Skip to main content

Bolt and Nut

"Berdasarkan pengalaman dari background sebagai electrical engineer, hampir semua mesin listrik (motor listrik, generator, dan transformer) yg memiliki bolt and nut tdk menggunakan pelumasan dgn grease... tidak ada manfaatnya bahkan sebaiknya jangan diaplikasikan krn justru bisa menyebabkan kelonggaran utamanya pada rotating equipment. Bahkan untuk lingkungan tertentu (dust area) grease akan bercampur dengan debu kemudian bisa jadi kotor dan berkarat. Tentang gasket, pada transformer yang main tanknya berisi oli penuh + memiliki ratusan bolt dan nut sangat dibutuhkan gasket yang kuat serta bolt dan nut yg terpasang dengan kencang agar tidak terjadi kebocoran. Perlu diketahui untuk gasket yang terbuat dari rubber ketika kita membuka bolt dan nutnya gasket tersebut harus wajib diganti karena bisa mengalami kebocoran kecuali gasket yang bukan terbuat dr rubber."


Tanya - arnold harahap

Salam bapak-bapak...
Saya ingin menanyakan sesuatu tentang bolts and nuts, Koneksi yang dipakai menggunakan uncoated bolts and nuts. Jika saya aplikasikan painting untuk itu namun dalam kondisi sudah terpasang semua koneksinya, berarti jika saya harus membukanya maka akan berdampak buruk kepada perusahaan karena harus mengganti seluruh gasket.
Kalau boleh diberikan petunjuk nih, kira-kira bisakah saya men-touch-up bolts and nuts nya?
Bagaimana dengan penggunaan grease untuk bolts dan nuts yang telah terpasang?
Mohon pencerahannya,


Tanggapan 1 - SwissExpedition salehr1


Dear Arnold,
Berdasarkan pengalaman dari background sbg electrical engineer, hampir semua mesin listrik (motor listrik, generator, dan transformer) yg memiliki bolt and nut tdk menggunakan pelumasan dgn grease... tdk ada manfaatnya bahkan sebaiknya jangan diaplikasikan krn justeru bisa menyebabkan kelonggaran utamanya pada rotating equipment. Bahkan utk lingkungan tertentu (dust area) grease akan bercampur dgn debu kemudian bisa jadi kotor dan berkarat. Tentang gasket, pada transformer yg main tanknya berisi oli penuh + memiliki ratusan bolt dan nut sangat dibutuhkan gasket yg kuat serta bolt dan nut yg terpasang dgn kencang agar tdk terjadi kebocoran. Perlu diketahui utk gasket yg terbuat dr rubber ketika kita membuka bolt dan nutnya gasket tersebut harus wajib diganti krn bisa mengalami kebocoran kecuali gasket yg bukan terbuat dr rubber.

Satu hal, saya sering menggunakan bolt yg terbuat dr stainless, kadang-2 kalau kita sering buka threadnya bisa aus dan rusak berbeda dgn galvanize.

Semoga bermanfaat, tolong dikoreksi jika informasinya ada yg salah.


Tanggapan 2 - Suharyo Haryono


Mas Arnold,
Beberapa hal yang mungkin bisa terjadi dalam kasus Anda (karena tidak begitu spesifik jenis material apa yang di ikat oleh bolt) dengan menggunakan uncoated bolts & nuts:
1. Korosi pada nut dan bolt sebagai akibat adanya perbedaan material antara material bolts nuts dengan flange atau apapun yg Anda ikat dengan bolts tersebut. Akan kelihatan jelas di interface antara buts dengan surface dari material yang Anda ikat. Korosi ini an merambat ke bagian lainnya secara perlahan (tergantung faktor lingikungan dan properti dari materialnya sendiri). Dalam hal ini, touch up bolts setelah terjoin akan tidak efektif karena korosi terjadi dibagian yang kontak antara nut/bolt dengan apa yg diikat.
2. Kalau toh tidak ada masalah dngan kompatibilitas material antara yg diikat dengan yang mengikat, general corrosion bisa tetap jadi ancaman baik offshore maupun onshore di Indonesia pada umumnya. Untuk Offshore, saya rasa kita gak perlu peranyakan lagi betapa jahatnya atmosfirnya terhadap bare metal.

