Skip to main content

FEED + EPC Subsea Pipeline


”Ada banyak yang bisa FEED sekalian EPC nya. Tapi sepertinya yang sudah pegang FEED nya tidak bisa menghandle EPC nya. Yang menghitung (FEED) bisa mudah dapat tender EPC nya karena mereka yang tahu "dapur" proyek yang mau ditender.”

Tanya - pudjo sunarno

Client kami mencari perusahaan yang berpengalaman dibidang FEED + EPC untuk Subsea Pipeline.
Jika ada teman teman yang bergerak dibidang itu. Mohon untuk bisa menghubungi saya.

Tanggapan 1 - Dirman Artib

Pak Pudjo,
Kalau FEED sekalian digabung dgn EPC barang langka atuh pak.
Main FEED ya nggak main EPC, dan sebaliknya main EPC ya nggak boleh ngincar FEED.
 Ataukah sekarang aturan sudah berobah di tanah air?
Mohon pencerahan.
Dulu pemain FEED subsea pipeline wilayah nusantara sbb :
1. AMEC Berca Indonesia - (mantan induk semang saya)
2. Tri Patra
3. JP Kenny (yg numpang di Wood Group)
4. Worley Parson (dulu Worley yg selalu Ceria)
Pemain EPC subsea pipeline spt. Saipem (siapa lagi ya?)

Tanggapan 2 - Muhtar Alim

Apa kabar Pak Pudjo,
Gimana dengan forum bisnis KMI dan MMI ? kapan mau di deklarasikan?
Saipem bisa bikin FEED subsea pipeline juga bisa jadi EPC kontraktornya.'
Ada banyak Pak yang bisa FEED sekalian EPC nya. Tapi sepertinya yang sdh pegang FEED nya nggak bisa handle EPC nya.
Yang ngitung (FEED) bisa gampang dapat tender EPC nya karena mereka yang tahu "dapur" proyek yang mau ditender.
Saya belum cermati di PTK 007 tentang batasan antara peserta tender FEED dan EPC apakah boleh dirangkap.
Rekind dapat paket 3 EPC Banyu Urip Exxon Mobil utk pekerjaan subsea pipeline JO sama Likpin LLC. Rekind bisa juga handle EPC subsea pipeline Pak.
Ada Punjlloyd, Ikpt, dll...............tinggal di tender aja kok Pak. Pasti "kumbang2" dtg mengerumuni "bunganya". Heheheh.............

Tanggapan 3 - hadiwinoto_soedar

Kalau salah satu peserta tender EPC mengerjakan FEED, maka peserta tender EPC yg lainnya hrs diberi tenggang waktu sekitar 6 bulan (seingat saya). Eng consultant lainnya Singgar mulia, technif, zee, kbr (?) dllnya. EPC lainnya Timas, Dwisatu, nisconi, dllnya tergantung pipe size dan kedalamnya. Semoga membantu.

Tanggapan 4 - "pipi"

Pemain FEED betul ada 6 perusahaan untuk Pipelines Termasuk dengan Singar Mulya.


1. AMEC Berca Indonesia - (mantan induk semang saya)
2. Tri Patra
3. JP Kenny (yg numpang di Wood Group)
4. Worley Parson (dulu Worley yg selalu Ceria)
5. Singgar Mulya
6. Koperasi Persatuan Insinyur Profesional Indonesia

Sedangkan Universitas ada 3 yang ditunjuk langsung tampa Tender yaitu :
1.      Lembaga Teknik Fakultas Teknik Universitas Indonesia.
2.      LAPI ITB
3.      GAMA
Koperasi Persatuan Insinyur professional Indonesia pernah bekerja sama dengan LEMTEK FTUI (Lembaga Jurusan Teknik Gas & Petro Kimia FTUI yg saat ini berubah jadi Jurusan Teknik Kimia FTUI) membuat FEED PT.PGN 370 KM Onshore dan Offshore Pipeline & Facilities yg saat ini telah beroperasi).
Perusahaan yang mengerjakan FEED tak boleh ikut jadi Contractor atau PMC.Consultant.
Sedangkan perusahaan yang dapat mengerjakan FEED sekaligus EPC Contractor hanya pada Mega Project seperti LNG Tangguh kalau tidak salah pemenang FEED Dari 3 perusahaan sortlist di menangkan dua perusahaan dan pada EPC.Contractor dimenangkan oleh satu contractor yang mengerjakan FEED.
Mudah2an info bermanfaat.

