe tersebut sudah terinstall dan kita ingin tahu roughness untuk welding bagian dalamnya. Barangkali ada yang bisa share ilmu dan info alatnya. Tengs elot bifor...


Tanggapan 1 - Hasanuddin@saipem


Pak Rizal,

Mungkin metode thermography dengan infrared (metode aktif), laser optics, ultrasound (dg ultrascan sensor) bisa dipakai untuk mengukur roughness-nya. Atau bisa juga dengan caliper atau intelligent pigging.

Kalo boleh tahu, untuk apa roughness inner pipe after weld tersebut diukur? Apakah terkait dengan turbulensi ? Bukankah sebelumnya sudah dilakukan gauging plate check ? 

Rekan2 yang berkecimpung di plant integrity/reliability mungkin bisa share ilmunya...



Tanggapan 2 - soedardjo@batan


Di Batan Yogya ada alat Borescopes Video LongSteer ® VideoProbe  (http://www.everestvit.com/pdf/long_sell_121302.pdf). Tapi saya tidak yakin dapat digunakan untuk mengukur kekasaran permukaan. Alat tersebut hanya untuk  menginspeksi permukaan (surface visual inspection). Jika tertarik silahkan  kirim imil ke Bapak Yohannes Sarjono atau Bapak Tegas Sutondo di  tegas_s@yahoo.com, jika macet ke tegas_2002@yahoo.com.
Ada juga alat ULTRASCAN 5, untuk mengukur ketebalan pipa.

Jika kita search, ada alat yang digunakan untuk mengukur kekasaran permukaan  seperti skidded contact profilometer. MOHON DI COPY SEMUANYA, BUKA SITE BARU  LALU DI PASTE. Jangan di klik saja.
 
(http://www.smt.sandvik.com/sandvik/0140/internet/se01702.nsf/GenerateFrameset1? readForm&url=http://www.smt.sandvik.com/sandvik/0140/internet/se01702.nsf/
(DocumentsInternetWeb)/D4721621FEE72F4E4125683B0051C26B)


Tanggapan 3 - Ramzy SA ramzy@radiant-utama

Mas Rizal,
Pertanyaan anda agak cunfuse, apa yang anda maksud dengan roughness inner welding itu. Sebab setahu saya kalau sudah penetrasi tidak akan kelihatan lagi roughness atau tidak karena sudah lumer jadi satu. Kalau yang anda maksudkan excess penetration (biasa terjadi pada root welding) itu bisa ketahui melalui metoda NDT umum seperti Radiography atau Ultrasonic. Kemudian kalau terjadinya tidak diroot tapi dengan basemetal tidak soun biasa disebut dengan istilah incomplete penetration, itu bisa diketahu dengan metoda NDT yang tadi (RT atau UT).  Tapi saya kurang jelas dengan maksud pertanyaan anda. Hanya untuk diketahui bahwa metoda NDT itu juga ada kelemahannya/ kekurangannya, misalkan pada metoda Radiography testing, meskipun ada cacat tapi bisa saja tidak terdeteksi dan itu bisa diindikasikan dengan terlihatnya penny di film hasil shooting. penny itu ada yang berbentuk plat dengan ada lubang code 1T, 2T, 3T dan juga ada jenis dan nomor penny, tergantung dari ketebalan dan jenis material yang di RT. Nah dari film yang telah dishoot, kalau terlihat lunag hanya 2T dan 3T saja, itu menandakan bahwa defect yang lebih kecil dari lubang 2T tidak akan tanpak, meskipun ada.
Oleh karenanya standard mengatur acceptance criteria pemakaian penny number dan hole number yang harus tampak untuk setiap jenis pekrejaan tergantung dari subjectnya. Jenis penny ini juga ada yang wire. Ultrasonicpun ada kelemahannya terutama untuk mendeteksi defect subsurface.

Mudah2an membantu, tapi kalau you bisa menjelaskan maksudnya apa mungkin bisa saya tambahkan



Tanggapan 4 - Idjal Manitz syah_rizal_m


Fine, thanks terutama buat 3 pengomentar pertama Pak Hasanuddin, Pak Ramzy, dan Pak Soedardjo.

