Skip to main content

Kebakaran di Dapur

"Ketika minyak goreng terbakar sebaiknya dipadamkannya dengan fire blanket ato dengan karung basah. Sebab jika dipadamkannya dengan disiram air, berat jenis minyak lebih ringan dibanding air, jadi minyak yg terbakar akan berada diatas air. Dan ketika air itu meluber ke tempat lain, si minyak yg terbakar akan ikut terbawa diatasnya. Jadi, kebakaran akan semakin membesar. Fire fighter tidak hanya air, tapi ada juga yang berisi Gas CO2, chemical foam dan chemical powder. Jadi bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan."

Tanya - Aroon Pardede


Panci dalam keadaan terbakar (minyak goreng yang terbakar???), tidak boleh menyiramnya  dengan air?? Di clip itu ditunjukkan, ketika panci yang terbakar itu  disiram air, apinya malah membesar dan melahap seluruh kitchen set,  seolah-olah air itu malah menjadi pemicu besarnya api???

Mengapa demikian?? Bila tidak boleh disiram air, mengapa justru fire  fighter menggunakan air dalam memadamkan kebakaran?? Saya tidak mengerti  logikanya?? Ada yang bisa memberikan pencerahan??/


Tanggapan 1 - andoko andoko


Saya bukan orang HSE, tapi saya coba untuk berbagi info dengan bapak,

Sepengetahuan saya ketika minyak goreng terbakar sebaiknya dipadamkannya dengan fire blanket ato dengan karung basah,

Sebab jika dipadamkannya dengan disiram air, berat jenis minyak lebih ringan dibanding air, jadi minyak yg terbakar akan berada diatas air. Dan ketika air itu meluber ke tempat lain, si minyak yg terbakar akan ikut terbawa diatasnya. Jadi, kebakaran akan semakin membesar.

Fire fighter setau saya juga tidak hanya air, tapi ada juga yg berisi Gas CO2, chemical foam dan chemical powder.

Jadi bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Mungkin bagi anggota milis dari HSE bisa lebih memberikan pencerahan.


Tanggapan 2 - Ade Surya


Dear P'Parede,

Sehubungan dengan hal tersebut dibawah bapak harus memahami tentang BJ (berat jenis) yg mempunyai BJ minyak< BJ air sehingga membuat minyak terapung, coba dibayangkan jika minyak yang lebih ringan disiram air, tentu saja permukaan minyaknya jadi lebih tinggi dan bisa saja menyebar karena efek air tersebut.
untuk pemadam api ada beberapa materi pemadam yang digunakan, dan hal ini tergantung dari sifat bahan yang akan dipadamkan untuk menghindari efek kebakaran yang lebih parah lagi, dan bisa memadamkan api lebih cepat, seperti misalnya kalo memadamkan kebakaran yang diakibatkan oleh listrik, tentu saja kita tidak boleh menggunakan air, karena sifat air yg konduktor, dan untuk memadamkan kebakaran akibat minyak kita tidak mungkin menggunakan air, kita menggunakan foam/dry powder/CO2.
Prinsip pemadaman api adalah memotong hubungan/ reaksi yang terjadi antara Bahan (fuel), Panas(Heat) dan O2 (oksigen) yang sangat terkenal dengan sebutan segitiga API.
Bahan dan materi pemadam api seperti:
1. Air
2. Dry Powder
3. CO2
4. Foam
dari video yang ada di milis di gambarkan ttg pemutusan reaksi dengan memutus supply oksigen dgn menaruh blanket (selimut) sehingga reaksi kimia api terputus.

Mudah2an informasi pendek ini bisa menjawab pertanyaan bapak.


Tanggapan 3 - Aroon Pardede


Bukankah menyiramkan air ke dalam api sebenarnya untuk memutus 2 dari 3  segitiga api, yaitu panas dan oksigen??? Lalu mengapa dinas pemadam kebakaran pada umumnya menggunakan air?? Bukankah hidran berisi air??
Demikian pula pada instalasi2 migas, saluran2 hidran juga diisi air  bertekanan tinggi?? Memang, alat pemadam kebakaran portable, isinya  umumnya bukan air, biasanya CO2 atau dry powder

Bila memang penyemprotan air tidak efektif, dan malah menimbulkan  potensi bahaya lebih tinggi, mengapa air masih juga dipergunakan sebagai  materi utama untuk pemadaman kebakaran??



Tanggapan 4 - Akh. Munawir



Bapak2 & Ibu2,

Jawaban simplenya adalah karena Air itu "dingin".
Diharapkan jika api disiram air maka temperature/heat akan turun hingga dibawah Fire Point bahkan Flash Point dengan demikian api akan padam.

Air sebagai pemadam api juga memiliki kelemahan antara lain :
1. Tidak effektif untuk memadamkan api yg disebabkan oleh Electric Cause, karena bisa menyebabkan Electrical shock atau Short Circuit bagi manusia dan electrical equipment.
2. Kurang effektif untuk memadamkan api jenis Pool Fire, karena berat jenis air lebih berat dari HC Liquids, hingga jika disiramkan maka air akan berada dibawah level HC liquid. Contoh gampangnya kebakaran di permukaan Laut akibat tumpahan minyak.
3. Tidak effektif untuk memadamkan api dgn fuel LNG dan LPG, karena air memiliki temperatur lebih tinggi dari LNG/LPG.

Tetapi air effektif untuk mendinginkan equipment yg terbakar atau terkena heat radiation (protection/mitigation) dari BLEVE. Dan memadamkan api dari kayu, plastik, kertas dan fiber.