Comments

  1. CARA JITU CEPAT LULUS TES TPA Oto BAPPENAS, PSIKOTES, TOEFL UJIAN SARINGAN MASUK CPNS/BUMN, S2 (PASCA SARJANA) UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN, UI INTERNATIONAL (PASTI BISA)
    SPESIALIS PELATIHAN TPA/PSIKOTES/ TOEFL UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN,UI INTERNATIONAL
    Ijin no:3789/PLSM/ I-133/VII/ 1995

    CARA JITU, CEPAT LULUS TES TPA, PSIKOTES &TOEFL (PASTI BISA)!
    Kami adalah Spesialis pelatihan TPA (Test Potensi Akademik)/PSIKOTES dan TOEFL memberikan pelayanan jasa pelatihan TPA dan TOEFL. Adapun pelatihan TPA, PSIKOTES dan TOEFL merupakan persyaratan Mutlak bagi Bapak/Ibu guna untuk mengikuti:
    - Tes untuk ujian saringan masuk CPNS dan BUMN
    - Tes untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang S1,Pasca Sarjana S2 untuk UMUM.
    - MEMBANTU REKAN-REKAN MAHASISWA/UMUM AGAR LULUS PSIKOTES DAN WAWANCARA KE PERUSAHAAN OIL AND GAS, BANK- BANK,CPNS, SERTA PERUSAHAAN MULTI NASIONAL LAINNYA DI SELURUH INDONESIA(SUDAH TERBUKTI).

    Note:
    - Biaya Belajar di Bayar di Muka
    - ± 80% peserta pelatihan Lulus tes S2,CPNS/BUMN di seluruh Indonesia
    (terbukti)

    HUBUNGI KAMI di:
    LYSSA,ST,MM / 021.71136838/ 0813 1879 2677
    Wisma Metropolitan 2,World Trade Centre, Jl. Jendral Sudirman,Jakarta

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

[Lowongan Kerja] QA System Coordinator, Pipe Yard Coordinator, Customer Assistant Coordinator

With over 30 years' experience, Air Energi are the premier supplier of trusted expertise to the oil and gas industry. Headquartered in Manchester UK, Air Energi has regional hubs in Houston, Doha, Singapore and Brisbane. We have offices in 35 locations worldwide, experience of supply for 50 countries worldwide, and through our company values: Safe, knowledgeable, innovative, passionate, inclusive, and pragmatism, WE DELIVER, each and every time. At the moment we are supporting a multinational OCTG processing operation in seeking of below positions: 1.       QA System Coordinator Coordinates Quality System development in plant, directing the implementation of specifications and quality norms. Administers complaints regarding non-conformities and provides quality process information in support of decision making. Develops the necessary procedures, instructions and specifications to ensure Quality System conformity. Coordinates and organizes the execution of interna

API 6D atau API 598

Kalau berbicara standard: maka yang dipakai untuk inspeksi dan pengetesan VALVE adalah API STD 598 dan ANSI/ASME B16.34. Makanya jika kita nanti membuka perihal pengetesan (valve testing) di API STD 598, disana akan akan note bahwa besaran pressure test-nya mengacu ke ANSI/ASME B16.34. Perlu diketahui bahwa API 6D adalah specification for Pipeline Valve. Makanya disebut API SPEC 6D. API ini khusus menjelaskan spesifikasi untuk katup yang digunakan pada Pipeline. Tanya - Zachari Alamsyah Dear para miliser  migas sekalian..Bapak2 saudara-saudari sekalian Saya ingin menanyakan untuk pengetesan katup (Valve), seperti butterfly, globe, needle, ball, gate valve standar apa yang harus digunakan. setelah saya melakukan pencarian terdapat 2 standar yati API 6D (pipeline Valves) atau API 598 (Valves testing). Standar mana yang jadi acuan untuk pengetesan tersebut? Demikian pertanyaan saya. Terima Kasih Tanggapan - Sabar Simatupang Dear pak Alamsyah dan rekan-rekan Migas, Kalau