Dalam hemat saya, memang harus ada yang dikorbankan untuk SAFETY. Dalam hal ini, kalau saya boleh menyarankan, bolts harus tetap diganti dengan materail yang di coating sesuai dengan spesifikasi atau standard practise untuk lokasi atau kondisi yang Anda hadapi. Contoh: Hot Dip Galvanize bolts & nuts untuk fasilitas offshore. Mungkin untuk onshore spec nya bisa hanya dengan cadmium plating.

Bagaimana caranya supaya bolt bisa diganti tanpa mengganti gasket? Bisa dipertimbangkan untuk melakukan HOT BOLTING. Yaitu melakukan penggantian bolt satu demi satu. Satu yg lama dilepas dan langsung diganti dengan yg baru dan langsung dikencangkan dengan full torque. Terus lakukan hingga semuanya tergantikan. Jadi, Anda tidak perlu melakukan penggantian gasket.

Sebelum melakukan hot bolting, perlu dilakukan dulu analisis kondisi beban di joint yg hendak di hot bolting. Biasanya hanya dilakukan di system yg pressurenya tidak terlalu tinggi untuk service fluid hydrocarbon tapi untukl lebih amannya perlu diliat case by case.

Semoga membantu.


Tanggapan 3 - atanuwijaya2000


Halo mas haryo,

bekas kawan sekerja dulu nih, menarik sekali baru tau gasket bisa tidak usah diganti untuk service tertentu, untuk kasus ini bisa berapa kali pergantian baut? kemudian kalo satu2 dibuka berarti fluida yang didalamnya pasti gak bocor ya, atau masih tergantung dari tegangan di baut yang ada?


Tanggapan 4 - Rofiudin rofi@sulfindo


Mr. Arnold and Swiss yth....

Ingin ikut komentar.... (dengan pengalaman sebagai orang maintenance static dan rotating)

Saya agak sedikit bingung juga dengan maksud istilah "Uncoated bolt and nut", saya hanya menterjemahkan sebagai baut dari material tertentu yang tidak tahan korosif dan sudah terpasang lalu tidak tercoating apapun untuk menghindari korosif, bukannya anda tidak memakai baut bercoating.......(saya belum pernah tahu ada material baut dicoating).

Oke dari yang saya tangkap bahwa anda ingin mengcoating baut dan nut yang sudah terpasang di suatu equipment, lakukanlah karena hal itu bagus untuk membuat ulir/thread baut tersebut tidak akan terkorosi lingkungan luar, tapi konsekwensinya kalau mau membuka ya harus dibersihkan dulu catnya, terus bila diberi grease oke juga, justru akan semakin cepat pekerjaannya karena membersihkan grease lebih mudah dari cat.
Pemberian grease tidak akan menyebabkan baut kendor, bila yang dimaksud adalah memberi grease setelah baut itu dipasang bersama nut apalagi ada washer spring atau double locknut baru diberi grease di ulir yang terbuka. tidak ada masalah....(ini hanya bertujuan melawan korosif dari environment terhadap thread, lalu nantinya susah dibuka)
Bukannya diberi grease pada semua ulir lalu dipasang, itupun tidak masalah untuk yang mempunyai locknut or spring washer.
Bila anda mau mengganti baut tanpa mengganti gasket, lakukan dengan cara mengecek dulu torsi baut lama, lalu buka satu baut lama dan ganti dengan yang baru lalu di kencangkan dengan torsi yang sama, lakukan selang-seling (tiap baut yang dibuka masih di tahan di sisi kanan dan kiri oleh baut lama, kalau kurang yakin tambahkan C clamp di pasang di dekat baut yang akan dibuka).