Biar clear gini. Salah satu client saya punya internal process standard untuk hygiene product. Ada kasus produk yang dihasilkan terkontaminasi oleh bakteri.
Nah, dalam standar (tentu buah dari riset dan pengalaman mereka sendiri) disebutkan bahwa salah satu penyebab kontaminasi tersebut karena adanya udara yang terjebak di sela-sela joint welding di bagian dalam pipa. Hasil las yang kasar berpotensi membuat "rongga" sehingga memungkinkan udara terjebak lalu tumbuh bakteri. Singkatnya dugaan mereka dalam hal ini karena roughnessnya tidak memenuhi standar untuk hygiene product. Jadi masalah karena pipa sudah diinstall sementara kita harus mengetahui roughnessnya. Gitu Bapak-bapak sekalian, moga jadi lebih klir.


Tanggapan 5 - andryansyah rivai


Oh, begitu rupanya.

Berapa ukuran diameter luar pipanya dan terbuat dari material apa? Apakah memungkinkan lasan pada sisi luar pipa diratakan?

Kalau memang pipa itu panjang dan berkelok, maka saya kira metoda ultrasonik dengan mode scan B memungkinkan.

Silahkan yang lain menambahkannya/mengoreksi.


Tanggapan 6 - soedardjo batan

Pak Andry, saya kira yang harus diratakan adalah bagian las-lasan di diameter dalam atau permukaan dalam pipa, yang mungkin ada incomplete root fusion atau penetration. Ultrascan 5 kepunyaan BATAN Yogya, dapat untuk mengetahui las-lasan, ketebalan pipa secara kontinyu sepanjang pipa, dengan scanning kecepatan tertentu, dan penampilannya adalah Scan C. Jenis material memang diperlukan, untuk disesuaikan dengan block kaliberasinya.


Tanggapan 7 - andryansyah rivai andryansyah


Apakah alat itu juga bisa digunakan untuk mengetahui ketebalan tube arah circumferensial dengan diameter luar sekitar 9 mm dan tebal 0,8 mm dan panjang 0,5 mm?


Tanggapan 8 - Saptodewo Bambang@tetrapak


Pak Rizal ,
Melihat kasus yang bapak jelaskan, untuk mengukur kekasaran  permukaan bagian dalam pipa ( misal. sanitary pipe A270-316L od 10 mm - 76 mm ; t. 1.2 mm - 2.0 mm ) untuk higyenic welding ( baik orbital maupun  gtaw process )saya belum pernah menggunakan. tapi dengan visual inspection ( bantuan borroscope yg dilengkapi kamera, contoh buatan olympus )setelah welding  dan kita pastikan bahwa  keseluruhan circumferential welding inside surface terlihat jelas, maka bila terjadi gejala seperti internal concavity ataupun excesive penetration, maka jalan yang saya tempuh adalah potong ( buang ) bagian tersebut. jadi pastikan hasil pengelasan untuk permukaan bagian dalam tersebut benar-benar rata .

sudah tentu sebelum melakukan pengelasan ke pipeline sesungguhnya , maka kita harus membuat test pieces. sedangkan untuk borroscope, yang pernah saya gunakan memang mempunyai  keterbatasan panjang jangkauan ( max 1.5 m ),mungkin yg buatan sekarang ada  yg sampai 6 m.
untuk surface roughness gauge yg saya pakai  merk "pocket surf III " buatan federal, mepunyai keterbatasan dimana dudukannya harus benar-banar rata agar pembacaan  sensornya valid & jankauannya sangat terbatas sekali.

sekedar tambahan prediksi saya penyebab hasil yang buruk (selain skill dari welder/ welding operator ) adalah:
1. edge preparation base metal & tack weld yang jelek ,
2. masih adanya oxygen content pada backing gas. ( saran : gunakan high purity argon gas, dan sebelum pengelasan dimulai, buang kandungan oxygen yg masih ada dengan " argweld purge monitor " buatan huntingdon fusion techniques limited .  sampai benar-benar nol persen.

demikian tanggapan saya & mohon koreksi dari bapak-bapak sekalian.


