Skip to main content

Delivery Time

"Dokumen standard yang dibutuhkan untuk custom clearance (Bea Cukai) : Invoice, Packing List & Bill of Lading (B/L). Tapi untuk jenis barang2 tertentu ada tambahan dokumen yang dibutuhkan. Jenis pajak/bea untuk barang impor yang standar adalah bea masuk. Tarifnya beragam, mulai dari 0% s/d 5% dari harga barang (yang standard). Ada juga barang2 tertentu yang lebih besar persentasenya tarif beanya. Semua dokumen pada poin 1 mestinya disediakan oleh penjual barang kepada anda selaku pembeli, sebelum kedatangan barang di pelabuhan tujuan. Anda bisa mengurus custom clearancenya sendiri (kalo punya izinnya) atau mendelegasikan ke perusahaan yang punya izin (PPJK - Perusahaan Jasa Kepabeanan). Mengenai delivery time, info yang paling akurat tentu berasal dari penawaran yang diberikan penjual barang impor tersebut kepada anda."


Tanya - Iwan Febrianto


Dear All

Saya mau tanya mungkin teman teman ada yang pengalaman masalah delivery time untuk material dari luar biasanya berapa lama?
kemudian untuk fabrikasi peralatan biasanya plot waktunya berapa lama...

thanks banget atas info nya.


Tanggapan 2 - okto okto_yd


Dear Iwan,

Pertama jenis material,
Material yang dibeli apaan sih??? Pertanyaan-nya terlalu umum dan delivery time sangat tergantung pada material yang dicari.
Sekedar sharing pada project beberapa waktu yg lalu, beli pipa spec 5L, untuk grade X60 keatas akan lama delivery-nya karena proyek2 pipeline lagi booming dan tidak semua steel manufacturer punya ready stock raw materialnya, jadi pipe manufacturer mesti order dulu ke plate manufacturer.

Kemudian masalah waktu libur, terutama kalo' beli material di eropa banyak liburannya disana, terutama italia, lagi piala eropa bisa libur nasional.

Trus masalah custom clearance, kadang2 bisa menghabiskan waktu extra 3 atau 4 minggu.

Mesti punya expediter yang andal, terutama waktu sekarang ini, banyak manufacture yang full booked....



Tanggapan 3 - hapsari.reinnette


Pak Iwan,

Pengiriman materialnya darimana ? Asia, Eropa atau Amerika ?
Delivery-nya menggunakan apa ? Seafreight atau Airfreight ?
Berdasarkan pengalaman saya, dari Asia (ie : China) membutuhkan waktu 2-3  minggu untuk penggunaan seafreight dan 2-3 hari untuk airfreight Jika dari Eropa membutuhkan waktu 3-4 minggu untk penggunaan sefreight dan  4-5 hari untuk airfreight
Tapi kalau bapak menggunakana door to door akan lebih cepat lagi.

Sedangkan untuk fabrikasi peralatan tergantung peralatan apa yang kita  bicarakan.
Apakah material yang terbuat dari bahan dasar steel atau yang lainnya.
Beberapa waktu terakhir ini, steel sedang banyak digunakan sehingga untuk  fabrikasi casting ataupun forging lumayan cukup lama.

Terimakasih untuk perhatiannya.
Jika ada yang tidak berkenan, mohon diperbaiki.


Tanggapan 4 - Edward Veldman


Rekan-rekan sekalian,

Mohon maaf sebelumnya untuk Bapak-bapak yang sedang berdiskusi. Ijinkan saya untuk ikut serta dalam diskusi ini berhubung saya juga memerlukan beberapa informasi mengenai prosedur dalam mengimpor barang dari luar negeri.

Saat ini perusahaan kami sedang memesan beberapa barang dari Filipina (berupa perangkat sistem untuk jalan Tol. Maaf juga bila OOT). Yang ingin saya tanyakan :

1. Dokumen apa saja yang diperlukan untuk mengurus penerimaan barang ini di Pelabuhan dengan pihak Bea dan Cukai.

2. Apakah untuk barang2 seperti ini akan dikenakan Pajak Barang Mewah ?

3. Kira2 bagaimana prosedur yang berlaku untuk mengurus dokumen tersebut ?

Sebelumnya perusahaan kami belum pernah melakukan impor barang.

