Skip to main content

Reduce bore pada actuated valve

"Saya punya spec full bore actuated valve ( service gas comression suction and outlet)

Valve size:24"
Rating :900#
Cv : 26659
Gas specific gravity: 0,65
Flow rate(mmscvd) : 490
Flow rate (scfh ) : 20416667
outlet pressure(psia) : 946

Mau diganti reduce bore actuated valve( sama spt spec diatas), pengaruh thd pressure drop ada gak?dan impact terhadap gas compression system ada gak,mohon petunjuk."


Tanya - budy wening nindya_wening2001


Dear,pakar

Mohon petunjuknya:

Saya punya spec full bore actuated valve ( service gas comression suction and outlet)

Valve size:24"
Rating :900#
Cv : 26659
Gas specific gravity: 0,65
Flow rate(mmscvd) : 490
Flow rate (scfh ) : 20416667
outlet pressure(psia) : 946

Mau diganti reduce bore actuated valve( sama spt spec diatas), pengaruh thd pressure drop ada gak?dan impact terhadap gas compression system ada gak,mohon petunjuk.



Tanggapan 1 - devaxrayz


Kalau valve pengganti memiliki spesifikasi nilai Cv yang sama (beserta juga karakteristik lainnya seperti Xt atau pressure drop ratio dan Fp atau piping geometry factor) dan Pressure inlet dari gas tidak berubah maka pressure drop tidak akan berubah. Atau lebih tepatnya kalau disebutkan "kapasitas valve (mmscfd) untuk delta pressure tersedia" tidak akan berubah.

Tapi saya ragu kalau Cv untuk kedua valve ini sama nilainya karena nilai Cv sangat berhubungan dengan geometry dari valve. "Full bored" dan "reduced bored" jelas beda geometrinya kan... or if there is something else??


Tanggapan 2 - Ari Firmansyah


Mau nambahin aja,
Saya asumsikan ini adalah on-off valve yang tidak ada throttling effect. kalau dikembalikan ke definisi full bore dan reduced bore, full bore valve secara garis besar ketika dalam posisi terbuka, lubangnya sama dengan lubang pipa. Sedangkan reduced bore, ketika dalam posisi terbuka lubangnya lebih kecil daripada lubang pipa, jadi ada restriksi tambahan.

Sedangkan Cv sendiri merupakan angka yang menghubungkan antara flow dengan pressure drop. Semakin kecil Cv, maka untuk flow yang sama akan memberikan pressure drop yang lebih besar. Lalu kaitannya dengan lubang? Semakin kecil lubang, untuk flow yang sama pressure drop lebih besar, dengan kata lain Cv lebih kecil. Jadi saya malah hampir yakin kalo Cv untuk reduced bore itu tidak akan sama dan lebih kecil dari full bore (untuk valve size yang sama), masalah seberapa kecilnya atau berapa nilai Cvnya anda bisa tanya ke vendor valve tsb.
Jadi kalau ditanya penggantian dari Full bore ke reduced bore apakah ada pengaruh ke pressure drop? Iya, untuk flow rate yang sama reduced bore akan memberikan pressure drop lebih besar dibanding full bore.
Pengaruhnya pada kompressor?
Silahkan anda hitung berapa pressure drop dengan full bore dan kemudian pressure drop dengan reduced bore, dari hasil ini anda plot di kompressore performance curvenya. Kalau pressure drop perbedaannya cukup significant, kemungkinan impact terhadap kompressor juga cukup besar.

Semoga membantu, kalau ada yang kurang berkenan mohon dikoreksi...



Tanggapan 3 - roeddy setiawan

Dear Pak Budi,
Menurut bapak valve yang existing 24" fullbore dg cv kira 2 26000
kalau cv sekian , pressure drop at 450 mmscfd 900 psg operating akan sekitar 0.1085 psig jadi kecil banget, some how angka 26000 kalau anda check 24 " fullbore CV nya kira 2 83000. kalau saya lihat 24 flange dan 20 inches bore cv = 25100
Agak aneh juga 24 fullbore tapi cuman 26000 tapi 24 to 20 reduce port = 25100. anyway kalau bapak pakai 24 by 20 pressure drop nya naik banyak sekali sebesar ahirnya ketemu = 0.122 psi jadi sama saja pak, sori nih becanda.

Sebetulnya barangkalai yang harus di check, torque biuat muternya , kan anda mau ganti valve tapi actuatornya yng lama, siapa tahu valve yang dibeli seret, jadi actuator ngak kuat mesti d upgrade dll.

seal barangkali important., siapa tahu ada h2s, biasanya seal diserbu h2s kalau pas apes

Comments

  1. Hehehheheee,,,,, H2S juga rekan kerja kita,meskipun kadang terlalu kaku dan keras dlm beberapa hal demi keamanan dan keselamatan kerja kita.

    Agus Dwi Hari Mulya
    PT.Temanada Indonesia
    Online Valve Maintenance Product
    Brand : Dualco www.dualco-inc.com
    www.temanada.blogspot.com
    contact :081384785267

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

Apa itu HSE ?

HSE adalah singkatan dari Health, Safety, Environment. HSE merupakan salah satu bagian dari manajemen sebuah perusahaan. Ada manejemen keuangan, manajemen sdm, dan juga ada Manajemen HSE. Di perusahaan, manajemen HSE biasanya dipimpin oleh seorang manajer HSE, yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan seluruh program HSE. Program  HSE disesuaikan dengan tingkat resiko dari masing-masing bidang pekerjaan. Misal HSE Konstruksi akan beda dengan HSE Pertambangan dan akan beda pula dengan HSE Migas . Pembahasan - Administrator Migas Bermula dari pertanyaan Sdr. Andri Jaswin (non-member) kepada Administrator Milis mengenai HSE. Saya jawab secara singkat kemudian di-cc-kan ke Moderator KBK HSE dan QMS untuk penjelasan yang lebih detail. Karena yang menjawab via japri adalah Moderator KBK, maka tentu sayang kalau dilewatkan oleh anggota milis semuanya. Untuk itu saya forward ke Milis Migas Indonesia. Selain itu, keanggotaan Sdr. Andry telah saya setujui sehingga disk

Penggunaan Hydrostatic Test & Pneumatic Test

Pneumatic test dengan udara (compressed air) bukan jaminan bahwa setelah test nggak ada uap air di internal pipa, kecuali dipasang air dryer dulu sebelum compressed air dipake untuk ngetest.. Supaya hasilnya lebih "kering", kami lebih memilih menggunakan N2 untuk pneumatic test.. Tanya - Cak Ipin  Yth rekan-rekan milis Saat ini saya bekerja di power plant project, ditempat saya bekerja ada kasus tentang pemilihan pressure test yang akan digunakan pada pipa Instrument, Pihak kontraktor hanya melakukan hydrostatic test sedangkan fluida yg akan digunakan saat beroperasi adalah udara dimana udara tersebut harus kering atau tidak boleh terkontaminasi dengan air, pertanyaan saya : 1. Apakah boleh dilakukan hydrostatic test pada Instrument air pipe?? 2. Jika memang pneumatic test berbahaya, berapa batasan pressure untuk pneumatic test yg diijinkan?? Mohon pencerahan dari para senior, terima kasih. Tanggapan 1 - Apriadi Bunga Cak Ipin, Sepanjang yang saya tahu, pneum