Tanggapan 9 - soedardjo batan


Saya kurang memahami secara teknis. Sebab demonya atau direncanakan untuk mengetahui cacat melalui diameter dalam TANGKI BESAR seperti untuk reaktor lebih dari 13 mm atau bahkan lebih dari 50 mm. Kalau spesifikasi alatnya dapat dilihat di (http://www.usultratek.com/products/ultrascan5.htm), atau (http://www.usultratek.com/PDF/UltraScan5.pdf)
Saya juga sangsi, apakah metoda TOFD dapat digunakan untuk bagian diameter dalam tangki?. Kalau teman di Pupuk Kujang, mempunyai semacam CRAWLER, untuk mengetahui perubahan circumference pipa reformer berdiameter luar sekitar 10 hingga 25 cm (dari diameter luar pipa reformer). Mohon pak Andry dari KOREA KAERI ke Japri saja untuk posting ke pak Y Sardjono, dan mohon info ke pak Tegas (tegas_s@yahoo.com).
Maaf jika jawaban saya tidak memuaskan.


Tanggapan 10 - soedardjobatan s

Memang inner diameter dari pipa yang akan diamati kekasarannya perlu  diketahui. Walau longsteer yang berada di BATAN YOGYA mungkin mampu  untuk melihat obyek sepanjang 30.5 meter. tetapi diameternya dalamnya  untuk pipa minimum  sekitar 6 mm. Silahkan melihat  spesifikasi  alatnya di http://www.everestvit.com/pdf/long_sell_121302.pdf.

Jika diameter pipa cukup besar, ada kemungkinan dilakukan gouging,  jika sambungan pipanya pendek dan dapat dijangkau oleh peralatan  GOUGING.  Namun jika sambungan las  dari ujung pipa agak panjang,  maka sebaiknya dilakukan pemotongan atau CUTTING. Ada sekitar 10 cara  untuk pemotongan (Cutting) dan GOUGING untuk sambungan las, dan  silahkan klik di
http://www.twi.co.uk/professional/protected/band_3/prof_jobknow.html

Comments

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

Apa itu HSE ?

HSE adalah singkatan dari Health, Safety, Environment. HSE merupakan salah satu bagian dari manajemen sebuah perusahaan. Ada manejemen keuangan, manajemen sdm, dan juga ada Manajemen HSE. Di perusahaan, manajemen HSE biasanya dipimpin oleh seorang manajer HSE, yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan seluruh program HSE. Program  HSE disesuaikan dengan tingkat resiko dari masing-masing bidang pekerjaan. Misal HSE Konstruksi akan beda dengan HSE Pertambangan dan akan beda pula dengan HSE Migas . Pembahasan - Administrator Migas Bermula dari pertanyaan Sdr. Andri Jaswin (non-member) kepada Administrator Milis mengenai HSE. Saya jawab secara singkat kemudian di-cc-kan ke Moderator KBK HSE dan QMS untuk penjelasan yang lebih detail. Karena yang menjawab via japri adalah Moderator KBK, maka tentu sayang kalau dilewatkan oleh anggota milis semuanya. Untuk itu saya forward ke Milis Migas Indonesia. Selain itu, keanggotaan Sdr. Andry telah saya setujui sehingga disk

Penggunaan Hydrostatic Test & Pneumatic Test

Pneumatic test dengan udara (compressed air) bukan jaminan bahwa setelah test nggak ada uap air di internal pipa, kecuali dipasang air dryer dulu sebelum compressed air dipake untuk ngetest.. Supaya hasilnya lebih "kering", kami lebih memilih menggunakan N2 untuk pneumatic test.. Tanya - Cak Ipin  Yth rekan-rekan milis Saat ini saya bekerja di power plant project, ditempat saya bekerja ada kasus tentang pemilihan pressure test yang akan digunakan pada pipa Instrument, Pihak kontraktor hanya melakukan hydrostatic test sedangkan fluida yg akan digunakan saat beroperasi adalah udara dimana udara tersebut harus kering atau tidak boleh terkontaminasi dengan air, pertanyaan saya : 1. Apakah boleh dilakukan hydrostatic test pada Instrument air pipe?? 2. Jika memang pneumatic test berbahaya, berapa batasan pressure untuk pneumatic test yg diijinkan?? Mohon pencerahan dari para senior, terima kasih. Tanggapan 1 - Apriadi Bunga Cak Ipin, Sepanjang yang saya tahu, pneum