Untuk kasus dapur yg terbakar kemudian disiram air kemudian api malah membesar dan menyebar kemana-mana, itu karena SIRAMAN AIR (memiliki Gaya Dorong dan Tumbukan) yang membuat minyak goreng/fuel justru menyebar kemana-mana, yg otomatis apinya juga ngikut sebaran fuelnya.

Hubungan H2O jika terkena "Temperature yg Sangat Tinggi" secara cepat itupun bisa meledak itu disebabkan karena apa ya ??? (saya juga belum tau untuk yg ini).
Mudah2an ada rekan dr Chemical Discipline yg bisa menjelaskannya.


Tanggapan 5 - Akh. Munawir


Oh ya pak Aroon,

Minyak goreng juga termasuk Combustible Liquid dengan Flash Point yg cukup tinggi (alias tidak semudah bensin terbakarnya).

Jika ingat waktu kecil main kapal2an yg terbuat dari Seng dan ada semacam obor dengan fuel MINYAK GORENG+Kapas sebagai sumbunya. dan jika Minyak goreng+kapas dibakar maka kapal tersebut bisa berjalan di atas air dalam bak pelastik....
Ingat kan pak atau malah dulu blm pernah main kapal2an tradisional spt itu.... he3x.


Tanggapan 6 - Edyson Simorangkir


Kalau boleh nimbrung, saat minyak goreng panas, berarti sudah tercapai flash point-nya dan diatas permukaan minyak goreng tsb sudah terjadi uap dan mengakibatkan radiasi panas. Kalau disiram dengan air, terutama percikan air, air tsb akan diubah menjadi uap dan sebagian tidak menjadi uap masuk ke minyak, mendesak dan menumpahkan minyak tsb. yg mengakibatkan api bertambah besar.

Fire Fighter menyemprot kebakaran rumah ( yg sering kita lihat ) adalah tujuan " cooling " agar flash point bahan yg terbakar menjadi tidak tercapai sekaligus membatasi bh bakar dengan panas.


Tanggapan 7 - HERU WIDODO


Mas Aroon,
Saya kira logikanya begini, saat panci tertutup rapat oleh kain yang basah maka tidak ada supply oksigen yang masuk sehingga api api cepat padam, sedangkan kenapa memakai kain basah , karena kain basah ini tidak mudah terbakar , dan saya kira ini efektif.

Semoga sedikit memberi pencerahan.


Tanggapan 8 - qopral


DEAR,

Mungkin begini logikanya.

Seingat saya waktu SMA saya diajari ilmu fisika ada rumus bahwa kalau air berubah menjadi uap maka volumenya akan bertambah sampai 1400 kali (?)

Mungkin yang terjadi di video, bahwa suhu material yang ada didalam panci (minyak) telah sangat tinggi (panas selkali), sehingga sewaktu diguyur air maka air akan cepat sekali mendidih dan berubah dan mengembang menjadi uap. Uap air akan mendesak/membawa/menendang/melemparkan cairan yang sedang terbakar kemana-mana, sehingga nampak sekali api bukannya padam tapi malah semakin membesar.

Sedangkan pada fire fighter, air biasanya digunakan untuk spray atau membuat tabir air untuk pelindung atau untuk cooling. Jarang yang diarahkan langsung ke sumber api, kecuali diperkiran api akan mudah padam dengan semprotan yang semestinya. Atau sumber api bukan berasal dari minyak atau cairan turunannya.

Maaf jika penjelasan ini keliru.

Thanks

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

Apa itu HSE ?

HSE adalah singkatan dari Health, Safety, Environment. HSE merupakan salah satu bagian dari manajemen sebuah perusahaan. Ada manejemen keuangan, manajemen sdm, dan juga ada Manajemen HSE. Di perusahaan, manajemen HSE biasanya dipimpin oleh seorang manajer HSE, yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan seluruh program HSE. Program  HSE disesuaikan dengan tingkat resiko dari masing-masing bidang pekerjaan. Misal HSE Konstruksi akan beda dengan HSE Pertambangan dan akan beda pula dengan HSE Migas . Pembahasan - Administrator Migas Bermula dari pertanyaan Sdr. Andri Jaswin (non-member) kepada Administrator Milis mengenai HSE. Saya jawab secara singkat kemudian di-cc-kan ke Moderator KBK HSE dan QMS untuk penjelasan yang lebih detail. Karena yang menjawab via japri adalah Moderator KBK, maka tentu sayang kalau dilewatkan oleh anggota milis semuanya. Untuk itu saya forward ke Milis Migas Indonesia. Selain itu, keanggotaan Sdr. Andry telah saya setujui sehingga disk

Penggunaan Hydrostatic Test & Pneumatic Test

Pneumatic test dengan udara (compressed air) bukan jaminan bahwa setelah test nggak ada uap air di internal pipa, kecuali dipasang air dryer dulu sebelum compressed air dipake untuk ngetest.. Supaya hasilnya lebih "kering", kami lebih memilih menggunakan N2 untuk pneumatic test.. Tanya - Cak Ipin  Yth rekan-rekan milis Saat ini saya bekerja di power plant project, ditempat saya bekerja ada kasus tentang pemilihan pressure test yang akan digunakan pada pipa Instrument, Pihak kontraktor hanya melakukan hydrostatic test sedangkan fluida yg akan digunakan saat beroperasi adalah udara dimana udara tersebut harus kering atau tidak boleh terkontaminasi dengan air, pertanyaan saya : 1. Apakah boleh dilakukan hydrostatic test pada Instrument air pipe?? 2. Jika memang pneumatic test berbahaya, berapa batasan pressure untuk pneumatic test yg diijinkan?? Mohon pencerahan dari para senior, terima kasih. Tanggapan 1 - Apriadi Bunga Cak Ipin, Sepanjang yang saya tahu, pneum