Di pasaran ada juga untuk coating thread yang terbuat dari semacam gel lalu menjadi seperti karet yang gampang dibuka, kayak kalau difilm yang seperti untuk topeng yang lengket di wajah itu lho.....

Semoga membantu.

Comments

  1. Selamat Siang, Maaf saya mau bertanya. apakah jenis bolt and nut S45C itu ada ? karena setau saya yang ada adalah HTB 8.8 Terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

DOWNLOAD BUKU: THE TRUTH IS OUT THERE KARYA CAHYO HARDO

  Buku ini adalah kumpulan kisah pengalaman seorang pekerja lapangan di bidang Migas Ditujukan untuk kawan-kawan para pekerja lapangan dan para sarjana teknik yang baru bertugas sebagai Insinyur Proses di lapangan. Pengantar Penulis Saya masih teringat ketika lulus dari jurusan Teknik Kimia dan langsung berhadapan dengan dunia nyata (pabrik minyak dan gas) dan tergagap-gagap dalam menghadapi problem di lapangan yang menuntut persyaratan dari seorang insinyur proses dalam memahami suatu permasalahan dengan cepat, dan terkadang butuh kecerdikan – yang sanggup menjembatani antara teori pendidikan tinggi dan dunia nyata (=dunia kerja). Semakin lama bekerja di front line operation – dalam hal troubleshooting – semakin memperkaya kita dalam memahami permasalahan-permasalahan proses berikutnya. Menurut hemat saya, masalah-masalah troubleshooting proses di lapangan seringkali adalah masalah yang sederhana, namun terkadang menjadi ruwet karena tidak tahu harus dari mana memulainya. Hal tersebut

[Lowongan Kerja] QA System Coordinator, Pipe Yard Coordinator, Customer Assistant Coordinator

With over 30 years' experience, Air Energi are the premier supplier of trusted expertise to the oil and gas industry. Headquartered in Manchester UK, Air Energi has regional hubs in Houston, Doha, Singapore and Brisbane. We have offices in 35 locations worldwide, experience of supply for 50 countries worldwide, and through our company values: Safe, knowledgeable, innovative, passionate, inclusive, and pragmatism, WE DELIVER, each and every time. At the moment we are supporting a multinational OCTG processing operation in seeking of below positions: 1.       QA System Coordinator Coordinates Quality System development in plant, directing the implementation of specifications and quality norms. Administers complaints regarding non-conformities and provides quality process information in support of decision making. Develops the necessary procedures, instructions and specifications to ensure Quality System conformity. Coordinates and organizes the execution of interna

Efek korosi dari pembakaran NH3 + H2S di Furnace

Complete combustion H2S membutuhkan temperatur antara 625 s/d 1650 degC tergantung komposisi acid gas.  Namun, temperatur minimum untuk efektivitas operasi adalah 925 degC.  Dibawah temperatur ini biasanya  stabilitas flame tidak bagus dan sering muncul free O2 di flue gas.  Untuk kasus Pak Novriandi, free O2 di flue gas harusnya gak masalah karena akan langsung terbuang melalui stack (berbeda jika kondisi ini terjadi di unit pengolah acid gas yang akan menyebabkan korosi di waste heat boiler); namun, dengan temperatur furnace yang Pak Novriandi punya sebesar 843 degC, kemungkinan akan menyebabkan flame menjadi tidak stabil. Tanya - Novriandi   Ysh, Bpk & Rekan Migas Indonesia Kami memiliki equipment furnace dengan servicenya adalah pemanas process, Furnace tersebuttipe vertical tube multi coil dengan material tube inlet A335 P9 dan tube oult A312 TP316. dengan fuel sesuai design adalah kombinasi fuel oil dan fuel gas. Pada kasus tertentu di salah satu unit untuk mengolah dan