Mohon pencerahan dari rekan-rekan sekalian. Atas perhatian dan pencerahan yang diberikan diucapkan banyak terima kasih.


Tanggapan 5 - Sketska Naratama sketska


Mau share tapi "ngambang" nih,

Material nya apa? Material / Equipment? Atau packages?
Darimana? EU / USA / China?
Berat & Dimensi nya berapa?
Special handling? Seperti drum oli, misalnya?
Air freight / sea freight?


Tanggapan 6 - Iwan Febrianto

Maaf untuk jenis material belum dipastikan. ini cuma buat gambaran umum penentuan waktu project. semisal ada package yang dari luar negeri.


Tanggapan 7 - mzuhair mzuhair

Pak Edward,

1. Dokumen standard yang dibutuhkan untuk custom clearance (Bea Cukai) : Invoice, Packing List & Bill of Lading (B/L). Tapi untuk jenis barang2 tertentu ada tambahan dokumen yang dibutuhkan.

2. Jenis pajak/bea untuk barang impor yang standar adalah bea masuk. Tarifnya beragam, mulai dari 0% s/d 5% dari harga barang (yang standard). Ada juga barang2 tertentu yang lebih besar persentasenya tarif beanya.

3. Semua dokumen pada poin 1 mestinya disediakan oleh penjual barang kepada anda selaku pembeli, sebelum kedatangan barang di pelabuhan tujuan. Anda bisa mengurus custom clearancenya sendiri (kalo punya izinnya) atau mendelegasikan ke perusahaan yang punya izin (PPJK - Perusahaan Jasa Kepabeanan).

Untuk mendapatkan info lebih lengkap mengenai proses impor barang, bapak bisa menjadi anggota milis beacukainews@yahoogroups.com

Untuk pertanyaan Pak Iwan mengenai delivery time, info yang paling akurat tentu berasal dari penawaran yang diberikan penjual barang impor tersebut kepada anda.

Comments

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

[Lowongan Kerja] QA System Coordinator, Pipe Yard Coordinator, Customer Assistant Coordinator

With over 30 years' experience, Air Energi are the premier supplier of trusted expertise to the oil and gas industry. Headquartered in Manchester UK, Air Energi has regional hubs in Houston, Doha, Singapore and Brisbane. We have offices in 35 locations worldwide, experience of supply for 50 countries worldwide, and through our company values: Safe, knowledgeable, innovative, passionate, inclusive, and pragmatism, WE DELIVER, each and every time. At the moment we are supporting a multinational OCTG processing operation in seeking of below positions: 1.       QA System Coordinator Coordinates Quality System development in plant, directing the implementation of specifications and quality norms. Administers complaints regarding non-conformities and provides quality process information in support of decision making. Develops the necessary procedures, instructions and specifications to ensure Quality System conformity. Coordinates and organizes the execution of interna

API 6D atau API 598

Kalau berbicara standard: maka yang dipakai untuk inspeksi dan pengetesan VALVE adalah API STD 598 dan ANSI/ASME B16.34. Makanya jika kita nanti membuka perihal pengetesan (valve testing) di API STD 598, disana akan akan note bahwa besaran pressure test-nya mengacu ke ANSI/ASME B16.34. Perlu diketahui bahwa API 6D adalah specification for Pipeline Valve. Makanya disebut API SPEC 6D. API ini khusus menjelaskan spesifikasi untuk katup yang digunakan pada Pipeline. Tanya - Zachari Alamsyah Dear para miliser  migas sekalian..Bapak2 saudara-saudari sekalian Saya ingin menanyakan untuk pengetesan katup (Valve), seperti butterfly, globe, needle, ball, gate valve standar apa yang harus digunakan. setelah saya melakukan pencarian terdapat 2 standar yati API 6D (pipeline Valves) atau API 598 (Valves testing). Standar mana yang jadi acuan untuk pengetesan tersebut? Demikian pertanyaan saya. Terima Kasih Tanggapan - Sabar Simatupang Dear pak Alamsyah dan rekan-rekan Migas, Kalau