Skip to main content

Deadlegs

"Ada beberapa definisi Deadleg yang disampaikan oleh para ahli korosi, diantaranya adalah "
  1. "Any section of pipework or a vessel where the rate of flow is very low or zero"
  2. "Section of pipe work or vessel which contain liquid under stagnant condition or where there is no measurable flow"
  3. "Any unused length of pipe longer than six diameters of the unused pipe measured from the axis of the pipe in use"
  4. "A pipe branch that under normal operating conditions does not experience operational flow"."

Tanya - Robby Wahyudi

Dear rekan milis,
  
  Mohon pencerahannya tentang deadlegs pada piping
  Sebenarnya apa fungsi dari deadlegs itu ?
  Ada hubungannya dengan pressurized dummy support leg ?
  
  Terima Kasih sebelumnya


Tanggapan 1 - ifan rifandi

Pak Robby,
  
  Ada beberapa definisi Deadleg yang disampaikan oleh para ahli korosi, diantaranya adalah "
  1. "Any section of pipework or a vessel where the rate of flow is very low or zero"
  2. "Section of pipe work or vessel which contain liquid under stagnant condition or where there is no measurable flow"
  3. "Any unused length of pipe longer than six diameters of the unused pipe measured from the axis of the pipe in use"
  4. "A pipe branch that under normal operating conditions does not experience operational flow"
  
  Jadi intinya adalah bila fluida didalam suatu pipa tidak mengalir (diam) maka pipa tersebut dikatakan Deadleg.
  Fungsinya ?,  Kalau dari sisi korosi, deadleg tidak ada fungsinya karena aliran yg stagnant dan bila ada air dan temperatur dibawah 60oC, maka pada pipa deadleg tsb kemungkinan akan tumbuh bakteri yang menyebabkan korosi oleh bakteri (Microbial Induced Corrosion/MIC), bila ada deposit di pipa deadleg juga bisa menimbulkan corrosion under deposit (CUD).
  Lokasi pipa yg menjadi deadleg umumnya :
  1. Drains pipework at the base of vessels
  2. Bridle Pipework
  3. Pipework sections that are used intermittently e.g. bypass lines and non-operating sections of spaded equipment
  4. A section of pipework not in the normal flow, but which cannot be isolated from the normal flow e.g. obsolete lines
  5. Pipework sections upstream or downstream of a closed valve where the intention is to keep the valve closed 
  6. Lowest sections of pipework runs where it is not possible to drain completely
  7. Process pipework associated with a vessel, upstream of the first closed valve
  
  Mudah2an bisa menjawab pertanyaan Pak Robby


Tanggapan 2 - Bambang Santoso

Pak Robby,
  
  Dengan definisi dan lokasi yang disebutkan Pak Ifan berikut ini:
  
  Definisi
  
  1. "Any section of pipework or a vessel where the rate of flow is very low or zero"

  Lokasi
  
  4. A section of pipework not in the normal flow, but which cannot be isolated from the normal flow e.g. obsolete lines

  saya teringat dengan satu contoh potongan piping (dead leg) pada downstream steam condenser pada elevasi yang lebih rendah. Down stream potongan piping tsb berhubungan dengan udara luar (atmosphere) pada elevasi yang lebih rendah lagi.
  
  Karena steam condenser harus dijaga untuk vacuum maka dead leg tsb dibuat seperti leher bebek (mempunyai low point) dengan kedalaman yang sesuai sehingga udara luar tidak masuk ke dalam surface condenser.
  
  Sekedar refresh, condenser seperti ini sering dipakai dalam kaitan fungsi labyrinth steam sealing pada steam turbine. Condenser dibuat vacuum dengan dihisap oleh steam jet ejector yang dipasang di sebelah atas condenser. Down stream ejector biasanya dihubungkan dengan steam piping (uap semua).
  
  Bila ada ketidak seimbangan masa, permukaan air pada  condenser bisa naik dan memasuki steam ejector. Untuk mencegah hal itulah, dipasang potongan pipa (dead leg) yang berfungsi sebagai drain pipe tetapi yang dapat mencegah masuknya udara luar ke dalam condenser.
  
  Dead leg tsb selalu menampung air (condensat) yang seolah tidak mengalir. Sifatnya seperti reservoir kecil. Air yang baru tiba diujung yang satu, sedang diujung (leher bebek) yang lain air turun kebawah karena gravitasi.
  
  Masalah yang diantisipasi adalah fouling / sedimen pada dead leg ini. Karena itu untuk waktu-waktu tertentu dilakukan pemeriksaan dan penggantian dengan pipa baru (diameter kecil / murah saja). Biasanya dilakukan saat plant shut down karena tidak ada spare atau back up drain line).
  
  Karena kecil nya scope pekerjaan, kadang-kadang orang lupa memasukkan nya pada
  shut down job list ! Baru ingat setelah plant beroperasi lagi, dan menemui bahwa ejector kurang berjalan baik dan steam sealing pada steam turbine tidak bekerja baik.
  
  Kelompok kerja yang terlibat biasanya: Rotating Equipment Engineer / Craft  , Inspection / Inspector  dan Pipe fitters (mechanical stationary crafts). 
  
  Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

Apa itu HSE ?

HSE adalah singkatan dari Health, Safety, Environment. HSE merupakan salah satu bagian dari manajemen sebuah perusahaan. Ada manejemen keuangan, manajemen sdm, dan juga ada Manajemen HSE. Di perusahaan, manajemen HSE biasanya dipimpin oleh seorang manajer HSE, yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan seluruh program HSE. Program  HSE disesuaikan dengan tingkat resiko dari masing-masing bidang pekerjaan. Misal HSE Konstruksi akan beda dengan HSE Pertambangan dan akan beda pula dengan HSE Migas . Pembahasan - Administrator Migas Bermula dari pertanyaan Sdr. Andri Jaswin (non-member) kepada Administrator Milis mengenai HSE. Saya jawab secara singkat kemudian di-cc-kan ke Moderator KBK HSE dan QMS untuk penjelasan yang lebih detail. Karena yang menjawab via japri adalah Moderator KBK, maka tentu sayang kalau dilewatkan oleh anggota milis semuanya. Untuk itu saya forward ke Milis Migas Indonesia. Selain itu, keanggotaan Sdr. Andry telah saya setujui sehingga disk

Penggunaan Hydrostatic Test & Pneumatic Test

Pneumatic test dengan udara (compressed air) bukan jaminan bahwa setelah test nggak ada uap air di internal pipa, kecuali dipasang air dryer dulu sebelum compressed air dipake untuk ngetest.. Supaya hasilnya lebih "kering", kami lebih memilih menggunakan N2 untuk pneumatic test.. Tanya - Cak Ipin  Yth rekan-rekan milis Saat ini saya bekerja di power plant project, ditempat saya bekerja ada kasus tentang pemilihan pressure test yang akan digunakan pada pipa Instrument, Pihak kontraktor hanya melakukan hydrostatic test sedangkan fluida yg akan digunakan saat beroperasi adalah udara dimana udara tersebut harus kering atau tidak boleh terkontaminasi dengan air, pertanyaan saya : 1. Apakah boleh dilakukan hydrostatic test pada Instrument air pipe?? 2. Jika memang pneumatic test berbahaya, berapa batasan pressure untuk pneumatic test yg diijinkan?? Mohon pencerahan dari para senior, terima kasih. Tanggapan 1 - Apriadi Bunga Cak Ipin, Sepanjang yang saya tahu, pneum